Panel Listrik Pintar Era Industri 4.0

Era industri 4.0 merupakan era konektivitas atau lebih dikenal dengan istilah Industrial Internet of Things (IIoT) yang telah menyadarkan kita dan telah menjadi kebutuhan mendesak untuk mengubah lanskap konsumsi listrik sebuah gedung atau industri sehingga mereka dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang ini sebaik-baiknya untuk mencapai suatu kemudahan akses serta melakukan efisiensi energi yang efektif dan tepat sasaran. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi IIoT dengan bantuan fasilitas lain yaitu panel listrik pintar atau smart panel.

Smart Panel, sebuah solusi dari EcoStruxure Power

Memastikan pasokan energi yang baik sangat penting untuk membangun kemajuan sebuah perusahaan. Jika listrik padam, bisnis berhenti dan tentu saja akan berimbas pada kerugian yang cukup besar. Kemampuan sistem dalam dalam melakukan manajemen energi merupakan sumber penghematan potensial yang sangat besar dan sering diabaikan.

Panel listrik pintar
Switchboard Smart Panel yang diproduksi dari Schneider Electric bisa membantu membangun kemajuan sebuah perusahaan atau industri untuk mencapai penghematan dan meningkatkan kehandalan dalam struktur baru dan yang sudah ada. Salah satu contoh dari banyak keunggulan dari aplikasi alat ini misalnya mendeteksi kondisi On dan Off sebuah circuit breaker sekaligus mengontrol dan mengendalikan serta menganalisa kondisi circuit breaker tersebut secara jarak jauh dengan memanfaatkan akses konektivitas sistem yang handal. Alat ini juga menawarkan pengembalian investasi yang cepat, berkat pengurangan biaya energi dan manajemen infrastruktur listrik yang lebih cerdas.

Switchboard Smart Panel memungkinkan untuk:

- Analisis konsumsi energi dan optimalkan biaya
- Bersiap sedini mungkin untuk proses audit energi
- Menangani tantangan listrik harian serta merencanakan untuk jangka panjang
- Meningkatkan keandalan pasokan daya bagi pengguna listrik

Dengan menghubungkan perangkat keras (Hardware) paling mutakhir dan perangkat lunak (software) yang inovatif, Smart Panels memungkinkan Anda untuk mendeteksi kelebihan beban dan inefisiensi secara proaktif dan akurat, membuat keputusan tepat untuk meningkatkan efisiensi operasional, dan terhindar dari analisa yang tidak pasti.

Salah satu tantangan dalam era industri 4.0 yang paling signifikan dan harus cepat diatasi adalah masalah distribusi listrik yang lazim dan umum. Kehandalan dan efisiensi dalam distribusi listrik ini harus bisa dilakukan dengan tepat dan efektif. Hal ini harus bisa diterapkan untuk membantu dalam pencapaian tujuan-tujuan berikut:

1. Perlindungan

Tujuan perlindungan ini adalah dengan memantau parameter listrik melalui proses pengukuran yang mencakup penggunaan daya, kualitas daya, dan status aset sehingga dari parameter listrik yang diukur ini memungkinkan untuk memukan peluang dalam menghemat energi.

Sebagai contoh dari kualitas listrik yang dipantau adalah tentang fluktuasi tegangan. Setiap fluktuasi tegangan akan sangat melemahkan fungsi keseluruhan unit dan peralatan listrik. Oleh karena itu, untuk memastikan lifetime peralatan listrik bisa terjaga, sebuah gedung atau industri idealnya harus mengadopsi teknologi IIoT dan panel pintar terbaru untuk membantu menambah fungsionalitas sistem manajemen distribusi. Setiap ketidaknormalan kualitas energi listrik yang dipakai akan terdeteksi lebih dini untuk segera diatasi sebelum merusak peralatan atau mengurangi lifetime peralatan.

2. Konektivitas

Karena terhubung melalui Ethernet, Smart Panel menggunakan bandwidth yang minimal dan memungkinkan Anda untuk memantau bangunan secara real time.

Salah satu manfaat signifikan mengadopsi teknologi IIoT dan smart panel adalah meningkatnya tingkat konektivitas. Ini akan memungkinkan gedung-gedung ataupun industri menggunakan sistem kontrol proses maju dengan relatif mudah dan akan memungkinkan seseorang untuk mengatasi tantangan industri pintar saat ini dengan efektivitas dan efisiensi yang lebih besar.

3. Tindakan

Sajian data yang lengkap dan komprehensif, serta email alert yang detil membantu Anda secara proaktif meningkatkan efisiensi operasional, efisiensi energi, keandalan, dan keamanan.

Big data analytics adalah salah satu tren utama yang menggerakkan gelombang transformasi digital, dan harus dikatakan bahwa panel cerdas dan Industrial of Things Internet akan membantu dalam pengumpulan data yang sangat penting untuk menjalankan bangunan atau sektor. Jadi, dengan menerapkan teknologi ini, orang akan dapat menganalisis data dan memahami tindakan terbaik yang dapat diambil untuk mengoptimalkan setiap inefisiensi yang mungkin mengganggu sistem kelistrikan sebuah gedung atau industri dan menghambat mereka dalam tujuan mereka mengatasi tantangan yang dihadapi dalam membentuk sebuah gedung atau industri Pintar.

Oleh karena itu, penting bagi gedung-gedung atau industri untuk mengadopsi teknologi panel pintar sesegera mungkin sehingga tantangan ini dapat diatasi dengan relatif mudah. Analisis real-time dari data ini akan sangat membantu memastikan bahwa seseorang dapat melacak status sistem kelistrikan, terlepas dari skalanya.

Mengapa Harus Smart Panel?

Smart Panel merupakan solusi sederhana berbasis koneksi Ethernet untuk mengelola distribusi daya. Solusi inovatif ini memampukan peralatan elektrik untuk berkomunikasi langsung dengan Anda. Alih-alih menghabiskan berjam-jam atau berhari-hari mengumpulkan informasi yang dibutuhkan, Anda akan menerimanya langsung secara real time. Smart Panel menyajikan data secara jelas ke komputer atau perangkat cerdas, memberikan gambaran besar sehingga Anda dapat dengan mudah melacak status sistem kelistrikan bangunan.

Berikut ini kelebihan dari smart panel dilihat dari aspek design (Desain), build (pembangunan), install (pemasangan) dan operate (pengoperasian) dengan segala keuntungan yang bisa didapatkan.

Design


Bagi para perancang sistem kelistrikan, Smart Panels menawarkan solusi yang berskalabilitas tinggi. Rancang arsitektur sistem lengkap yang fleksibel dan sesuai dengan standar untuk kebutuhan masa depan.

Keunggulan pada aspek "design" dari smart panel ini adalah :

1. Memenangkan lebih banyak proyek

Dengan Smart Panels, Anda dapat tampil menonjol diantara kompetitor lain dengan menawarkan solusi inovatif yang telah terbukti efektif meminimalkan biaya energi kepada pelanggan Anda. Semua yang mereka butuhkan untuk optimasi energi dan peningkatan efisiensi operasional tersaji dalam sebuah sistem yang terintegrasi.

2. Merancang sistem yang tahan lama dan sesuai

Smart Panel memampukan Anda untuk menghadirkan inovasi yang andal dalam arsitektur yang teruji, tervalidasi, dan terdokumentasi. Arahkan proyek dengan penuh keyakinan bahwa Smart Panels telah mengikuti standar dan sesuai dengan peraturan efisiensi distribusi dan efisiensi listrik.

3. Terciptanya sistem yang cerdas dan fleksibel

Distribusi daya kini telah berubah. Dengan Smart Panels, Anda memberikan berbagai fitur inovatif kepada para pelanggan seperti pemantauan jarak jauh dan notifikasi yang akan membantu mereka menghemat energi, serta mengelola waktu, staf, dan fasilitas mereka dengan lebih baik.

Build


Untuk kontraktor dan pembangun panel, Smart Panels menawarkan solusi plug and play yang memudahkan proses pemasangan. Selesaikan proyek sesuai anggaran dan tepat waktu dengan solusi yang cerdas, terhubung, dan dapat diandalkan.

Keunggulan dari aspek "build" penggunaan smart panel ini adalah :

1. Melakukan retrofit dengan mudah

Smart Panels dapat dimodifikasi dengan mudah di kemudian hari. Panel yang telah terpasang dapat ditambah dengan produk baru seperti sensor daya dan energi nirkabel, PowerTag™.

2. Proses commissioning cepat

Operasikan sistem manajemen energi Anda dengan segera. Berkat perangkat lunak Ecoreach™, Anda dapat mendeteksi dan menghubungkan perangkat-perangkat cerdas, mengomisikan papan sirkuit yang terhubung, dan menghasilkan laporan komprehensif sebagai bagian dari uji penerimaan pabrik dan lokasi.

3. Memberikan layanan yang lebih baik

Kami memberikan dukungan yang Anda butuhkan sehingga Anda dapat memuaskan pelanggan. Program mitra kami menawarkan berbagai tools, perangkat lunak, dukungan, dan loyalty award untuk membantu Anda mengembangkan bisnis dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan layanan pra-dan pasca penjualan berkualitas tinggi.

Install


Bagi kontraktor, installer, dan system integrator, Smart Panels memberikan solusi terhubung yang mudah untuk diintegrasikan dan dikomisikan. Segera pasang solusi inovatif yang telah terbukti meningkatkan efisiensi energi dan operasional

Keunggulan dari aspek "install" untuk smart panel ini adalah :

1. Memahami dan Menerapkan teknologi baru

Berinovasi dengan Smart Panels bukan berarti Anda harus mengorbankan stabilitas sistem atau menambahkan kompleksitas. Smart Panel menggunakan arsitektur yang teruji, tervalidasi, dan terdokumentasi. Selain itu, spesialis Schneider Electric selalu siap sedia untuk memberikan dukungan.

2. Memberikan dukungan produk yang komprehensif

Smart Panels memberikan konektivitas yang Anda butuhkan untuk mendukung sistem manajemen energi Anda dari proses pemasangan hingga pengoperasian sehari-hari. Kini Anda dapat memantau dari jauh, memberikan dukungan lebih baik saat proses commissioning, dan memberikan layanan pengelolaan fasilitas setelah pemasangan.

3. Melakukan perencanaan pemasaran dan bisnis yang efektif

Pantau aset pelanggan Anda dan tawarkan layanan perawatan, ekstensi, dan peningkatan di waktu yang tepat. Dengan Smart Panels, Anda dapat melihat kebutuhan pelanggan dan kapan mereka membutuhkannya, memberikan Anda nilai lebih sebagai mitra proaktif bagi pelanggan.

Operate


Bagi pemilik bangunan dan pengelola fasilitas, Smart Panels dapat menjadi mitra aktif dalam pengelolaan sistem kelistrikan. Minimalisir downtime, kelebihan muatan dan inefisiensi, dan ambil keputusan yang tepat guna meningkatkan efisiensi operasional.

Keunggulan dari aspek "operate" penggunaan smart panel ini adalah :

1. Meningkatkan keamanan dan keandalan

Smart Panel membantu Anda menghindari downtime melalui pesan peringatan jarak jauh. Kelola aset distribusi listrik Anda di lokasi yang berbeda. Pantau informasi energi, serta kondisi fisik peralatan, termasuk trip status, hitungan siklus, dan indikator keausan.

2. Mengurangi biaya perawatan

Selalu selangkah lebih maju dalam menghadapi masalah pada peralatan. Smart Panel membantu Anda dengan memberikan berbagai pesan peringatan yang berguna untuk perawatan agar fasilitas Anda tetap berjalan dengan efisien. Kelola fasilitas Anda secara proaktif dan hindari berbagai gangguan atau kegagalan peralatan.

3. Meningkatkan efisiensi

Bagaimana Anda dapat menghemat energi lebih jauh? Smart Panels memiliki jawabannya. Dengan Smart Panels, Anda memperoleh gambaran menyeluruh tentang penggunaan daya fasilitas Anda. Data-data yang menunjukkan peluang untuk penghematan energi akan ditampilkan secara jelas pada dashboard sistem.

Selain dari keunggulan yang dijelaskan diatas, terdapat juga keunggulan lain dari smart panel ini diantaranya adalah :

1. Ethernet-ready

Arsitektur Ethernet Smart Panels meringankan kendala bandwidth dan memungkinkan Anda untuk memantau bangunan secara real time. Dengan menggunakan circuit breaker Schneider Electric dengan komponen Enerlin'X, Smart Panels mengirimkan data langsung ke komputer atau perangkat cerdas Anda.

2. Fleksibel dan terukur

Smart Panels dapat dihubungkan ke circuit breaker Schneider Electric dengan Micrologic trip unit dari 20 A sampai 6.000 A. Perangkat-perangkat tersebut juga dapat terukur dengan mudah - Smart Panels dapat memantau dan mengendalikan sebuah breaker maupun seluruh sistem distribusi listrik tegangan rendah..

3. Notifikasi via Email

Modul komunikasi Smart Panel - termasuk IFE, SmartLink, dan Com'X - telah diprogram dengan email alert yang bermanfaat. Cukup aktifkan peringatan yang Anda inginkan, lalu masukan alamat email pengiriman. Saat peringatan terpicu, sebuah email akan terkirim dengan informasi detil yang diperlukan sehingga Anda dapat mengambil tindakan yang tepat.

4. Pemantauan jarak jauh

Smart Panel memungkinkan Anda mengelola aset distribusi listrik di manapun, baik itu di sepanjang area operasi ataupun di seluruh dunia. Pantau informasi energi serta kondisi fisik peralatan termasuk trip status, hitungan siklus, dan indikator keausan.

Demikianlah artikel singkat tentang panel listrik era industri 4.0 yang menyadarkan kita untuk berkembang memenuhi tuntutan zaman salah satunya adalah dengan mulai mempelajari dan mengaplikasikan panel listrik pintar atau smart panel untuk mendapatkanefisiensi listrik dan keuntungan lainnya yang lebih besar. Semoga menjadi motivasi dan manfaat tersendiri untuk para pembaca.

Wassalam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel