Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instalasi Kontrol Satu Lampu Dari Banyak Tempat

Saklar tukar biasa dikenal dengan nama lain saklar hotel adalah jenis saklar yang memiliki 3 terminal yang terdiri dari satu terminal kutub dan kutub dengan 2 arah keluaran. Dalam dunia elektronika arus lemah, saklar tukar ini sama prinsip kerjanya dengan saklar SPDT ( Single Pole Double Throw ). Aplikasi dari saklar tukar ini bisa digunakan untuk mengontrol satu lampu dari banyak tempat, saya akan mencontohkan bagaimana instalasi saklar tukar untuk mengontrol 1 lampu dari 2 tempat. Instalasi saklar tukar dengan fungsi ini bisa sangat membantu penggunanya dalam hal memudahkan akses serta menghindari penggunaan listrik yang tidak efisien. misalnya diaplikasikan untuk penerangan tangga yang hanya diperlukan saat naik tangga dan turun tangga saja, maka dipasanglah saklar tukar ini diatas tangga dan dibawah tangga yang berfungsi untuk mengontrol lampu tangga tersebut.

1. Instalasi kontrol satu lampu dari dua tempat menggunakan dua saklar tukar

Diagram pengawatan kontrol 1 lampu dengan 2 saklar tukar ( kendali di 2 tempat )


Diagram Pengawatan atau wiring diagram dimaksudkan agar pelaku instalasi lebih mudah memahami prinsip kerja dari instalasi yang akan dibuat serta membantu dalam proses pekerjaan instalasi agar dapat dipastikan instalasi terpasang dengan benar.


wiring diagram 2 saklar tukar 1 lampu
wiring diagram 2 saklar tukar 1 lampu

Dari wiring diatas anda bisa paham prinsip kerja dari instalasi penerangan tersebut dimana 1 lampu bisa dikendalikan oleh 2 saklar tukar tersebut. mari kita analisa bareng-bareng, wiring diagram diatas menunjukan posisi lampu saat itu Off karena tidak ada aliran arus / loop terbuka di saklar tukar sebelah kanan lampu, Sekarang anda imajinasikan bahwa anda melakukan perubahan kondisi pada salah satu saklar, baik yang sebelah kiri atau sebelah kanan lampu maka akan menghasilkan lampu menjadi On / loop arus menjadi tertutup, pun sebaliknya untuk proses mematikan lampu tersebut bisa dilakukan di kedua saklar tukar tersebut. Mudah khan ?

Adapun dalam praktek instalasi saya akan bantu dengan ilustrasi gambar yang mengacu pada diagram wiring diatas :

ilustrasi instalasi 2 saklar tukar 1 lampu
ilustrasi instalasi 2 saklar tukar 1 lampu

2. Instalasi kontrol satu lampu dari banyak tempat menggunakan dua saklar tukar dikombinasikan dengan saklar silang (saklar intermediate)


Pada bahasan ini saya akan memperluas bahasan pertama tentang mengendalikan 1 lampu dengan 2 saklar tukar yaitu mengendalikan 1 lampu di banyak tempat menggunakan 2 saklar tukar dikombinasikan sdengan saklar silang (saklar intermediate). Dalam aplikasinya biasanya digunakan untuk ruangan yang mempunyai akses pintu banyak dan pintu satu dan lainnya berjauhan, sedangkan penerangan dibutuhkan hanya pada kondisi tertentu ( tidak stanby operasi terus menerus )


a. Diagram pengawatan kontrol 1 lampu dengan 2 saklar tukar + 1 saklar silang (saklar intermediate) untuk kendali di 3 tempat


Berikut ini saya akan membahas kendali 1 lampu di 3 tempat. Sama halnya dengan instalasi saklar tukar diatas, hanya saja pada instalasi kontrol 1 lampu di 3 tempat memerlukan komponen saklar tambahan yaitu saklar silang (saklar intermediate) yang dipasang antara kedua saklar tukar, lihat wiring diagram berikut :

wiring diagram 1 lampu dikendalikan 3 saklar
wiring diagram 1 lampu dikendalikan 3 saklar


