Cara Instalasi Stop Kontak Leona

Pada artikel kali ini saya akan me review sebuah produk instalasi yang biasa digunakan pada instalasi tegangan rendah di rumah-rumah atau perkantoran serta gedung. Produk tersebut adalah stop kontak Leona salah satu produk dari Schneider Electric. Saya akan membahasnya lebih detail sekaligus memberikan informasi bagi anda bagaimana cara instalasi stop kontak Leona tersebut.

Stop kontak yang saya bahas ini merupakan salah satu produk seri Leona dimana pada seri ini memiliki dua jenis pemasangan yaitu tipe cakar dan tipe baut sehingga dapat menyesuaikan dengan inbow doost apa saja - sesuai untuk bangunan baru maupun renovasi. Pemasangan yang lebih populer saya temukan adalah tipe cakar karena lebih praktis dengan inbow doost sederhana dan murah.

Stop Kontak
Stop kontak Leona

Terdapat 2 jenis stop kontak leona ini yaitu jenis  LNA2900121 tanpa child protection, dan jenis LNA2900221 dengan child protection. Tipe tanpa child protection adalah tipa stop kontak pada umumnya dimana lubang stop kontak langsung bisa diakses tanpa penghalang apapun, sehingga kurang aman terhadap anak-anak. Tipe ini cocok digunakan pada ruangan yang tidak diakses anak kecil atau penempatan stop kontak disesuaikan hanya bisa diakses orang dewasa.

Sedangkan tipe lainnya adalah stop kontak dengan child protection. Perbedaan dengan tipe sebelumnya yaitu pada tipe ini pada lubang stop kontak terhalang material khusus jenis plastik atau isolator, dimana penghalang tersebut akan memproteksi tusukan-tusukan dari luar yang biasa dilakukan anak kecil ketika melihat sebuah lubang ..:) Prinsip kerja membukanya child protection pada lubang stop kontak ini adalah jika 2 lubang tersebut ditusuk secara bersamaan dengan material berdiameter tertentu seperti halnya tusukan stecker pada umumnya maka material proteksi tersebut akan terbuka otomatis. Jadi bisa dikatakan bahwa stop kontak leona dengan child protection hanya bisa diakses jika ditusuk oleh stecker peralatan listrik. Ini yang menjadikan saklar ini cukup aman terhadap anak-anak (child protection). Buat saya ini inovasi cerdas dari Schneider dengan hanya tambahan konstruksi material yang sangat sederhana.

Stop kontak Leona memiliki beberapa keunggulan, seperti finishing yang baik sehingga lapisan tidak mudah menguning atau memudar, kemudian material berkualitas tinggi hingga tidak cepat rusak. Tentu saja, stop kontak Leona ini telah memiliki sertifikasi SNI untuk keamanannya sudah terjamin.

Selain keunggulan yang saya jelaskan pada stop kontak leona diatas, terdapat keunggulan lainnya dari produik inidiantaranya:

- Frame modul terbuat dari logam, menjamin kualitas, kekuatan, dan tahan lama. Frame modul ini juga sudah terdapat fasilitas lubang scrup yang bisa anda gunakan untuk mengencangkan letak stop kontak tersebut terhadap dinding jika sistem pencakar logam tidak memungkinkan anda gunakan. Tentunya ini bisa anda lakukan dengan memakai inbowdoost khusus.

- Cakar logam terlindungi, menjamin kekuatan dan daya cengkram pada inbowdoost,sehingga bertahan lebih lama. Pengoperasian cakar ini cukup mudah yaitu hanya dengan memutar scrup pada cakar yang sudah disediakan, semakin banyak/masuk putaran scrup maka cengkraman cakar semakin melebar. Silahkan anda menyesuaikan porsi putaran dan cengkraman cakar tersebut mengikuti inbowdoost yang anda pasang.


- Modul terbuat dari polycarbonate berkualitas, lebih aman karena lebih tahan panas.Untuk kontinuitas aliran listrik yang panjang dan konsumsi arus yang besar, bahan produk yang tahan terhadap panas ini sangat baik digunakan karena tidak akan menimbulkan rusaknya material seperti meleleh, terbakar, dan sebagainya.


Harga Stop Kontak Leona

Dengan referensi harga resmi pada web resmi dari produk Schneider Electric, berikut adalah harga dari stop kontak Leona tersebut berdasarkan tipenya: (Harga mungkin saja berubah sewaktu-waktu)

1. LNA2900121 (tanpa child protection)
Leona- single socket outlet with side earth - 16A white
dibandrol dengan harga 17.903,00 IDR 

2. LNA2900221 (dengan child protection)
Leona - single socket outlet with side earth - 16A shutters white
dibandrol dengan harga 21.945,00 IDR

Harga yang cukup murah dengan kualitas dan brand yang bergengsi. 


Instalasi Stop Kontak Leona

Pada bahasan di bab ini saya akan menjelaskan bagaimana cara instalasi stop kontak leona ini atau cara mengganti stop kontak lama dengan stop kontak leona.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa pada prinsipnya instalasi sebuah stop kontak merk apapun adalah instalasi menarik kabel fasa dan kabel netral pada lubang stop kontak yang sudah disediakan. Adapun untuk penghantar arde atau ground sifatnya optional, jika di rumah difasilitasi sistem arde yang baik (menurut PUIL tahanan pentanahan dibawah 5 Ohm) maka penghantar arde pun bisa ditarik menuju stop kontak untuk dikoneksikan di tempat yang sudah tersedia, tentunya terpisah dengan penghantar fasa ataupun netral.

Berikut ini adalah single line dari instalasi stop kontak yang dilengkapi dengan penghantar ground ataupun tanpa penghantar ground:

instalasi stop kontak dengan ground
Instalasi stop kontak dengan ground

instalasi stop kontak tanpa ground
instalasi stop kontak tanpa ground
Berikut ini adalah langkah yang harus disiapkan untuk memasang atau melakukan penggantian stop kontak lama dengan stop kontak Leona. Pada langkah ini saya menggunakan instalasi stop kontak tanpa ground, bagi anda yang menggunakan fasilitas penghantar ground silahkan menyesuaikan.

1. Lepas pelindung saklar yang rusak dari tembok

Setelah stop kontak lama dilepas maka akan terdapat 2 kabel penghantar yaitu kabel fasa dan netral, atau terdapat 3 kabel jika stop kontak tersebut dipasang juga penghantar grounding atau arde.Bagi anda yang kurang berpengalaman mengerjakan pekerjaan ini lebih baik didampingi orang yang berkompeten, atau setidaknya anda kondisikan instalasi sudah tidak bertegangan saat melakukan poin 1 ini dengan cara mencabut sikring atau meng Off kan jalur tempat instalasi anda bekerja, perhatikan keselamatan kerja kelistrikan.

2. Buka bagian base plate dari cover stop kontak Leona dan kemudian pasang kabel listrik dari tembok ke base plate tersebut.

base plate stop kontak Leona tanpa cover
base plate stop kontak Leona tanpa cover

3. Masukkan base plate stop kontak Leona ke dalam tembok lalu kencangkan bautnya. Jika tidak tersedia lubang baut di dalamnya, Anda dapat mengencangkannya ke dalam inbow doost menggunakan cakar logam dengan cara memutar skrup cakar logam sampai stop kontak terpasang kokoh mencengkram inbow doost.

4. Setelah base plate terpasang kencang, pasang bagian cover stop kontak Leona ke base plate, kencangkan baud yang terletak trepat dibagian tengah cover stop kontak tersebut.

5. Ujilah apakah instalasi anda sudah benar dengan mengoperasikan peralatan listrik mengambil sumber dari stop kontak yang telah anda pasang.

6. Selesai

Demikian artikel singkat tentang cara instalasi stop kontak Leona, semoga bermanfaat bagi pembaca, rekomendasi saya jika anda tidak mampu agar dalam melakukan setiap instalasi selalu didampingi orang yang berkompeten dan selalu memperhatikan aspek keselamatan kerja bidang kelistrikan.

Masukan ataupun saran silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.

Wassalam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Instalasi Stop Kontak Leona"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel