Cara Instalasi Saklar Staircase Lengkap, Bukan Saklar Tukar - LISTRIK PRAKTIS BLOGS

Cara Instalasi Saklar Staircase Lengkap, Bukan Saklar Tukar

...

Cara Instalasi Saklar Staircase Lengkap, Bukan Saklar Tukar

Anda mungkin pernah mendengar komponen listrik yang bernama "saklar staircase" atau saklar tangga. Pada artikel sebelumnya saya pernah menjelaskan tentang saklar tukar yang bisa berfungsi sebagai saklar tangga. Saklar staircase yang saya maksud saat ini bukan aplikasi dari saklar tukar  tersebut. Memang wajar
kalau orang mendengar tentang saklar tangga mereka akan langsung berasumsi bahwa yang dibicarakan adalah tentang saklar tukar atau saklar hotel. Pada artikel ini saya perkenalkan komponen baru yang salah satunya memang bisa diaplikasikan sebagai saklar tangga tetapi dengan prinsip kerja yang berbeda karena ada konsep automatisnya. Saklar tersebut bernama saklar staircase atau bisa juga dinamakan saklar timer. Apa itu saklar staircase, bagaimana prinsip kerjanya dan cara instalasinya? Pada artikel ini saya akan mengulas tentang hal tersebut, bagaimana cara instalasi saklar staircase lengkap, bukan saklar tukar.

Pengertian Saklar Staircase


Saklar staircase adalah jenis saklar / komponen listrik yang bekerja dengan prinsip elektromagnetis yang disertai dengan motor timer untuk memutus kontaknya secara automatis. Dinamakan saklar staircase karena aplikasi alat ini sangat cocok digunakan untuk penerangan tangga disamping masih banyak lagi penerapan dari aplikasi alat ini. Intinya saklar ini memungkinkan pengendalian satu lampu dari banyak tempat dengan perantara push button / kontak tekan sebagai komponen aktivasinya.
saklar  staircase
saklar  staircase
Gambar diatas adalah bentuk penampakan dari staircase dimana mode konstruksi didalamnya bisa diseting secara manual antara sistem instalasi 3 wire / 3 kawat atau 4 wire / 4 kawat. kedua mode ini mempunyai prinsip kerja yang sama hanya perbedaan pada cara instalasinya. Terserah anda mau memakai mode yang mana selama instalasinya menyesuaikan dengan mode tersebut.

Selain mode instalasi 3 kawat dan 4 kawat yang bisa kita set, saklar staircase juga memiliki 2 mode operasi lain yaitu mode auto biasanya bergambar jarum jam, dan mode On biasanya bergambar lampu yang sedang menyala. Perbedaan mode tersebut adalah pada prinsip kerjanya. Saat staircase pada mode On akan membuat lampu menyala terus. mode On ini bisa digunakan saat tertentu saja dimana anda memerlukan keperluan penerangan tanpa ada gangguan Off automatis. Untuk mematikan lampu rubah kembali mode On saklar staircase tersebut ke mode auto. Sedangkan saat saklar staircase pada posisi mode auto akan dijelaskan selengkapnya pada bab prinsip kerja. 

Prinsip Kerja Saklar Staircase


Berbeda dengan aplikasi saklar tangga menggunkan saklar tukar dimana pengoperasian mati dan nyala lampu dilakukan secara manual, pada saklar staircase ini pengoperasian secara manual hanya saat menyalakan lampu saja. Adapun saat mematikan lampu adalah proses automatis berdasarkan seting dari timer dari saklar staircase yang sudah kita set sebelumnya.

Aplikasi ini selain cocok untuk penerangan tangga, cocok juga diaplikasikan untuk ruangan yang tidak memerlukan nyala lampu terlalu lama, seperti lorong, garasi, dan sebagainya. Dengan aplikasi saklar staircase ini pengguna tidak perlu khawatir lupa mematikan lampu setelah menggunakannya karena saklar staircase akan melakukannya secara automatis untuk anda sehingga dalam jangka waktu yang panjang selain praktis alat ini bisa membantu anda menghemat listrik karena penggunaan penerangan lampu yang tidak diperlukan

Untuk mengetahui lebih jauh tentang prinsip kerja khususnya saat saklar staircase mode operasi auto, kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana konstruksi instalasi komponen didalam staircase itu sendiri. Secara garis besar konstruksi tersebut bisa digambarkan dengan skema dibawah ini :

konstruksi komponen dalam staircase
konstruksi komponen dalam staircase

Dari skema diatas kita akan bisa memahami lebih mudah bagaimana prinsip kerja saklar staircase ini diaplikasikan pada pengendalian lampu dari banyak tempat. Terdapat 4 terminal pada saklar staircase dimana 4 terminal tersebut terinstalasi seperti gambar diatas. terminal L dan N harus dihubungkan dengan sumber. Terminal 4 terhubung seri dengan coil pengendali kontak On saklar, sedangkan terminal 3 terhubung seri dengan kontak saklar staircase yang On jika coil pada terminal 4 bertegangan walaupun sesaat dan bisa Off secara otomatis dari motor timer. Terminal 3 inilah yang jalurnya dilanjutkan menuju beban lampu.

Instalasi Saklar Staircase


Instalasi dari saklar staircase memiliki 2 mode instalasi seperti yang sudah dijelaskan diatas, yaitu mode instalasi 3 kawat dan mode instalasi 4 kawat. Pastikan anda sudah mensettingnya secara manual dengan memutar bagian tertentu pada bagian staircase memakai obeng sesuai dari petunjuk di manual book.

1. Mode Instalasi Staircase 4 kawat


Pada mode instalasi ini push button sebagai perantara aktivasi saklar staircase diinstalasi dengan koneksi terpisah dengan lampu.


Instalasi staircase mode 4 kawat
Instalasi staircase mode 4 kawat

Keterangan gambar ( tulisan a dan b yang berwarna merah ) :
a = kontak magnetis yang akan bekerja saat coil ( terminal no.4 ) bertegangan dan akan off secara otomatis dengan   motor timer.
b= Pemilihan mode operasi instalasi, menunjuk pada mode 4 kawat.

Pada mode 4 kawat push button mengambil sumber dari Line / phasa kemudian mengendalikan phasa tersebut via terminal no.4 sampai ke coil dari staircase yang sisi sebelumnya sudah terhubung ke muatan netral. Jika coil staircase tersebut mendapatkan tegangan dengan menekan pushbutton maka kontak staircase ( kontak dibulatin merah simbol a) akan On mengalirkan arus Line via terminal no. 3 ke lampu dan membuat motor timer menjadi bertegangan dan bekerja. Arus line yang mengalir ke lampu yang sebelumnya sudah terinstalasi dengan kabel netral akan operasi / menyala. Kontak staircase tersebut ( yang terhubung ke terminal no. 3 ) akan Off secara otomatis oleh motor timer sesuai dengan waktu yang kita seting sebelumnya.

Berikut ini akan sertakan ilustrasi instalasi mode 4 kawat staircase yang diadopsi dari gambar diatas untuk lebih memudahkan  anda dalam proses instalasi tanpa ribet dan kebingungan.

ilustrasi instalasi saklar staircase mode 4 kawat
ilustrasi instalasi saklar staircase mode 4 kawat

 Keterangan : PB = Push Button / Saklar tekan

2. Mode Instalasi Staircase 3 kawat


Pada mode instalasi ini push button sebagai perantara aktivasi saklar staircase diinstalasi dengan koneksi bersama dengan lampu pada penghantar netral. pada kondisi standby di pushbutton hanya terdapat muatan netral sehingga tidak berdampak pada arus bocor listrik karena tidak punya beda tegangan terhadap ground. Sistem ini cocok jika instalasi pushbutton berada di tempat luar ruangan atau tempat rawan terkena air. Berbeda dengan sistem 4 kawat dimana pushbutton tersebut pada keadaan standby memiliki beda tegangan terhadap grounding.

Instalasi staircase mode 3 kawat
Instalasi staircase mode 3 kawat

Keterangan gambar ( tulisan a dan b yang berwarna merah ) :
a = kontak magnetis yang akan bekerja saat coil bertegangan dengan menerima muatan netral dari push button On via terminal no.4 dan akan off secara otomatis dengan   motor timer.
b = Pemilihan mode operasi instalasi, menunjuk pada mode 3 kawat.

Pada mode 3 kawat push button mengambil sumber dari netral kemudian mengendalikan netral tersebut sampai ke coil dari staircase via terminal no.4 yang sisi coil sebelumnya sudah menerima tegangan dari phasa / line. Jika coil staircase tersebut mendapatkan muatan netral dengan menekan pushbutton maka coil akan bertegangan yang akan menyebabkant coil bekerja dan  membuat kontak staircase ( kontak dibulatin merah simbol a) akan On mengalirkan arus Line via terminal no. 3 ke lampu dan membuat motor timer menjadi bertegangan dan bekerja. Arus line yang mengalir ke lampu yang sudah terinstalasi sebelumnya dengan kabel netral akan operasi / menyala. Kontak staircase tersebut ( yang terhubung ke terminal no. 3 ) akan Off secara otomatis oleh motor timer sesuai dengan waktu yang kita seting sebelumnya.

Berikut ini akan sertakan ilustrasi instalasi mode 3 kawat staircase yang diadopsi dari gambar diatas untuk lebih memudahkan  anda dalam proses instalasi tanpa ribet dan kebingungan.

ilustrasi instalasi saklar staircase mode 3 kawat
ilustrasi instalasi saklar staircase mode 3 kawat

Keterangan : PB = Push Button / Saklar tekan

Dari uraian diatas semoga anda bisa memahami cara menginstalasi maupun prinsip kerja dari saklar staircase ini sebagai bagian dari pengendali lampu dari banyak tempat. Contoh-contoh diatas saya asumsikan mengendalikan 1 lampu dari dua tempat seperti aplikasi dari penerangan tangga. PB1 bisa ditempatkan didasar tangga dan PB2 bisa ditempatkan diatas tangga. Jika anda menghendaki pengendalian satu lampu dari banyak tempat lagi ( melebihi 2 tempat ) maka anda bisa memasang push button baru paralel dengan push button yang sudah terpasang sebelumnya. Begitu juga jika anda ingin menambah lampu penerangan, anda bisa tambah lampu paralel dengan lampu yang sudah terpasang. Tetapi pengendalian dari lampu-lampu tersebut tetap bersamaan operasi nyala dan tidaknya berdasarkan aktivasi dari push button.

Jika anda kesusahan mendapatkan saklar staircase ini, atau terkendala biaya yang terlalu mahal, anda bisa juga membuatnya sendiri dengan prinsip kerja yang sama seperti saklar staircase tersebut. Baca artikel tentang cara membuat sendiri saklar staircase dari relay dan timer.

Demikianlah artikel tentang cara instalasi saklar staircase lengkap, bukan saklar tukar. Saran, masukan ataupun koreksi silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.


Wassalam.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, atau ketikan email anda pada kotak yang disediakan kemudian klik tombol "Subscribe" Jangan lupa cek email untuk verifikasi. Nama email anda kami rahasiakan. GRATISSS!!!
loading...

0 Komentar untuk "Cara Instalasi Saklar Staircase Lengkap, Bukan Saklar Tukar"

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Back To Top