Dari wiring diatas anda bisa paham prinsip kerja dari instalasi penerangan tersebut dimana 1 lampu bisa dikendalikan oleh 3 saklar, yaitu 2 saklar tukar dan 1 saklar silang (saklar intermediate). mari kita analisa bersama, wiring diagram diatas menunjukan posisi lampu saat itu Off karena tidak ada aliran arus / loop terbuka di saklar tukar di sebelah kanan lampu. Sekarang anda imajinasikan bahwa anda melakukan perubahan kondisi pada salah satu saklar baik yang sebelah kiri, tengah, atau sebelah kanan lampu. Jika sudah dilakukan, maka akan menghasilkan lampu menjadi On / loop arus menjadi tertutup, pun sebaliknya untuk proses mematikan lampu tersebut bisa dilakukan di ketiga saklar tersebut.

Adapun dalam praktek instalasi saya akan bantu dengan ilustrasi gambar yang mengacu pada diagram wiring diatas :

 ilustrasi instalasi  1 lampu dikendalikan 3 saklar
ilustrasi instalasi  1 lampu dikendalikan 3 saklar

 

b. Diagram pengawatan kontrol 1 lampu dengan 2 saklar tukar + 2 saklar silang (saklar intermediate) untuk kendali di 4 tempat


Sama halnya dengan bahasan sebelumnya yang mengendalikan 1 lampu dari 3 tempat, pada bahasan ini saya akan menjelaskan bagaimana mengendalikan 1 lampu dari 4 tempat, mungkinkah ? jawabnya adalah mungkin sekali dan sangat mudah. Jika anda sudah memahami wiring diagram 1 lampu dikendalikan 3 saklar, maka anda juga akan mulai terbiasa memahami dan menganalisa wiring diagram 1 lampu dikendalikan 4 saklar. Komponen saklar berperan pada bahasan ini adalah 2 saklar tukar + 2 saklar silang (saklar intermediate), berikut wiring diagramnya :

wiring diagram 1 lampu dikendalikan 4 saklar
wiring diagram 1 lampu dikendalikan 4 saklar


Dari wiring diatas anda bisa paham prinsip kerja dari instalasi penerangan tersebut dimana 1 lampu bisa dikendalikan oleh 4 saklar, yaitu 2 saklar tukar dan 2 saklar silang (saklar intermediate). mari kita analisa bersama, wiring diagram diatas menunjukan posisi lampu saat itu Off karena tidak ada aliran arus / loop terbuka di saklar tukar di sebelah kiri lampu. Sekarang anda imajinasikan bahwa anda melakukan perubahan kondisi pada salah satu saklar baik pada salah satu saklar tukar maupun pada salah satu saklar silang (saklar intermediate). Jika sudah dilakukan, maka akan menghasilkan lampu menjadi On / loop arus menjadi tertutup, pun sebaliknya untuk proses mematikan lampu tersebut bisa dilakukan di keempat saklar tersebut.

Adapun dalam praktek instalasi saya akan bantu dengan ilustrasi gambar yang mengacu pada diagram wiring diatas :

ilustrasi instalasi  1 lampu dikendalikan 4 saklar
ilustrasi instalasi  1 lampu dikendalikan 4 saklar

Dari semua pembahasan kontrol lampu dengan saklar diatas bisa saya simpulkan bahwa :

- Instalasi 2 saklar tukar hanya bisa mengendalikan 1 lampu di 2 tempat

- Instalasi 2 saklar tukar jika dikombinasikan dengan saklar silang (saklar intermediate)maka bisa mengendalikan 1 lampu di banyak tempat, bahkan bisa sampai jumlah tak terbatas selama material dan kondisi instalasi tetap mendukung.

- Pemasangan kombinasi antara saklar tukar dan saklar silang (saklar intermediate) yang dimaksudkan untuk mengendalikan 1 lampu dibanyak tempat, maka saklar tukar tetap harus tetap terpasang dengan konfigurasi 1 saklar tukar diawal instalasi dan 1 saklar tukar ujung instalasi, sehingga penambahan pemasangan saklar silang (saklar intermediate) akan selalu berada diantara kedua saklar tukar tersebut.

- Semakin banyak jumlah saklar pengendalian untuk 1 lampu maka semakin banyak pula jumlah saklar silang (saklar intermediate) tanpa merubah jumlah dan konfigurasi terpasang  dari saklar tukar.

Baca juga artikel tentang cara instalasi saklar hotel / saklar tukar dan instalasi saklar silang (saklar intermediate) yang disertai dengan gambar diagram lokasi dan diagram pengawatan atau wiring diagram untuk tambahan wawasan anda.Jangan lewatkan juga tentang instalasi saklar staircase ( bukan saklar tukar ) sebagai pengendali lampu dari banyak tempat dengan keunggulan tertentu.

Demikianlah artikel tentang Instalasi Kontrol Satu Lampu Dari Banyak Tempat, sebagai referensi lain, baca juga artikel sejenis yaitu : kontrol 1 lampu dari banyak tempat menggunakan push button. Saran, masukan ataupun koreksi silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.

sangat direkomendasikan agar dalam pekerjaan instalasi selalu memperhatikan 5 langkah keselamatan kerja kelistrikan serta didampingi oleh orang yang berkompeten.


Wassalam.

31 komentar untuk "Instalasi Kontrol Satu Lampu Dari Banyak Tempat"

  1. Trims infonya pak. Numpang nanya, itu yg dipakai saklar khusus atau saklar yg biasa pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. fisiknya seperti saklar biasa tapi konstruksinya berbeda. Namanya saklar tukar populer juga dengan sebutan saklar hotel. Dan satu lagi namanya saklar silang. Ditoko listrik mungkin susah tersedia, bisa dicoba di online shop atau toko listrik besar.

      Hapus
  2. pa kalo matiin lampunya gimana kan saklarnya banyak apa kalo kita matiin salah satu saklar lampunya bisa mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, adanya action pada salah satu saklar ataupun push button akan merubah kondisi operasi lampu. yang tadinya nyala jadi mati atau sebaliknya, sehingga tiap saklar ataupun push button punya peran menyalakan sekaligus mematikan lampu.

      Hapus
  3. Maaf pak, untuk kabel listrik instalasiny memakai kabel apa ya? Soalny kan ada yang hanya kabel negatif saja, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk jenis kabel silahkan disesuaikan dengan tempat dan kondisi, yang penting jenis kabel sudah standar SNI. Kalau maksud anda tentang "kabel negatif" itu lebih ke fungsi kabel, bukan jenis kabel. Kabel jenis positif ataupun negatif pada dasarnya punya bahan yang sama (konduktor), pada standar instalasi yang membedakan hanya warna saja.
      Adapun pada instalasi gambar diatas menggunakan kabel dengan fungsi menghantarkan arus fasa, sedangkan kabel netral langsung dihubung ke lampu tanpa instalasi ke saklar.
      semoga membantu...

      Hapus
  4. Berarti instalasi nya ada yang menggunakan kabel berinti satu ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berinti satu bisa, inti banyak boleh, yang penting cara instalasinya aman, benar dan efisien ..:)

      Hapus
  5. Maaf pak, saya browsing cari saklar silang kok yang jual tidak ada ya?apa punya saran untuk pembelian online dimana ya? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cari online luar indonesia gan, contoh cari keyword "cross switch" di alibaba, dsb.

      Hapus
  6. Terima kasih atas ilmunya yg bnyak berikan.
    Sy mau tanya dimana cara menghidupkan 1 lampu dengan kendali 3 saklar tukar. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau 1 lampu dari 3 tempat pake saklar tukar semua tidak bisa pak, tetap harus kombinasi saklar silang, 2 saklar tukar + 1 saklar silang.

      Hapus
  7. Kalau intermediate switch beda ya pak dengan saklar silang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul gan, dari hasil googling ternyata itu saklar silang yang dimaksud, he..he.. bukan cross switch ya..:)
      terimakasih pencerahannya..

      Hapus
  8. Maaf pak Suhinar, saya ikut nimbrung, saya ada video simulasinya untuk tangga darurat 15 lantai, jika teman teman mau lihat silahkan tkp videonya di >>> http://www.ngabidin.web.id/2017/02/simulasi-saklar-lampu-tangga-darurat.html

    BalasHapus
  9. Pak Suhinar sekarang lg trend penggunaan relay atau saklar otomatis utk mengontrol alat listrik melalui gadget. Contoh produk jadi yg beredar di pasar ada sonoff bagaimana ya skema cara memasang saklar sonoff ini secara bersama dgn saklar manual yg sudah terpasang untuk mengontrol lampu/alat listrik agar bisa berfungsi keduanya seperti ulasan bapak tentang saklar tukar diatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nice info pak, saya belum mempelajari tentang teknologi ini.

      Hapus
  10. numpang tanya pak, klo lampu tanda sistem on/off langsung di sambung ke saklar apa ke line sendiri?

    BalasHapus
  11. kalo cara kerjanya saklar silang emang rada pusing saya juga kurang ngerti, tapi kalo scara peraktek saklar silang emang mantap karna bisa jadi penghubung untuk beberapa saklar, saya udah nyoba pasang 5 saklar untuk 1 lampu. 2 saklar tukar dan 3 saklar silang

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake analisa aliran arus saja pak, lebih mudah dan akan lebih paham saya kira ..:)

      Hapus
  12. Maaf pak, mau tanya, sy ada pasang saklar tukar seperti diatas, semua sudah berfungsi seperti yang bapak jelaskan. Cuma ada permasalahan, kenapa sewaktu posisi lampu off, lampu masih menyala cuma redup sekali pak. Mohon petunjuk pak, maklum pemula.
    Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. cek kontak saklar khawatir berdebu sehingga bukaan saklar saat offf tidak sempurna
      2. cek pengawatan pada saklar adalah fasa saja bukan netral (instalasi terbalik saat Off lampu akan mendapatkan fasa dan mendapat beda tegangan terhadap ground sehingga tetap nyala meski redup
      3. Bandingkan antara saklar Off dan saat MCB KWH di Off, apakah lampu masih menyala? jika berbeda maka koreksi ada pada instalasi saklar anda, pastikan fiting lampu sudah mendapat fasa dan netral yang benar.

      Hapus
  13. Jika kedua saklar tukar dlam keadaan on apakah aman pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat aman, kedua saklar tukar on artinya kondisi lampu energized (nyala), salah satu saklar tukar off adalah kondisi lampu mati

      Hapus
  14. Susah ya pa cari saklar silang dan tukar..mukin punya rekomendasi linknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saklar tukar banyak dijual di online shop dengan keyword "saklar hotel". Saklar silang memang agak susah didapatkan, rekomendasi saya jika ingin mengontrol lampu dari lebih 2 tempat alternatif jika susah mendapatkan saklar silang, lebih baik memakai push button saja kombinasi dengan saklar impuls. Artikelnya bisa anda cari di blog ini dengan keyword kendali lampu dari banyak tempat menggunakan push button.

      Hapus
  15. Mau tanya pak, jika saklar kedua-duanya menyala,bisa terjadi korset tidak pak? Maaf pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak akan korslet, aman masih satu polaritas

      Hapus
  16. Pak mau tanya, kalau untuk kontrol 1 lampu di banyak tempat, menggunakan Push Button, itu gimana Pak ya? apa perlu relay tambahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak, pakai komponen tambahan. Selengkapnya baca artikel saya disini
      terimakasih

      Hapus

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!