Cara Pasang Photocell Tanpa Bongkar Instalasi Saklar - LISTRIK PRAKTIS BLOGS

Cara Pasang Photocell Tanpa Bongkar Instalasi Saklar

Cara Pasang Photocell Tanpa Bongkar Instalasi Saklar

loading...
Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas bagaimana cara instalasi photocell yang baik dan benar. Survey dilapangan banyak yang mengeluhkan pemasangan photocell yang terkesan menyulitkan bagi mereka karena  berfikir harus membongkar semua instalasi saklar dan lampu outdoor sehingga mereka mengurungkan niat untuk pasang photocell tersebut. Memang ada cara lebih praktis yaitu menggunakan fiting lampu yang sudah dilengkapi photocell, tetapi pengalaman saya menggunakan fiting lampu jenis tersebut lifetime photocell tidak awet.

Bagi anda yang memang punya instalasi saklar dan lampu outdoor tanpa photocell, kemudian ingin melengkapinya dengan photocell (bukan fiting lampu yang dilengkapi photocell ya...), anda tidak perlu khawatir mengalami kendala seperti diatas. Saya akan menjelaskan bagaimana tutorial cara pasang photocell tanpa bongkar instalasi saklar dan tanpa harus bobok tembok. mudah! khusus pemula, he..he..

Sebelum ke bahasan inti mari kita review kembali bagaimana instalasi lampu outdoor kita yang masih original. Saya asumsikan 1 lampu outdoor menggunakan kontrol saklar tunggal.

Wiring lampu outdoor sebelum pasang photocell
Wiring lampu outdoor sebelum pasang photocell

Dari gambar instalasi diatas, ketika kita akan memasang photocell maka fokus instalasi bisa kita lakukan pada fiting lampu saja. Bukalah fiting lampu yang rencananya akan dikendalikan oleh photocell, maka anda akan menemukan 2 buah terminal kabel fasa dan netral. Disitulah kita lakukan penyesuaian instalasi sesuai dengan petunjuk instalasi alat photocell tersebut.

Berikut adalah gambar dari penambahan instalasi photocell yang bisa dilakukan.

Wiring lampu outdoor setelah pasang photocell
Wiring lampu outdoor setelah pasang photocell

Dari gambar diatas saya akan mencoba menjelaskan bagaimana langkah atau tutorial dari pemasangan photocell pada instalasi lampu rumah outdoor kita.

Pertama-tama pastikan terlebih dahulu anda membuka fiting lampu dan mengetahui mana kabel fasa dan mana kabel netral. Caranya bisa melihat warna kabel, jika instalasi mengikuti standar maka warna biru bisa dipastikan netral, kabel selainnya berarti fasa (asumsi tidak diinstalasi kabel grounding). Tapi untuk lebih memastikan lagi silahkan gunakan tespen.

Sebelum bekerja sangat penting untuk dilakukan adalah aspek keselamatan kerja kelistrikan. Pastikan bahwa instalasi tempat anda bekerja sudah terbebas dari tegangan dan terhindar dari kemungkinan tegangan terhubung saat anda bekerja. Silahkan anda baca artikel saya yang lain tentang 5 langkah keselamatan kerja kelistrikan.

Setelah langkah tersebut selesai dilakukan maka ikuti langkah berikut sesuai dengan nomor urutan pada gambar diatas. Untuk jenis photo cell silahkan menyesuaikan, ilustrasi gambar diatas saya menggunakan photocell tipe tertentu dengan ketentuan instalasi yang ditetapkan pabrikan yaitu, kabel merah untuk load atau beban, kabel putih untuk netral, dan kabel hitam untuk line atau fasa. Silahkan anda mengacu pada photocell yang anda rencanakan dipasang.

1. Lepaskan koneksi kabel fasa pada fiting lampu

2. Koneksikan kabel fasa yang sudah dilepas tersebut ke kabel berwarna hitam pada photocell

3. Pasang kabel baru pada terminal fiting lampu ex kabel fasa, sambungkan dengan kabel berwarna merah pada photocell

4. Pasang kabel baru dan sambungkan dengan terminal netral pada fiting lampu bergabung dengan kabel netral yang sudah terpasang sebelumnya, kemudian sambungkan dengan kabel berwarna putih pada photocell

5. Pasang kembali fiting lampu dengan baik dan benar seperti sebelumnya.

6. Lakukan penormalan supply listrik pada lampu outdoor tersebut mengacu pada langkah pengamanan yang anda lakukan sebelumnya.

7. Selesai

Perlu anda ketahui bahwa instalasi photocell yang saya sampaikan ini akan bekerja sebagaimana mestinya ketika saklar tunggal pengendali lampu outdoor tersebut adalah berada pada posisi On. Saat posisi saklar sudah On maka pengendalian lampu outdoor tersebut sepenuhnya berada pada kendali photocell. Jika cahaya alam sudah redup maka photocell tersebut akan mengkondisikan lampu outdoor menjadi menyala, Sebaliknya jika cahaya alam sudah terang maka photocell akan mengkondisikan lampu outdoor menjadi padam kembali.

Jika setelah mengikuti tutorial ini anda masih menemukan beberapa kendala dan membutuhkan solusi, anda bisa baca artikel saya yang lain yaitu tentang permasalahan photocell dan solusinya.

Demikian artikel tentang cara pasang photocell tanpa bongkar instalasi saklar, semoga bermanfaat untuk anda, saran dan masukan silahkan untuk meninggalkan jejak pada kolom komentar.

Wassalam.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, atau ketikan email anda pada kotak yang disediakan kemudian klik tombol "Subscribe" Jangan lupa cek email untuk verifikasi. Nama email anda kami rahasiakan. GRATISSS!!!
loading...
0 Komentar untuk "Cara Pasang Photocell Tanpa Bongkar Instalasi Saklar"

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Back To Top