Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

In House Training listrik-praktis.com

Pada artikel kali ini saya tidak menulis tentang materi kelistrikan secara khusus, tapi tulisan ini diperuntukan khusus untuk dokumentasi pribadi sekaligus menjadi media informasi bagi para pembaca bahwa pengelola blog ini juga menyediakan jasa in house training listrik-praktis.

Sekitar 1 bulan yang lalu, listrik-praktis.com memenuhi permintaan salah satu pembaca yang merupakan manajer HRD dari salah satu perusahaan di Jakarta Barat untuk mengadakan In House Training tentang materi kelistrikan selama full 1 hari (pkl. 9:00 s/d pkl. 16:00)

In house training listrik-praktis.com
In house training listrik-praktis.com

Adapun materi yang disampaikan dalam training tersebut adalah sesuai permintaan dari user yaitu tentang kelistrikan dasar yang perlu diketahui dan dipahami bagi sumber daya manusia di perusahaan untuk mendukung aktifitas kinerjanya.

Berikut adalah silabus yang kami tawarkan dan disepakati bersama user yaitu:

a.    Basic Electric
-    Memahami jenis satuan listrik seperti Tegangan, arus, daya dan resistansi
-    Memahami Hukum Ohm
-    Memahami Hukum Khirchoff
-    Memahami rangkaian listrik seri dan parallel
-    Memahami segitiga daya listrik
-    Memahami  listrik 1 phase dan listrik 3 phase

b.    Low Voltage Instalation & protection
-    Mengenal komponen dan material listrik tegangan rendah 220V / 380V
-    Mengetahui cara instalasi tegangan rendah dengan benar dan aman

c.    Electric Measurement & Electric Motor

-    Mengetahui jenis pengukuran listrik seperti Volt Meter, Ampere Meter, ohm Meter, megger
-    Mengetahui cara pengukuran listrik
-    Prinsip kerja motor listrik
-    Diagram control dan daya motor listrik

Ketiga silabus diatas adalah hasil evaluasi kami bersama user dengan menyesuaikan kebutuhan pengetahuan yang diperlukan para karyawan perusahaannya demi mendukung aktifitas pekerjaannya yang berhubungan dengan sistem kelistrikan. Adanya silabus selain yang diuraikan diatas sangatlah mungkin menyesuaikan dengan kebutuhan peningkatan kompetensi yang ingin dicapai.

Pada sesi akhir pelatihan, kami melakukan evaluasi seluruh peserta training atas pesan dan kesan selama pelatihan tersebut berlangsung. Ini sangat berguna bagi kami selaku narasumber pelatihan ataupun bagi perusahaan yang menggunakan jasa kami dan agar dapat dilakukan langkah selanjutnya bagi perusahaan tersebut dalam mendukung peningkatan kompetensi SDM nya.

Dari hasil evaluasi peserta tersebut, kami menangkap apresiasi yang tinggi atas kebutuhan materi kelistrikan yang mereka dapatkan, dan mereka berharap pelatihan sejenis bisa terselenggara kembali di perusahaan mereka.

Ada satu kondisi yang bisa kami jadikan catatan tentang kondisi SDM diperusahaan tersebut yaitu mereka bekerja dengan kemampuan teknis hasil pembelajaran dilapangan langsung tanpa dikuatkan dengan pengetahuan secara teoritis atau akademik. Pegalaman memang guru terbaik, tetapi jika pengalaman tersebut tidak didukung dengan pengetahuan ilmu yang benar maka bisa berakibat fatal pada kondisi tertentu, seperti rawannya kecelakaan kerja yang bisa mengorbankan jiwa dan mengorbankan eksistensi aset perusahaan.

Training yang terlaksana bersama listrik-praktis.com ini setidaknya bisa menjadi bagian dari solusi mengatasi kondisi tersebut diatas. Dengan pengetahuan lapangan yang didukung teori kelistrikan yang benar bisa membawa dampak psikologis bagi pekerja melakukan pekerjaannya dengan baik dan benar serta mengetahui aspek resiko berhubungan dengan keselamatan kerja kelistrikan.

Saya rasa kondisi SDM yang minim dengan pengetahuan teori kelistrikan yang benar dan hanya bekerja berdasarkan ilmu pengalaman saja terdapat diperusahaan lain juga. Mudah-mudahan informasi pada artikel ini bisa menjadi petunjuk bagi HRD perusahaan untuk mulai berbenah memperhatikan kompetensi SDM nya demi kebaikan dan keberlangsungan perusahaan kedepan ditengah persaingan yang ketat bersama kompetitor-kompetitornya.

Silahkan untuk menghubungi listrik-praktis.com jika pembaca adalah kebetulan membutuhkan jasa training yang dimaksudkan diatas. Kontak kami di email: [email protected]. Permintaan training yang sampai ke kami akan kami evaluasi untuk kemungkinan bisa tidaknya kerjasama dilanjutkan dengan prosedur dan administratif yang disepakati bersama.

Terimakasih, semoga artikel ini menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda.

Wassalam.

Posting Komentar untuk "In House Training listrik-praktis.com"