# 7 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Mudah

Mau bayar tagihan PLN? Cek tagihan listrik PLN anda dengan banyak cara yang akan saya jelaskan pada artikel ini diantaranya adalah Cek tagihan listrik PLN secara online, SMS, Email ataupun dengan aplikasi smartphone.

Artikel ini dikhususkan bagi pelanggan PLN yang rumahnya masih memakai KWH Meter lama atau KWH Meter pasca bayar atau KWH Meter yang setiap akhir bulan ada petugas catat meter dari PLN memeriksa angka KWH meter anda. Pemakaian listrik yang tidak tentu di rumah membuat anda harus menerka nerka berapa kira-kira harus bayar listrik rumah pada akhir bulan nanti.

Saat waktu pembayaran listrik tiba yaitu tanggal 5 s/d tgl 20 setiap bulannya, sebenarnya ada rentang waktu yang cukup panjang (15 hari) buat anda untuk mencari tahu berapa konsumsi listrik bulan lalu yang harus anda bayar di bulan ini sehingga anda tidak perlu kaget ataupun terkejut bahwa rekening listrik yang harus anda bayar diluar ekspektasi anda dan uang yang anda sediakanpun kurang atau tidak siap.

cara cek tagihan listrik PLN

Untuk saat ini, pengecekan bayaran listrik tiap bulan adalah hal yang sangat diperlukan mengingat selain kita tidak bisa menjaga konsumsi listrik dirumah untuk stabil, tapi faktor lainnya adalah harga listrik yang tidak menentu perubahannya, tahu tahu sudah naik, bahkan naiknya tidak ada pemberitahuan... Itu yang saya rasakan karena kurang update info pastinya, he..he..

Karena hal tersebut diatas maka saya ingin share informasi tentang 7 cara cek tagihan listrik PLN yang cukup mudah sehingga anda bisa menyiapkan uang untuk membayar listrik sesuai dengan informasi yang sudah anda dapatkan terlebih dahulu. Hal ini juga bisa membantu anda melakukan manajerial keuangan keluarga anda karena beban biaya hidup yang terprediksi.

Inilah cara bagaimana anda mengecek tagihan listrik PLN dengan mudah:

#1. Cek tagihan PLN lewat Telepon

Cara ini sangat mudah sekali, bisa anda lakukan dimanapun dan kapanpun selama memenuhi syarat yaitu  anda punya HP, punya pulsa, ada sinyal telpon, dan HP nya On atau tidak dalam kondisi shutdown...:) Jika salah satu syarat tersebut tidak ada, cara ini tidak akan berhasil ..:)

PLN punya nomor telpon call center yang sangat istimewa yang saya jamin tanpa anda mencatatnya anda pasti hafal. Nomor tersebut adalah 123. Sebelum menghubungi nomer tersebut pastikan untuk memasukan kode area tempat anda menelpon seperti 0254 123 jika anda menelpon dari banten, 022 jika anda menelpon dari Bandung, dsb. Saya sudah mencobanya dan tersambung. Jika menggunakan telpon rumah dan posisi anda di Jakarta, anda bisa langsung tekan 123. Siapkan nomer identitas rekening PLN atau No. ID Pelanggan (biasanya 12 Digit) atau Nomor KWH (biasanya 11 Digit) anda sebagai identitas.

Ketika anda tersambung maka akan dijawab oleh mesin penjawab otomatis atau oleh operator langsung, silahkan berimprovisasi mengarahkan aktivitas dan pembicaraan anda menuju tagihan PLN yang ingin anda tanyakan.

#2. Cek tagihan PLN lewat SMS

Cara ini tidak kalah praktis dibanding cara pertama. Tapi tergantung orangnya juga sih, ada yang malas sms dan ada pula yang malas komunikasi lisan. Buat saya cara ini lebih praktis dan mudah dibanding harus menelpon.

Caranya adalah sebagai berikut:

Kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, REK 898120960022 kirim ke 8123.

Atau bagi anda yang malas untuk ngetik-ngetik ulang nomer rekening tiap bulannya, anda bisa berlangganan sms informasi tagihan listrik yang akan diberitahukan kepada anda tiap bulannya melalui sms secara otomatis. Anda tinggal pastikan saja pulsa telpon anda selalu tersedia di akhir bulan, he..

Caranya berlangganan sms adalah sebagai berikut:

Kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN ON 898120960022 kirim ke 8123.

Jika anda mulai bosan karena pulsa hp tidak selalu standby dan memilih mencari info dengan cara yang lain, maka anda yang sudah terlanjur berlangganan sms ini bisa menghentikan langganan sms pemberitahuan tersebut.

Caranya berhenti berlangganan sms adalah sebagai berikut:

Kirim sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN OFF 898120960022 kirim ke 8123.

Sebagai catatan, untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms ini akan dikenakan biaya sebesar Rp500 (belum termasuk ppn 10%) per sms.

#3. Cek tagihan PLN lewat Website

Pada cara ini sebenarnya saya ingin menggunakan web resmi PLN, tetapi fitur cek tagihan ini sepertinya sudah tidak disediakan lagi, mungkin karena progress "listrik pintar" yang sedang berjalan untuk seluruh masyarakat indonesia.

Tetapi anda tidak usah khawatir, masih terdapar web lain yang menyediakan jasa pengecekan tagihan rekening PLN ini yaitu di www.cekbill.com. Di Web tersebut tersedia salah satu fitur untuk mengecek tagihan listrik PLN pelanggan.

Caranya mengecek tagihan listrik PLN melalui website adalah sebagai berikut:

1. Buka web www.cekbill.com
2. Pilih navigasi Cek Tagihan Listrik PLN pada bagian kiri laman
3. Masukan ID pelanggan PLN pada kolom yang disediakan.
4. Masukan kode captcha untuk verifikasi
5. Selanjutnya klik Cek Tagihan

Tagihan listrik Anda akan muncul beserta status pembayarannya (sudah bayar atau belum)

#4. Cek tagihan PLN lewat IOS


Cara lainnya untuk mengecek tagihan listrik adalah lewat ponsel berbasis iOS. Bagi Anda pengguna Apple, ada beberapa aplikasi pada App Store yang tersedia untuk mengecek tagihan listrik. Misalnya, PLN Mobile, Info Cek Tagihan Listrik PLN, dan Tagihan. Semuanya dapat diunduh gratis pada ponsel Anda.

Salah satu aplikasi cek tagihan listrik PLN populer yang banyak digunakan oleh pengguna iOS adalah PLN Mobile. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari PT PLN. Sebenarnya aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk cek tagihan listrik, tapi bisa juga digunakan untuk cek riwayat pemakaian kwh listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran melalui banking, info status listrik, info progress permohonan, dan sebagai sarana pengaduan keluhan pelanggan. Jadi aplikasi ini bisa dimanfaatkan juga bagi anda yang sudah menggunakan KWH token atau KWH prabayar.

Cara untuk cek tagihan listrik melalui PLN Mobile cukup mudah yaitu dengan langkah sebagai berikut.

1. Pilih menu Informasi pada tab menu
2. Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik
3. Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Anda
4. Klik Cari

Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya

#5. Cek tagihan PLN lewat Android

Untuk anda pengguna android, tak perlu khawatir karena bukan hanya pengguna iOS saja yang bisa cek tagihan listrik lewat gadget mereka, pengguna Androin juga bisa.  Bahkan, aplikasi yang tersedia di Android untuk mengecek tagihan listrik lebih banyak dibandingkan iOS. Rekomendasi saya agar menggunakan aplikasi resmi dari PT PLN, PLN Mobile for Android.

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk cek tagihan listrik lewat smartphone berbasis Android ini adalah dengan mengunduh atau download aplikasi PLN Mobile di Google Play. Setelah itu lakukan langkah berikut.

1. Pilih menu Informasi pada tab menu
2. Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik
3. Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Anda
4. Klik Cari

Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya.

#6. Cek tagihan PLN lewat Email

Cara ini pada dasarnya sama seperti cara sms berlangganan diatas, tetapi media informasinya adalah via email dengan form khusus PLN e-Billing tagihan listrik. Keuntungannya adalah selama hp anda punya kuota data, fitur ini tidak memotong biaya  seperti biaya sms, tetapi hanya memanfaatkan paket data internet anda.

Caranya adalah anda harus terdaftar di e-billing PLN terlebih dahulu. Dulu caranya bisa langsung daftar pada website resmi PLN, namun karena ada perubahan antarmuka laman resmi PLN tersebut, Anda bisa menanyakan hal tersebut via email di [email protected] atau lewat akun media sosial resmi PLN, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123.

#7. Cek tagihan dengan datang langsung ke kantor cabang PLN

Cara ini adalah cara konvensional dan mungkin sudah sangat familiar dengan anda sebelum anda mengetahui cara cek tagihan listrik PLN di poin sebelumnya. Kekurangannya anda harus menyediakan waktu luang khusus untuk berkunjung ke kantor PLN, tapi kelebihannya adalah anda bisa mendapat pahala bersilaturahmi dan memperluas pergaulan, karena dibanding cara lainnya pada poin diatas, hanya cara inilah yang bisa membuat anda interaksi tatap muka langsung dengan petugas PLN ..:)

Demikianlah artikel tentang 7 Cara cek tagihan listrik PLN, kemungkinan perubahan cara mengecek tagihan PLN kedepan bisa saja terjadi, semoga artikel ini pun bisa update menyesuaikan. Mudah-mudahan menjadi informasi bermanfaat bagi anda, saran / koreksi dan masukan silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.

Wassalam...
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "# 7 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Mudah"

  1. Selamat Siang
    Apakah blog ini menerima kerjasama posting artikel?

    Kami tunggu kabar baiknya
    Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. info lebih lanjut klik contact us di bagian bawah/footer blog, atau bisa by email saja pak agar lebih jelas: [email protected]

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel