Masterpact MTZ Circuit Breaker Solusi Kehandalan Supply Listrik Cerdas

Masterpact MTZ Circuit Breaker adalah salah satu produk inovasi terbaru dari Schneider Electric, perusahaan global yang bergerak dalam transformasi digital di pengelolaan energi, otomasi serta proteksi listrik. Masterpact MTZ ini merupakan generasi selanjutnya dari high power low voltage air circuit breaker (ACB) pintar berbasis Internet of Things (IoT) dengan kemampuan analisa prediktif yang dipadukan dengan alat pengukur daya kelas 1 di industri.

Masterpact MTZ Circuit Breaker menjadi yang pertama untuk kategori  air circuit breaker (ACB) dengan tingkat akurasi pengukur daya teratas di kelasnya, dan tersertifikasi dengan standard internasional ISO 50001, IEC 61557-12 and IEC 60364-8.

Masterpact MTZ Circuit Breaker
Masterpact MTZ Circuit Breaker
Pada artikel ini listrik-praktis akan mencoba membahas tentang masterpact MTZ circuit breaker dari beberapa referensi yang diperoleh. Semoga artikel yang disajikan menjadi pemicu kita semua untuk bisa berubah dan berkembang mengikuti tuntutan zaman khususnya tuntutan teknologi di bidang kelistrikan yang akan membawa serba kemudahan dan manfaat yang lebih besar . 

Kota pintar, grid pintar, bangunan pintar, industri pintar, listrik digital dan berbagai kemajuan teknologi lainnya adalah suatu hal yang cepat atau lambat akan terwujud seiring dengan kemajuan zaman. Distribusi tenaga listrik akan menghadapi era baru dengan tuntutan kualitas dan kontinuitas yang lebih baik, tetapi juga distribusi tenaga listrik akan menjadi lebih tersebar dan rentan.

Untuk era Internet-of-Things, kita memerlukan circuit breaker  masa depan yang meningkatkan efisiensi, dapat beradaptasi dengan kebutuhan, terus berevolusi, dan membantu memastikan keamanan, kehandalan, dan keberlanjutan.

Schneider Electric mnerupakan perusahaan yang telah menetapkan standar dalam Air Circuit Breaker (ACB) sejak 1987.  Mereka melakukannya pertama kali dengan Masterpact ™ M, dan kemudian dengan Circuit Breaker Masterpact NT / NW yang inovatif. Setiap inovasi Masterpact telah memasukkan fitur yang paling canggih dan telah membentuk reputasi legendaris untuk uptime daya dan perlindungan terhadap over load pada kabel, short circuit, dan kegagalan isolasi bahkan di lingkungan terberat sekalipun.

Schneider Electric sedang mendefinisikan ulang distribusi listrik dengan portofolio EcoStruxure ™ Power yang baru dari produk digital cerdas yang meningkatkan konektivitas, operasi real-time, dan analitik cerdas.

Masterpact MTZ Circuit Breaker mempersiapkan teknologi ketenagalistrikan untuk masa depan distribusi daya, konektivitas pintar, serta monitoring kelistrikan jarak jauh dengan kustomisasi mudah dan instan melalui modul digital. Masterpact MTZ Circuit Breaker ini juga menghadirkan kemampuan Power EcoStruxure siap masa depan yang kita butuhkan untuk membangun sistem distribusi daya yang cerdas, aman, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan zaman.

Keunggulan dari Masterpact MTZ Circuit Breaker adalah sebagai berikut:

• Konektivitas smartphone untuk peringatan dan pemeliharaan nirkabel
• Pengukur daya Kelas 1 yang tepat dibangun untuk kemampuan hemat energi
• Kustomisasi mudah melalui modul digital
• Unit kontrol intuitif Micrologic ™ X
• Instalasi mudah menggunakan arsitektur yang sudah ada
• Integrasi sempurna dengan sistem manajemen gedung dan energi melalui arsitektur Smart Panel
• Patuh pada standard kelistrikan yang ada

Keunggulan diatas akan memberikan kita banyak fitur dan kemudahan yang bisa diberikan Masterpact MTZ Circuit Breaker tersebut yaitu:

Sambungan nirkabel aman secara lokal

• Terhubung secara lokal melalui koneksi Bluetooth® dan NFC tanpa kontak, nirkabel, dan aman
• Tinjau konsumsi energi, kualitas daya, keseimbangan fase, status kesehatan jaringan
• Monitoring status melalui smart phone : Diagnosis secara mandiri mengenai tingkat beban, peringatan gangguan dan alarm, serta setting proteksi
• Tinjau secara lokal di control room elektrik dengan tampilan pada layar X Mikrologi pada smart phone atau di layar switchboard.

Notifikasi jarak jauh di mana saja

• Tinjau status di mana saja melalui Facility Expert digital and collaborative maintenance logbook: Pemeriksaan berkala, warnings dan alarm.
• Ulasan jarak jauh di ruang kontrol room dengan EcoStruxure Facility Advisor, Power Monitoring Expert (PME), Power SCADA Operation (PSO), Building Operation (BO)
• Dapatkan diagnose jaringan secara real time: Jenis peristiwa, tingkat keparahan, record waktu terhadap event yang terjadi.
• Menerima langkah-langkah prediksi yang bisa dilakukan dengan data yang mudah diinterpretasi

Manajemen gangguan yang komprehensif

• Pada kasus trip nya circuit breaker, Penormalan bisa dilakukan dengan cepat dan aman menggunakan smart phone
• Data peristiwa sebelum trip akan terecord melalui koneksi NFC bahkan tanpa daya sekalipun
• Akar penyebab gangguan bisa dianalisa lebih mudah step by step sampai dilakukan penormalan gangguan dengan analisa gangguan yang tepat sebelumnya. Ini bisa dilakukan dengan fitur yang tersedia pada instalasi circuit breaker yang memberikan informasi tentang:
  - Pengambilan Bentuk Gelombang saat terjadi gangguan
  - Asistensi Pemulihan Daya
  - Asistensi Operasi Masterpact

Selain keunggulan diatas, bisa kita simpulkan bahwa Masterpact MTZ circuit breaker ini telah menawarkan fitur inovatif yang menyederhanakan system desain (I Design), konstruksi (I Build), dan operasi (I Operate). Penjelasan dari fitur inovatif tersebut adalah sebagai berikut:

I DESIGN

Modul digital pada Masterpact MTZ akan memberi Anda kemampuan untuk menambah fungsi berdasarkan satu unit kontrol Micrologic X standar, membantu mengurangi investasi awal Anda dalam proyek dan membuat pemutus sirkuit MTZ Masterpact skalable untuk kebutuhan masa depan.

Ciptakan sistem yang cerdas dan fleksibel

Pemutus sirkuit MTZ Masterpact terintegrasi secara mulus dengan Schneider Electric Smart Panels. Koneksi Ethernet tertanam dan power meter Kelas 1 membantu meningkatkan efisiensi energi dengan menyediakan data yang komprehensif pada setiap bangunan atau sistem manajemen daya.

Desain tahan lama dan sistem yang sesuai

Pemutus sirkuit MTZ Masterpact adalah compliant dengan distribusi listrik dan efisiensi energy standar dan peraturan. Plus, mereka diuji dan terbukti tahan terhadap kondisi yang keras.

I BUILD

Instal dan retrofit dengan mudah

Transisi dari pemutus sirkuit Masterpact NT / NW ke pemutus sirkuit MTZ Masterpact tidak memerlukan modifikasi papan switch atau IEC 61439 1 dan 2 resertifikasi.

Komisioning cepat

Dengan perangkat lunak Ecoreach, Anda dapat mengintegrasikan perangkat pintar, switchboard yang terhubung dengan komisi, dan menghasilkan laporan yang komprehensif sebagai bagian dari tes penerimaan pabrik dan situs.

Berikan layanan yang lebih baik

Schneider Electric sebagai produsen dari circuit breaker ini memiliki komitmen terhadap pelanggannya yaitu selain menawarkan alat dan perangkat lunak, juga memberikan dukungan, dan penghargaan kesetiaan untuk membantu Anda mengembangkan bisnis dan memenuhi kebutuhan pelanggan Anda dengan layanan pra dan pasca penjualan berkualitas tinggi.

Jadi proses pembelian, pemasangan, komisioning, sampai analisa proses operasi akan didukung penuh untuk kepuasan konsumen.

I OPERATE

Masterpact MTZ circuit breaker memungkinkan Anda memberikan laporan komisioning dan pemeliharaan untuk menunjukkan kehandalan supply tenaga listrik untuk user.

Jadikan perawatan lebih mudah

Pemutus sirkuit MTZ Masterpact mengirim pemberitahuan ke smart phone Anda, membantu Anda untuk mendiagnosis masalah dengan cepat dan menghindari downtime. Jika ada gangguan listrik, modul digital Power Crisis Assistant memandu Anda ke akar permasalahan dan membantu Anda memulihkan daya dengan cepat.

Tingkatkan keamanan

Karena Masterpact MTZ circuit breaker dapat dipertahankan secara nirkabel melalui koneksi Bluetooth dan NFC, kontak fisik dengan pemutus terbatas. Plus, aplikasi manajer fasilitas memberikan panduan untuk operasi pemeliharaan harian.

KESIMPULAN

Dari uraian yang sudah disampaikan tentang  Masterpact MTZ circuit breaker diatas, saya menyimpulkan beberapa hal bahwa penggunaan circuit breaker ini sangat menguntungkan bagi penyedia tenaga listrik karena bisa meningkatkan pelayanan pada pelanggan akan kualitas listrik yang semakin baik dan meningkat.

Secara garis besar terdapat 2 parameter kualitas listrik berhubungan dengan kuntinuitas supply atau supply listrik berkelanjutan terhadap konsumen listrik yaitu SAIDI (System Average Interruption Duration Index) dan SAIFI (System Average Interruption Frequency Index).

SAIDI menunjukan berapa lama rata-rata durasi gangguan yang dialami pelanggan dalam satu tahun, sedangkan SAIFI menunjukan berapa kali rata-rata gangguan yang dialami pelanggan dalam satu tahun. Semakin kecil angka SAIDI dan SAIFI, maka akan semakin baiklah kualitas supply tenaga listrik dimata konsumen. Apalagi jika konsumen listriknya adalah kategori istimewa seperti rumah sakit dan industri khusus, SAIDI dan SAIFI menjadi tolak ukur yang sangat penting. Penggunaan  Masterpact MTZ circuit breaker bisa membantu anda sebagai penyedia tenaga listrik untuk menekan angka SAIDI dan SAIFI ke nilai terkecil. Mengapa demikian?

Menekan angka SAIDI

Berbicara tentang berapa lama durasi gangguan maka penggunaan Masterpact MTZ circuit breaker akan membantu anda melakukan penormalan gangguan jaringan listrik dengan sangat cepat. Sistem switching jarak jauh untuk penormalan gangguan bisa memangkas waktu cukup banyak apalagi jika letak panel listrik susah atau lama dijangkau oleh operator listrik. Ini adalah salah satu aspek yang bisa menekan angka SAIDI diantara banyak aspek keunggulan lainnya pada circuit breaker tersebut.

Menekan angka SAIFI

Lain halnya tentang berapa kali frekuensi gangguan terjadi, maka penggunaan Masterpact MTZ circuit breaker juga akan membantu anda melakukan analisa yang komprehensif tentang anomali sistem jaringan listrik sehingga gangguan jaringan listrik bisa terprediksi dengan cepat dan gangguan listrik yang akan terjadi dapat dihindarkan. Ini bisa dilakukan karena circuit breaker tersebut sudah terintegrasi dengan perangkat sofware yang informatif dan canggih tentunya. Hal tersebut merupakan salah satu aspek yang bisa menekan angka SAIFI diantara banyak aspek keunggulan lainnya pada circuit breaker tersebut.

Selain 2 parameter diatas yaitu SAIDI dan SAIFI, penulis juga mengapresiasi faktor kemanan ketenagalistrikan ditempat kerja dengan diaplikasikannya Masterpact MTZ circuit breaker ini. Seperti kita ketahui bahwa proses switching sebuah circuit breaker memiliki potensi bahaya listrik salah satunya adalah arc flash / blast hazard yaitu bahaya percikan busur api atau ledakan saat ada kegagalan sistem yang tidak kita harapkan. Antisipasi dari bahaya listrik ini adalaah dengan penggunaan APD yang tepat dan jarak switching operator yang sesuai terhadap level energi yang mungkin terjadi. Masterpact MTZ circuit breaker bisa mengambil peran dalam menghindari potensi bahaya listrik tersebut dalam hal menjaga jarak yang aman karena proses switching bisa dilakukan secara remote. Bahkan ketika switching dilakukan secara lokal pun, jarak aman tetap bisa didapatkan dengan fitur switching via NFC dan Bluetooth melaui smartphone anda.

Demikianlah artikel singkat tentang Masterpact MTZ circuit breaker, semoga menambah pengetahuan anda tentang teknologi ketenagalistrikan yang semakin canggih dan berkembang. Masukan dan saran silahkan meninggalkan jejak dikolom komentar.

Wassalam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Lihat / Berikan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Masterpact MTZ Circuit Breaker Solusi Kehandalan Supply Listrik Cerdas"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel