1 KWH Berapa Rupiah

Saat ini, saat artikel ini dibuat, banyak yang mengeluhkan tentang kenaikan harga listrik bahkan kenaikannya sampai beberapa kali. Tolak ukur harga listrik yang mahal atau naik bagi masyarakat awam adalah ketika mereka membeli token listrik pada harga tertentu misalkan 100 ribu rupiah maka yang biasanya bisa mereka pakai dalam 1 bulan, ternyata baru 20 hari KWH meter sudah menjerit karena pulsa token listrik mau habis nol KWH. Atau untuk KWH pasca bayar akan lebih menyadari lagi karena tiap menebus rekening listrik bulanan, bayar listrik semakin mahal.

"Mahal" bermakna relatif tergantung dari siapa yg mempersepsikannya. Tetapi tahukah anda berapa rupiah listrik yang kita bayar per KWH? dengan berbekal rekening transaksi pembayaran listrik anda bisa langsung tahu 1 KWH berapa rupiah.

Saya akan membantu anda bagaimana cara menghitung untuk mengetahui 1 KWH berapa rupiah, dengan memahami pembacaan struk listrik pembayaran pra bayar ataupun pasca bayar dengan hitungan yang sangat sederhana.

KHW meter listrik prabayar (KWH token)


Berikut ini adalah gambar rekening pembelian token dari rumah yang saya tinggali:

struk listrik pra bayar
struk listrik pra bayar

No 1 : golongan tarif daya

PLN mengenal golongan tarif daya dengan harga yang bervariasi. Golongan tarif daya untuk penggunaan rumah tangga bisa dikelompokan sebagai berikut :

R1 (0 s.d 450); R1 (451 s.d 900); R1M (451 s.d 900); R1 (901 s.d 1300); R1 (1301 s.d 2200); R2 (2201 s.d 5500); R3 (5501 s.d ......) semua angka dalam golongan tarif tersebut memiliki satuan VA (Volt Ampere)

Pada gambar diatas menggunakan golongan tarif rumah tangga R1 (901 s.d 1300 VA)

No 2 : Rp Bayar

Rupiah bayar adalah nilai rupiah total yang harus dibayar saat pembelian token listrik. Unsur didalamnya adalah bukan harga KWH murni yang diterima saja, tetapi ada biaya lain seperti materai dan PPJ (pajak penerangan jalan) (no 3 pada gambar) dan Admin Bank atau biaya admin tempat kita melakukan transaksi (no 5 pada gambar)

No 4 Rp Stroom/Token & Jumlah KWH

Poin inilah yang bisa memberikan informasi kepada kita harga listrik 1 KWH dikonversikan langsung ke rupiah. Rumusnya adalah Rp stroom/token dibagi dengan jumlah KWH.

Pada struk listrik diatas kita bisa menghitung harga energi listrik per KWH yaitu:

Rp. 477.884 /  325,7 KWH =  Rp. 1.467, 25 / KWH

Jadi untuk golongan tarif R1 / 1300 didapatkan nilai rupiah / KWH sebesar Rp. 1.467, 25 atau harga 1 KWH listrik pada golongan tarif  R1/1300 adalah Rp. 1.467, 25.

Anda percaya dengan hitungan ini?

Mari kita buktikan kebenarannya dengan langsung melihat tarif KWH listrik PLN dari halaman web resminya pln.co.id yang saya instal pada aplikasi PLN mobile di android. kebetulan waktu transaksi struk diatas dengan waktu membuka aplikasi masih pada bulan dan tahun yang sama yaitu Desember 2018, jadi seharusnya datanya cukup valid.

cek harga listrik via PLN Mobile
cek harga listrik via PLN Mobile

cek harga listrik via PLN Mobile

Pada cek harga di aplikasi PLN mobile diatas, maka terlihat tarif harga listrik untuk golongan rumah tangga R1/1300 adalah Rp. 1.467, 28 / KWH; bisa disimpulkan bahwa cara perhitungan pada struk sebelumnya sudah sesuai dengan harga tarif PLN yang sudah ditetapkan.

Dengan metode perhitungan manual dibandingkan dengan release harga listrik PLN pada aplikasi PLN mobile setidaknya dapat memberi keyakinan atau koreksi bagi anda bahwa jumlah KWH yang telah anda terima sudah sesuai dengan harga rupiah yang anda keluarkan.


KHW meter listrik pasca bayar


Lain halnya dengan KWH listrik prabayar (KWH token), pada KWH meter pasca bayar pembayaran dilakukan setiap akhir bulan dengan bukti pembayaran rekening memuat informasi pencatatan stand counter KWH bulan ini dengan  stand counter KWH bulan lalu.

Berikut ini salah satu contoh dari bukti pembayaran rekening listrik :

struk pembayaran tagihan listrik
struk pembayaran tagihan listrik

No 1 : Tarif Daya : R1/900VA

Seperti halnya pada KWH pra bayar yang sudah dijelaskan diatas, KWH pasca bayar pun memiliki tarif harga berdasarkan golongan tarifnya. Pengelompokan golongan tarif sama dengan yang sudah dijelaskan pada KWH pra bayar diatas.

No 2 : Stand KWH

Inilah yang membedakan struk KWH prabayar dengan KWH pasca bayar. Pada struk KWH pasca bayar pasti mencantumkan 2 buah stand KWH meter yaitu stand meter bulan ini dan stand meter bulan lalu.

Pada struk diatas stand meter yang tercatat adalah
stand meter bulan ini : 01460100
stand meter bulan lalu : 01444400

nilai stand meter 2 angka terakhir merupakan angka desimal.

kedua buah stand meter ini dibandingkan untuk didapatkan nilai selisih angka stand meter yang berarti jumlah energi listrik yang dipakai pelanggan selama 1 bulan. Caranya adalah stand meter bulan ini dikurangi stand meter bulan lalu, sehingga pada struk diatas bisa disimpulkan energi listrik yang dipakai adalah  = 014601,00 - 014444,00 = 157,00 KWH

No 3 Rp tagihan PLN

Rp tagihan PLN pada struk rekening listrik pasca bayar diatas adalah nilai rupiah murni terhadap jumlah pemakaian energi listrik tanpa ada unsur lain seperti biaya admin dan lain-lain. Biaya lain (no 4 pada gambar) akan diakumulasikan pada total pembayaran.

Dari data yang sudah kita dapatkan, maka kita bisa menyimpulkan berapa rupiah per 1 KWH harga listrik pasca bayar yang kita pakai dengan cara perhitungan yang sederhana seperti pada bab KWH meter listrik pasca bayar diatas.

Pada rekening pasca bayar diatas kita dapatkan data:
Jumlah KWH yang dipakai = 157,00 KWH
Jumlah Rp yang dibayar = Rp. 97.353

Jadi, jumlah rupiah per KWH listrik prabayar dengan golongan tarif rumah tangga R1/900 VA adalah : Rp 97.353 / 157,00 KWH = Rp. 620,08 / KWH

(rekening pasca bayar diatas adalah rekening yang diambil pd tahun 2016, saat ini sudah mengalami kenaikan tarif beberapa kali)

Kebenaran pengambilan dan proses data dari rekening pasca bayar diatas bisa anda klarifikasi dengan mengecek harga listrik resmi yang diinformasikan pada web resminya atau bisa dilihat di aplikasi android PLN Mobile seperti yang sebelumnya dilakukan pada listrik prabayar pada uraian diatas.

KESIMPULAN


Jadi untuk mengetahui 1 KWH berapa rupiah yang paling update adalah dengan melakukan akses web PLN resmi atau bisa meng instal aplikasi PLN mobile di android, atau cara lainnya adalah dengan membandingkan KWH token diterima terhadap rupiah uang yang dibayarkan (untuk KWH pra bayar) atau membandingkan selisih stand meter KWH (stand meter bulan lalu - stand meter bulan ini) terhadap rupiah tagihan PLN yang semua data tersebut terinformasikan via print out struk pembayaran  rekening listrik (untuk KWH pasca bayar)..

Dari kesimpulan diatas semoga anda tidak harus bingung lagi 1 KWH berapa rupiah, dan dengan pengetahuan ini anda bisa melakukan banyak hal terkait manajemen energi listrik dirumah anda. Anda bisa membandingkan energi listrik yang dipakai terhadap harga sembako, harga ikan dipasar atau dengan harga barang lainnya yang membuat anda peduli akan hidup dengan pola hemat energi atau anda semakin bekerja keras lagi untuk meningkatkan perekonomian dalam rangka mengimbangi harga listrik per KWH yang semakin mahal.

Demikian artikel singkat tentang 1 KWH berapa rupiah, semoga bermanfaat buat anda. Saran dan masukan silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.

Wassalam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "1 KWH Berapa Rupiah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel