Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meluruskan Kekeliruan Pembacaan Name Plate Tegangan Motor Listrik 3 fasa

Artikel ini saya buat untuk menanggapi banyaknya persepsi  yang berbeda dikalangan para engineer listrik, mungkin lebih khusus bagi para pemula atau para teknisi yang baru menangani masalah motor listrik 3 phasa. Tidak bermaksud sok pintar atau menggurui atau menyudutkan pihak tertentu. Kesalahan persepsi yang timbul kebanyakan tentang cara memahami pembacaan name plate tegangan motor listrik 3 fasa.

Kekeliruan dalam Membaca Name Plate Motor


Pemahaman dalam membaca name plate motor ini sangat penting karena berhubungan dengan hubungan belitan apa yang harus diterapkan pada sebuah motor 3 phasa dengan disesuaikan tegangan sumber yang ada. Dengan artikel ini saya berharap bisa meluruskan kekeliruan pembacaan name plate tegangan motor listrik 3 fasa tersebut sehingga pelaku instalasi motor tidak perlu bingung lagi dengan banyak pendapat yang berbeda karena mereka sudah paham bagaimana cara membaca name plate tegangan motor tersebut, tanpa ada keraguan lagi.

Khusus untuk cara pembacaan name plate motor 3 phasa secara keseluruhan, sebenarnya saya sudah posting pada artikel sebelumnya yaitu "Cara Membaca dan Memahami Name Plate Motor" dengan pendalaman materi tentang cara memahami hubungan belitan motor di posting diartikel terpisah yaitu "Cara Memahami Konsep Hubungan Belitan Motor 3 Phasa". Dari 2 artikel tersebut sebenarnya sudah cukup untuk meluruskan kekeliruan dalam pembacaan tegangan pada name plate motor 3 phasa tersebut. Tetapi agar lebih bisa dicerna dan dipahami lagi, di artikel ini saya khususkan membahas tegangan name plate motor 3 phasa saja dengan salah satu tegangan sumber standar PLN yaitu 220V / 380V.

Saya cukup memahami bagaimana kronologis kekeliruan dalam pembacaan name plate tegangan motor 3 phasa ini terjadi. Saya menganalisa kekeliruan ini terjadi karena faktor kebiasaan dalam memahami parameter tegangan "sumber" dan kebiasaan tersebut dipakai dalam membaca name plate atau parameter tegangan motor 3 phasa yang notabene parameter angka yang dipakai adalah sama yaitu (...V / akar 3*...V). Padahal dalam parameter tegangan yang tertulis sama tersebut terdapat perbedaan makna.

Pertama-tama mari kita luruskan terlebih dahulu persepsi pembacaan tegangan sumber vs tegangan pada name plate motor :


Tegangan Sumber


Saya akan membahas salah satu tegangan sumber standar PLN yaitu 220V / 380V. Apa arti dibalik angka tersebut? Saya yakin anda semuanya tahu, yaitu 220V untuk tegangan 1 phasa atau tegangan Line to Netral ( VLN ); 380V untuk tegangan 3 phasa atau tegangan Line to Line ( VLL ), dalam pengukurannya anda bisa mencari VLL ini dengan cara mengukur tegangan R - S; R - T; S - T maka akan anda peroleh nilai tegangan 380V. Secara teoritis nilai 380V ini adalah hasil dari tegangan 1 phasa dikalikan √3 ( dibaca: akar 3 ). Jadi 380V berasal dari 220V * √3. Saya harap anda pahami persepsi pembacaan 220V / 380V seperti ini hanya untuk tegangan sumber saja.


Tegangan Motor 3 Phasa

Agar mudah dalam membandingkan dengan tegangan sumber standar PLN, maka tegangan motor 3 phasa pun saya akan ambil contoh tegangan motor 3 phasa pada name plate yaitu : 220 V/380 V; ∆ / Y . Apa arti dibalik angka tersebut? Disinilah kebanyakan kekeliruan itu terjadi. Karena angka tersebut mempunyai format yang sama dengan tegangan sumber (1 phasa/3 phasa), maka ada yang menyimpulkan bahwa motor dengan name plate 220 V/380 V adalah bahwa motor tersebut bisa disupply dari tegangan sumber PLN 1 phasa yaitu 220 Volt untuk hubungan delta, dan disupply tegangan sumber PLN 3 phasa yaitu 380 V untuk hubungan bintang. Atau lebih parah lagi ada anggapan bahwa motor 3 phasa tersebut bisa difungsikan menjadi motor 1 phasa karena di name plate motor tertulis 220 V/380 V, dan 220 V adalah tegangan 1 phasa VLN. Inilah kekeliruan yang perlu diluruskan.

Ketika anda membaca sebuah name plate tegangan motor 3 phasa, maka anda pun harus membaca tegangan di name plate tersebut adalah tegangan 3 phasa. untuk name plate motor 220 V/380 V ; ∆ / Y maka bisa anda baca 220 V adalah tegangan 3 phasa VLL untuk hubungan delta, dan 380 V adalah tegangan VLL untuk hubungan bintang. Sekali lagi jangan samakan persepsi dalam memahami tegangan 220V / 380V antara tegangan sumber dengan tegangan motor. Meskipun angkanya sama tapi maknanya sangat berbeda.

Jadi, untuk tegangan motor 220V / 380V; ∆ / Y dengan sumber PLN 220V / 380V maka motor hanya bisa dihubung BINTANG saja. kenapa? Karena tegangan sumber PLN yang dipake untuk supply motor 3 phasa adalah tegangan 3 phasa PLN yaitu VLL 380 V, abaikan angka 220 V sumber PLN jika berbicara supply tegangan motor 3 phasa. Angka 220 V sumber PLN adalah tegangan 1 phasa VLN yang bisa kita jadikan acuan hanya untuk rangkaian kontrol motor saja, tidak ada hubungannya dengan name plate tegangan motor. Jadi untuk selanjutnya ketika bicara tegangan sumber untuk supply motor 3 phasa baca saja tegangan 3 phasa VLL nya, dalam hal ini adalah sumber PLN VLL 380 Volt, angka VLN Sumber 220 V tidak usah anda bawa-bawa agar anda tidak bingung.

tabel  tegangan sumber vs tegangan motor untuk menentukan hubungan belitan motor
tabel  tegangan sumber vs tegangan motor untuk menentukan hubungan belitan motor

Apa yang terjadi jika tegangan motor 220V / 380V ; ∆ / Y dengan sumber PLN 220V / 380V, hubungan belitan  motor dibuat delta? Maka Jawabannya adalah isolasi lilitan motor akan jebol dan menyebabkan short circuit karena lilitan motor dengan spesifikasi tegangan tersebut akan menerima tegangan melebihi tegangan kerjanya. Pada hubungan delta kapasitas lilitan motor menerima tegangan adalah VLL 220 Volt sedangkan sumber yang masuk adalah VLL 380 Volt, artinya terjadi over voltage. Bicara tegangan terhadap material adalah bicara kemampuan isolasi material. Berbeda dengan bicara arus terhadap material adalah bicara luas penampang material.

Lalu bagaimana jika tegangan sumber PLN 220V / 380V digunaka untuk supply motor 3 phasa dengan name plate tegangan  380V / 660V ; ∆ / Y ? Maka motor bisa dihubung dengan hubungan belitan DELTA dengan alasan karena sumber PLN 3 phasa adalah VLL 380V sesuai dengan tegangan kerja motor delta VLL 380V.

Apa yang terjadi jika motor dihubung BINTANG ? Maka motor akan aman-aman saja, tetapi putaran motor tidak maksimal,  dibawah putaran nominalnya ( dibawah rpm yang tertera di name plate motor ), dan daya input motor pun kecil. Hal ini terjadi karena lilitan motor pada hubungan bintang hanya menerima tegangan sumber dengan nilai tegangan dibawah nilai kapasitas tegangan bintang. Tegangan sumber VLL 380V akan mensupply lilitan bintang dengan kapasitas tegangan lilitan VLL 660V. Tentu saja hal ini tidak akan menyebabkan jebolnya isolasi seperti kasus sebelumnya, tetapi dengan hubungan bintang pada motor dengan spesifikasi tegangan  380V / 660V ; ∆ / Y dan sumber PLN 220V / 380V hanya akan membuat motor bekerja tidak optimal. Tapi dengan alasan motor dengan spesifikasi tersebut ketika dihubung bintang daya inputnya menjadi kecil, arus asut / start pun lebih kecil, maka hubungan bintang ini pada motor 380V / 660V ; ∆ / Y dan sumber PLN 220V / 380V  bisa dimanfaatkan untuk proses start motor saja, ketika putaran motor sudah stabil baru hubungan lilitan motor dipindah menjadi delta agar motor bisa bekerja optimal dengan proses start tidak menyedot arus yang besar.

tabel  tegangan sumber vs tegangan motor untuk menentukan hubungan belitan motor YD
tabel  tegangan sumber vs tegangan motor untuk menentukan hubungan belitan motor YD
Dari tabel diatas sekali lagi saya jelaskan bahwa hubungan bintang pada motor diatas diijinkan untuk membantu proses start saja agar arus start tidak terlalu besar, adapun kerja motor normal adalah pada hubungan delta. Oleh karena itu banyak rangkaian yang dirancang untuk motor yang bisa memanfaatkan hubungan bintang untuk proses start dan berpindah ke delta untuk kerja normal / optimal. Anda bisa cek di artikel ini :
- Mengenal Instalasi Starting Motor 3 Phasa Star - Delta
- Cara Instalasi Selektor Switch Manual-Auto Pada Starting Motor Star-Delta


Kenapa Tegangan Kerja Hubungan Belitan Bintang  √3 x Lebih Besar dari Delta ?


Mungkin anda pernah mempunyai pertanyaan seperti ini, atau mendapat pertanyaan seperti ini. Gambar dibawah ini semoga bisa mencerahkan :
Hubungan belitan motor bintang vs delta
Hubungan belitan motor bintang vs delta

Pada gambar diatas saya hanya ingin menjelaskan bahwa kapasitas tegangan satu belitan motor dirancang sama untuk delta ataupun bintang yaitu sebesar Vph. Belitan yang ditandai dengan kotak merah adalah alfabet A untuk satu belitan bintang dan B untuk satu belitan delta.

Kembali ke pertanyaan kenapa tegangan kerja hubungan belitan bintang √3 kali lebih besar dari delta ? Perhatikan kembali gambar diatas, andai saja motor yang digunakan mempunyai data name plate 380V / 660V ; ∆ / Y maka agar satu belitan motor delta menerima tegangan sesuai kapasitas tegangan kerjanya yaitu Vph 380V, motor harus disupply dengan VLL 380V ( Vph = VLL / lihat gambar hubungan delta alfabet B ). Tetapi pada hubungan belitan bintang 1 belitan motor menerima tegangan yang besarnya senilai Vph = VLN dari sumber VLL Motor ( Vph = VLL/√3 / lihat gambar hubungan bintang alfabet A ). Jadi agar Vph belitan bintang tersebut sesuai yaitu 380V maka otomatis VLL untuk mensupply motor dengan hubungan bintang tersebut harus 660V ( √3 kali Vph ).

Jadi untuk membaca name plate tegangan motor 3 phasa yaitu ( V delta / V bintang ), maka bisa kita simpulkan bahwa kapasitas tegangan kerja satu belitan motor adalah sama yaitu sebesar tegangan kerja V delta.

Contoh : 

Name plate motor 220V / 380V ; ∆ / Y, artinya kapasitas tegangan kerja satu belitan motor tersebut adalah sebesar V delta yaitu 220V. Jadi dengan sumber PLN VLL 380V  maka 1 belitan motor akan menerima tegangan 380V jika dihubung delta ( over voltage ), sedangkan jika dihubung bintang  maka 1 belitan motor akan menerima tegangan 380V / √3 = 220V sesuai dengan kapasitas 1 belitan motor yaitu 220V. Jadi, name plate motor 220V / 380V ; ∆ / Y dengan sumber PLN VLL 380V maka motor hanya bisa dihubung bintang saja.


Demikian artikel tentang Meluruskan kekeliruan pembacaan name plate tegangan motor listrik 3 fasa. Semoga membantu dan jika ada saran, masukan ataupun koreksi silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.


Wassalam.

55 komentar untuk "Meluruskan Kekeliruan Pembacaan Name Plate Tegangan Motor Listrik 3 fasa"

  1. terimakasih pak atas ilmunya,semoga bapak sehat selalu....amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... terimakasih atas kunjungan dan do'anya P Yuli Anto

      Hapus
  2. terimakasih telah berbagi...sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terimakasih juga atas kunjungannya..:)

      Hapus
  3. Bagaimana jika di nameplate hanya tertera tegangan 400 v...apakah bisa di digunakam sistem stardelta

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika di n ameplate motor 3 fasa tertulis tegangan 400V, pastikan dulu berapa sumber tegangan untuk supply motor tersebut yang tersedia? saya ambil contoh tegangan tersedia standar PLN yaitu 380 Volt, maka jika yang ditanyakan bisakah digunakan stardelta, jawabannya bisa, hanya saja pada saat motor operasi delta motor akan menerima tegangan 380V, sehingga rpm motor tidak akan tercapai optimum sesuai nameplatenya. Ini sebenarnya bisa disiasati jika sumber supply motor tersebut berasal dari trafo pribadi, yaitu tinggal menaikan tap trafo sampai tercapai 400 V untuk supply motor stardelta

      Hapus
  4. Bagaimana jika diname plate hanya tertulis tegangan 400 v

    BalasHapus
  5. Maaf pak saya newbie
    Tempat saya hanya ada jaringan listrik 1 ph, sedangkan name plate motor listrik yg bertuliskan
    3ph 1.5kw.
    380v 4.1amps 50hz, 400v 4amps 50hz, 440v 3.5amps 60hz.
    Kemudian saya beli inferter input 1ph 220v output 3ph 220v 2.2kw
    Setelah saya coba hidupkan motor listrik saya cuma bersuara dengung..Apa perlu tambah perangkat trafo step up supaya tegangan y jadi 380 bapak...
    Mohon solusinya bapak..
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya karena tegangan sumber tidak sama dengan tegangan name plate motor, tegangan sumber terlalu kecil sehingga tidak mampu memutarkan motor (mendengung), bisa pake step up, tapi rekomendasi saya beli inverter dengan output menyesuaikan tegangan motor.

      Hapus
  6. Apakah aman apabila motor langsung disambung delta tanpa melalui pengasutan star untuk nameplate 380/660V(tanpa simbol delta&star) 7.5KW. Karena saya alami motor kurang bertenaga dan trip pada saat dibebani bila hanya menggunakan sambungan star.Setelah diganti menggunakan sambungan delta motor tidak trip dan menjadi normal.
    terimakasih untuk artikel yang sangat membantu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pahami arti name plate 380/660 --> artinya hubungan delta motor harus diberi sumber 380v, hubungan bintang motor harus diberi sumber 660V. Jika sumber yang anda miliki 380V sesuai standar PLN maka tegangan kerja motor harus ada di hubungan delta.
      jika motor dihubung bintang jelas putaran motor akan dibawah putaran nominalnya karena tegangan kerja yang dibutuhkan saat hubungan bintang adalah 660V bukan 380V, saya yakin dengan permasalahan anda, saat motor terhubung bintang, sumber yang anda miliki adalah 380V sehingga tegangan motor dibawah tegangan kerja yang menyebabkan tenaganya berkurang.
      Hubungan bintang pada motor ini hanya bisa dimanfaatkan saat proses asut saja. Tidak anda gunakan juga tdk masalah selama sistem listrik ditempat anda tdk terganggu.

      Hapus
  7. Pak, sy puny motor 3 ph 380/660 V, 30/17.5 A. Yg mau sy tanyakan knp motor cpt panas & terbakar? Ampere saat running jg cm 15 A.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika tegangan sumber sudah sesuai dengan tegangan kerja motor, coba ukur cosphi motor pak, saya curiga cosphi motor jelek (Var tinggi, sifat terlalu induktif), ini bisa disiasati dengan pemasangan capasitor sebagai compensator untuk memperbaiki cosphi motor.

      Hapus
  8. Artikelnya sangat membantu Pak, terutama mahasiswa elektro. Mematangkan pembelajaran. Trimss

    BalasHapus
  9. pak saya mau tanya tentang cara pengechekan ampere motor star delta, saya ada motor pompa 3 phase 30 kw 380/660v di hubung star delta.pada saat saya check ampere dari kabel motor yg di bawah kontaktor k1 & k2 u1-v1-w1 dan w2-u2-v2 saya cek 22Ampere. tetapi saat saya cek ampere di input mccb nilai nya 44ampere.apa kah ampere yg dari K1 & k2 terbagi 2 atau bagaimana pak. terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengecekan di MCB berarti pengecekan I sumber (IL), pengecekan di selain itu (saya tidak lihat gambarnya)mungkin yang bapak lakukan adalah pengecekan I di lilitan motor (Iph), sesuai dengan penjelasan diatas saat motor bintang maka IL = Iph, saat motor delta IL = Iph/akar 3.
      Jadi bisa disimpulkan jika Il = 44 A maka Iph = 44/akar 3 = 25 A (realitas terukur pada alat ukur 22A) motor berada pada hubungan delta.

      Hapus
    2. Oh iya pak ...motor pompa air 30kw dngan rpm 2500.. apakah bisa di rangkai dngan hubungan star aja pak. ..tanpa star delta ..apakah ada pengaruh nya nya ntar . Terima kasih

      Hapus
    3. motor bisa dihubung star-delta atau star saja atau delta saja parameternya adalah tegangan operasi motor terhadap sumber yang tersedia. Jadi kalau parameternya kw dan rpm tidak bisa jadi tolok ukur.

      Hapus
  10. Bagus sekali mas dan sangat membantu bagi para pemula. jangan salah kaprah ya...masih banyak orang yang salah dalam mengartikan tegangan nameplate 220/380V pada motor induksi 3 phasa, oleh karenanya tulisan ini sangat berguna bagi orang yang mau BELAJAR....Selamat mas...BRAVO

    BalasHapus
  11. Saya punya alat yang name plate nya
    220 3phase, ada 4 kabel.
    Yg saya tanyakan apakah intalasi bisa langsung ke sumber 380 R,S,T
    Mohon pencerahan nya Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambung dengan sumber 380 volt dengan syarat alat tersebut dihubungkan secara bintang, tidak boleh delta.

      Hapus
  12. Mau nanya pak, jika saya mau menghubung delta motor dengan namplate 220/380, berarti harus menggunakan inverter 380v ke 220v, atau trafo step down 380 ke 220v,sehingga tengangan yg masuk 220v, 3phase?

    BalasHapus
  13. betul sekali P'Ahmad, saran saya dengan nameplate motor 220/380 langsung saja hubung bintang dengan tegangan yg ada 380 3phase sehingga tidak perlu ada cost tambahan berupa inverter ataupun trafo untuk penyesuaian tegangan.

    noted: putaran motor bintang ataupun delta selama motor berada pada tegangan kerjanya adalah akan sama dengan putaran yg tercantum pada nameplate motor

    BalasHapus
  14. elektrromotor dgn name plate 220/380 kalau dipasang inverter 1 phase dgn sumber tegangan PLN 1 phase 220v,maka koneksinya harusnya start atau delta pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. name plate motor 220/380 untuk motor 3 phasa berarti tegangan kerja sumber tegangan hubung delta 220V dan tegangan sumber tegangan hubung bintang 380V. Tegangan sumber tersebut adalah line to line (VLL), sehingga dengan spek tegangan PLN, tegangan sumber tersebut adalah VLL =380V bukan 220V sehingga motor bisa bekerja normal pada name plate tersebut jika dihubung bintang.
      Saya masih belum menangkap pertanyaan anda dan maksud inverter tersebut untuk apa?
      Tapi jika maksud anda, anda punya motor 3 phase dengan spec 220/380V sedangkan sumber yang anda punya hanya 1 phase PLN 220V maka motor tersebut bisa disupply oleh tegangan 1 phase, dua phase lain disambung dengan kapasitor dan koneksi motor dengan spec tersebut disupply sumber PLN 1 phase 220V adalah harus koneksi delta, karena tiap lilitan membutuhkan tegangan kerja motor 220V.

      Hapus
    2. Untuk perhitungan besar kapasitor nya bgmn pak

      Hapus
  15. mengapa daya yang dari 220V dinaikkan menjadi 380 volt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin maksudnya tegangan. Pada nameplate motor 220V/380V maksudnya 220Volt phase to phase untuk tegangan kerja motor hubungan delta dan 380Volt phase to phase untuk tegangan kerja motor hubungan bintang. Itu sudah ada formulasinya tersendiri.

      Hapus
  16. Pak mau tanya, sya punya motor 3 phase name plate 230delta/415 star saya masih bingung untuk menghubugkan ke rangkaian star delta, untuk di kobntrol rangkaiannya apa masih menggunakan 3 kontaktor 1main,2delta,3star trus nah dri tiga kontaktor ini bagaimana untuk mengambil rangkaian star saja kalau ada wiringnya bisa di share pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan nameplate tersebut jika sumber listrik yang anda gunakan menggunakan standar PLN maka motor tersebut hanya bisa dihubung sistem star saja, tidak bisa delta.
      untuk rangkaian star saja atau delta saja bisa baca diartikel ini :
      mengenal-instalasi-motor-3phasa-dol-starter

      Untuk rangkaian star delta bisa baca artikel ini:
      mengenal-instalasi-starting-motor-3phasa-star-delta

      Hapus
  17. Maaf Bapak, stlah saya baca artikel bapak saya mau tanya, saya punya welding machine 400A dngn nameplate 220v/380v, sementara konect input yg masuk ke switch on/of Machine hanya ada 2 kable terpisah, baimana cara yg benar konect welding machine saya ke arus PLN 380v 3phase........ Apakah bisa..... Trimakasih sebelumnya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo lihat data nameplate, welding mesin bapak adalah motor 3 phasa. yang bapak maksud switch on/off kemungkinan adalah switch untuk operasional mesin tersebut. 2 kabel berarti instalasi kontrol. cara koneksinya saya agak kesulitan dibahas via komentar seperti ini, mungkin bapak bisa tanyakan ke praktisi di lapangan pak. hal ini sesuatu yg sederhana, praktisi listrik lapangan seharusnya sangat paham.

      Hapus
  18. Selamat Pagi Pak, sebelumnya terima kasih sekali karena artikel ini sangat membantu saya dalam pekerjaan.
    Ada yang ingin sedikit saya tanyakan perihal voltase/tegangan. Saya mendapatkan permintaan untuk pompa motor dengan source 690 voltase, sedangkan yang ditawarkan adalah pompa dengan motor rated voltage 380-400 volt. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah pengaruhnya pada motor bila disupply dengan 690 volt? Terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. over voltage pak, lilitan motor bisa terbakar

      Hapus
  19. pak .saya mau tanya.
    dinamo kapasitas 5.5kw volt 380/660 .kalo terminal nya saya hubungi delta maslah gak.input sumber saya 380
    soalnya saya hubungi star dinamo panas .putaran lemah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk spec motor 3 phase 380/660 Volt bisa bapak definisikan bahwa tegangan kerja motor adalah 380v untuk hubungan belitan delta dan 660v untuk hubungan belitan bintang. dengan sumber 380v motor bapak rangkai delta sangat aman dan memang itu hubungan motor yg paling tepat untuk motor dinamo bapak.
      dihubung bintang motor menjadi panas pasti karena motor diberikan tegangan kerja 30% lebih rendah dari tegangan kerjanya sehingga arus menuju lilitan motor menjadi tinggi untuk kondisi motor dinamo dalam keadaan berbeban.

      Hapus
  20. Guru besar elektro,,, kulo namung nyimak pak guru... matur suwun ilmune..

    BalasHapus
  21. terima kasih pak atas informasi dan penjelasanya

    BalasHapus
  22. Izin bertanya pak, apabila saya memiliki genset 690V apakah dapat langsung dihubungkan dengan motor 690V?

    Dan apakah genset 690V tersebut harus menggunakan trafo stepdown 220V untuk dapat mensupply motor 380V?

    BalasHapus
  23. selamat malam pak,saya masih sangat awam dengan yg namanya dinamo tegangan 3phase 380v/3 phase220v...
    aya punya motor listrik 1.1kw,3 phase di nameplate tertera tegangan hanya 380v Y ,sedangkan sumber tegangan yg ada hanya 1 phase220v,dan sumber tegangan inverter 220v 3 phase,yg saya tanyakan apakah motor listrik bisa bekerja dengan sumber tenaga dari inverter 3phase 220 v,,dan harus menggunakan sambungan star atau delta,,terimakasih pak,[email protected]

    BalasHapus
    Balasan
    1. nameplate 3 phase 380v Y berarti sumber motor membutuhkan 380v jika motor dihubungkan bintang. Tetapi jika motor dihubungkan Delta, motor membutuhkan sumber 3 phase 220v (jangan salah ya, sumber 3 phase 220v, bukan 1 phase 220v).

      jadi motor listrik anda bisa bekerja dengan ketersediaan power yang ada yaitu 220v 3 phase dari inverter dengan syarat hubungan belitan motor dibuat delta. Agar diperhatikan juga watt sumber harus lebih besar dari watt motor agar tidak overload.
      terimakasih.

      Hapus
  24. selamat pagi pak informasi yg sangat bermanfaat,,saya punya dinamo di nameplate tertulis tegangan hanya 3 phase 380v Y,yg saya tanyakan apakah dinamo saya bisa bekerja maksimal dengan menggunakan inverter 1 phase 220v to 3phase 220v dengan hubungan delta,karena keluaran inverter hanya tertulis 3 phase 220v,dan harus menggunakan hubungan delta pada dinamo.terimakasih pak...salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. betrul pak, dinamonya dirubah hubungan belitan bintang (Y) menjadi hubungan Delta agar bekerja sesuai dengan output inverter yang bapak punya. Cara ngerubah bisa baca2 diartikel blog ini.
      terimakasih.

      Hapus
  25. Terimakasih pak sangat membantu

    BalasHapus
  26. pak, saya punya motor pompa, di name plate motornya tertulis hanya delta 380 v, apakah bisa di koneksikan dengan star ?
    terus kalau saya koneksikan ke star breker 100 A sering nyetrip. apakah ada solusi dengan itu ?

    BalasHapus
  27. ketahui dulu motornya 1 phasa atau 3 phasa?
    jika motornya 3 phasa dengan tegangan delta 380V berarti saat dihubung delta motor butuh tegangan 660 V. jika dihubung star aman/bisa tapi putaran motor pelan karena dapat tegangan kerja seper akar 3 nya, jika trip berarti perlu dievaluasi rating breakernya. dinaikan arus breakernya jika masih memungkinkan.

    BalasHapus
  28. Ijin Bertanya Pak...saya punya mesin cuci dengan 400V 3 ph 60hz... dipasang pada sumber 460v atau 480 v 60 hz....apakah yang terjadi...mohon penjelasannya...maaf newbie...terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. isolasi lilitan motor akan cepat rusak dan short karena tegangan kerja melebihi toleransi 5% dari yang direkomendasikan.

      Hapus
  29. Jika pakai inverter apa voltase untuk motor 220∆ /380Y harus di ubah 220 jika pakai hubungan motor ∆ ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. Intinya tegangan yang tertera dimotor 3 phase adalah tegangan phase to phase. jadi dari nameplate diatas 220V adalah tegangan kerja phase to phase hubungan motor delta dan 380V adalah tegangan kerja phase to phase hubungan motor bintang.

      Hapus
  30. pembahasan teori motor star delta ini apakah berbeda dengan trafo dan jaringan distribusi ya? sepertinya agak berbeda

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!