Instalasi Listrik Ruang Rapat dengan Stop Kontak Remote

Artikel ini saya buat karena terinspirasi dari ruangan meeting / rapat di tempat saya bekerja yang biasa digunakan untuk rapat dan presentasi. Di ruangan tersebut terinstalasi konfigurasi lampu kombinasi dari lampu redup dan lampu terang dengan mode aktivasi saling interlock atau tidak bisa nyala secara bersamaan. Harapan dari pengendalian penerangan ruang rapat ini adalah  dapat menciptakan lingkungan ruang rapat yang membantu konsentrasi dan kenyamanan peserta rapat. Pengendalian lampu inipun dilakukan se praktis mungkin yaitu melalui remote control khusus.

Mode lampu redup adalah mode saat presentasi yang diperlukan agar intensitas tampilan layar dari infocus sebagai media presentasi menjadi optimal, tampilan layar terlihat jelas dan tidak menyilaukan. Sedangkan mode lampu terang adalah mode saat meeting biasa atau saat presentasi dilayar infocus tidak diperlukan lagi. Mode lampu ini dalam aplikasinya adalah kombinasi yang sangat diperlukan untuk kenyamanan ruang rapat dan pengoperasian mode ini harus dibuat se praktis mungkin.

Pada artikel ini saya akan ulas bagaimana instalasi listrik ruang rapat yang baik dengan menggunakan perangkat khusus yaitu stop kontak remote.

Stop Kontak Remote


Stop kontak remote
Stop kontak remote
Gambar diatas adalah penampakan stop kontak remote yang saya maksud, meskipun masih banyak jenis dan merek stop kontak remote yang lain yang pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang sama.

Prinsip kerja stop kontak remote

Didalam stop kontak remote terdapat rangkaian elektronik sebagai penerima signal remote, dimana rangkaian elektronik ini bisa mengendalikan keluaran stop kontak remote menjadi On atau menjadi Off sesuai dengan perintah dari signal remote sebagai pengendali.

Spesifikasi dari stop kontak remote ini adalah tentang beberapa parameter yaitu : Voltage / tegangan, Current / arus kerja, Load / Beban dan Remote Distance / Jarak pengendalian remote.

Untuk stop kontak remote diatas, spesifikasinya adalah :

Voltage : 220V / 50Hz
Current : 5A
Load : 1000 Watt
Remote Distance : 100FT

Bagi anda yang ingin mengaplikasikan perangkat ini, spesifikasi harus diperhatikan dan disesuaikan dengan kondisi sebenarnya. Hitung terlebih dahulu parameter listrik sumber dan beban yang akan dikendalikan oleh alat ini. Spesifikasi Voltage jika sumbernya adalah PLN maka harus mengikuti standar PLN yaitu 220V, sedangkan untuk arus dan beban silahkan menyesuaikan. Jarak pengendalian remote juga harus diperhatikan jangan sampai harapan kendali penerangan praktis yang kita inginkan tidak tercapai karena akses jarak remote tidak terpenuhi untuk jarak sesuai kondisi.

Spesifikasi diatas adalah contoh spesifikasi yang sudah diterapkan di tempat kerja saya sesuai dengan kebutuhan, dan harapan kendali penerangan praktis pun sudah jelas terpenuhi.

Instalasi Listrik Ruang Rapat dengan Stop Kontak Remote


Penjelasan diatas adalah prinsip kerja stop kontak remote secara umum. Pada bahasan ini saya akan mengkombinasikan prinsip kerja tersebut ke dalam sebuah instalasi listrik ruang rapat dengan tambahan komponen bantu dari luar yaitu relay 220V / 5A.

Untuk prinsip kerja dari relay ini saya anggap pembaca sudah tahu, atau secara sederhana relay adalah sebuah komponen yang bisa mengendalikan kondisi anak kontaknya dari NO (Normally Open) menjadi close atau dari NC (Normally Close) menjadi open jika coil relay mendapatkan tegangan kerjanya.

Untuk spesifikasi relay 220V/5A berarti tegangan coil relay tersebut adalah 220V dan kemampuan anak kontak relay tersebut dialiri arus adalah max 5A.

Berikut adalah single line diagram dari instalasi listrik ruang rapat yang saya maksud:

SLD penerangan ruang rapat
SLD penerangan ruang rapat

Kembali ke pokok bahasan kita yaitu penerangan ruang rapat, dari single line diagram diatas terlihat bahwa kombinasi instalasi lampu terang dan lampu redup adalah kombinasi instalasi saling interlock. Artinya lampu terang ataupun lampu redup akan beroperasi tidak pernah bersamaan. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi peruntukan atau fungsi yang diharapkan.

Mode lampu terang dibutuhkan untuk mode meeting atau diskusi atau rapat yang tidak memerlukaan tampilan layar infokus. Pada mode ini peserta rapat dimungkinkan membutuhkan cahaya terang untuk menulis atau membaca sebuah sumber bacaan melalui media hard copy.

Mode lampu redup adalah mode yang dibutuhkan untuk mode meeting atau diskusi atau rapat yang memerlukaan tampilan layar infokus. Pada mode ini peserta rapat fokus pada tampilan layar presentasi sehingga optimalisasi dari tampilan layar tersebut harus optimal yaitu terlihat jelas dan tidak menyilaukan sehingga peserta rapat menjadi nyaman.

Pada implementasinya, mode penerangan ini akan dioperasikan secara bergantian menyesuaikan situasi dan kondisi saat rapat berlangsung. Meskipun mode nya dilakukan bergantian, kita tidak perlu khawatir lagi karena proses pengendaliannya sangat praktis yaitu menggunakan remote control.

Pada gambar SLD diatas terlihat jelas beberapa kontrol yang bisa mengendalikan operasi lampu. Kontrol sumber berupa saklar tunggal (read: saklar penerangan). Saklar ini digunakan untuk menyalakan atau mematikan ruang rapat secara keseluruhan. Jika saklar ini kondisi off, penerangan ruang rapat akan menjadi gelap dan semua fungsi komponen pengendali lain tidak berguna. Jadi saklar ini harus dikondisikan On agar aplikasi penerangan ruang rapat sesuai harapan kita. Saklar ini dikondisikan Off jika ruang rapat sudah tidak digunakan lagi.

Kontrol berikutnya adalah stop kontak remote yang sudah terinstalasi dengan komponen bantu dari luar yaitu relay 220V/5A. Stop kontak remote ini berperan sebagai pengendali operasinya coil relay bantu tersebut. Jika stop kontak remote ini dikondisikan On malalui pengendali remote, maka coil dari relay bantu akan mendapatkan tegangan kerjanya sehingga relay bantu ini akan berfungsi sesuai dengan harapan yaitu menginterlock cahaya penerangan terang menjadi cahaya penerangan redup sebagai mode untuk presentasi.

Adapun denah penerangan ruang rapat ditempat saya bekerja adalah kurang lebih seperti ini:

Denah lampu penerangan ruang rapat
Denah lampu penerangan ruang rapat
Pada gambar denah tersebut terlihat bahwa mode lampu terang dan mode lampu redup adah kelompok grup lampu terpisah. Bukan 1 lampu bisa berfungsi terang atau redup, tetapi masing-masing grup lampu merupakan jenis lampu dan watt yang berbeda.

Berikut ini adalah gambar instalasi versi listrik-praktis untuk menterjemahkan gambar SLD diatas jika anda mengalami kesulitan dalam implementasi instalasinya.

Instalasi kendali penerangan ruang rapat
Instalasi kendali penerangan ruang rapat

Penjelasan dari gambar diatas pada dasarnya sama seperti yang sudah saya jelaskan gambar SLD sebelumnya. Gambar SLD pertama untuk memudahkan anda dalam memahami prinsip kerja kendali lampu penerangan ruang rapat, sedangkan gambar yang terakhir untuk memudahkan anda dalam memahami proses implementasi instalasinya.

Artikel ini hanyalah salah satu implementasi modifikasi instalasi dari stop kontak remote, untuk fungsi lainnya anda bisa ber improvisasi lebih jauh sehingga diharapkan bisa memenuhi harapan fungsi yang lebih baik lagi dan juga bisa di implementasi kan  di rumah masing-masing agar manfaatnya dapat dirasakan secara langsung bersama anggota keluarga tercinta..he..:)

Sangat direkomendasikan bagi seluruh pembaca agar dalam melakukan semua instalasi kelistrikan pada semua artikel yang saya terbitkan agar selalu dilakukan oleh orang yang berkompeten atau didampingi oleh orang yang berkompeten untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Demikian artikel tentang instalasi listrik ruang rapat dengan stop kontak remote, semoga menjadi tambahan pengetahuan untuk anda atau menjadi inspirasi untuk penerangan ruang rapat di tempat kerja masing-masing. Masukan dan saran silahkan meninggalkan jejak dikolom komentar.

Wassalam.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Instalasi Listrik Ruang Rapat dengan Stop Kontak Remote"

  1. Om boleh ajarkan saya wiring sistem ATF /AMF genset otomatis om ??? Pengen belajar itu om
    Makasih sebelumnya om

    ReplyDelete
  2. Bisa di pake buat gate open pagar rumah nih, biar masuk garasi ga usah klakson nunggu di bukain, nice inpoh gan...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel