Cara Pasang Stop Kontak Mudah untuk Pemula

Akan ada kalanya di rumah anda membutuhkan stop kontak tambahan atau ingin mengganti stop kontak yang sudah ada karena lubangnya longgar atau sering panas, atau bahkan anda ingin mengganti stop kontak anda karena sudah tidak bisa dipakai karena tidak ada setrumnya. Memasang stop kontak itu mudah jika anda tahu prinsip dari instalasi pemasangan stop kontak listrik. Anda juga tentunya harus tahu ketika akan melakukan penjggantian stop kontak, analisa terlebih dulu apakah stop kontaknya yang rusak atau instalasinya yang gagal.

Cara pasang kabel stop kontak jelas berbeda prinsipnya dengan cara pasang saklar. Jika anda seorang yang awam tentang peralatan listrik, anda jangan sampai keliru antara stop kontak dengan saklar, karena merupakan 2 barang yang berbeda. Saya sering menerima pertanyaan tentang cara pasang stop kontak 2 lampu, mungkin ini adalah maksudnya cara pasang saklar 2 lampu yang saya akan bahas juga di blog ini pada artikel yang berbeda.

Stop kontak
Stop kontak

Gambar diatas adalah penampakan dari stop kontak yang pastinya sudah familiar dirumah kita. Ada banyak bentuk, jenis ataupun merk dari stop kontak ini tetapi pada dasarnya untuk pemakaian yang populer di indonesia, stop kontak yang digunakan adalah stop kontak dengan 2 lubang dan panduan pemasangan kabel pada stop kontak tersebut pada prinsipnya adalah sama.

Pada artikel ini saya akan menjelaskan 2 teknik pemasangan stop kontak yaitu cara memasang stop kontak dengan kabel 2 dan cara memasang colokan listrik 3 kabel. Colokan listrik maksudnya stop kontak ya dalam bahasa awam, he..

Sebelum menjelaskan bagaimana cara memasang stop kontak listrik ini, anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana konstruksi dari stop kontak ini sehingga langkah instalasi cara memasang unit stopkontak ini tidak keliru dan bisa dipahami dengan jelas.


Konstruksi stop kontak diatas adalah konstruksi secara umum, untuk merek stop kontak tertentu seperti stop kontak Broco, skrup untuk memasang kabel fasa dan kabel netral sudah diganti dengan fasilitas pin tekan yang tentunya lebih praktis dalam proses pemasangannya.


1. Cara Pasang Stop Kontak 2 kabel

Pada cara ini anda akan memasang stop kontak dengan 2 kabel. Jumlah 2 kabel adalah jumlah paling minimal dalam instalasi stop kontak ini. 2 kabel ini sudah dapat dipastikan peruntukannya yaitu untuk penghantar fasa dan penghantar netral.

cara pasang stop kontak 2 kabel
cara pasang stop kontak 2 kabel

2. Cara Pasang Stop Kontak 3 kabel

Pada cara ini anda akan memasang stop kontak dengan 3 kabel. Sama halnya dengan pemasangan stop kontak 2 kabel, perbedaan pada pemasangan stop kontak 3 kabel ini adalah adanya kabel ketiga yang berfungsi dan diinstalasikan sebagai ground atau arde atau pembumian.

Dilihat dari aspek proteksi kelistrikan, cara pasang stop kontak 3 kabel ini tentu lebih baik dibanding 2 kabel karena memiliki fasilitas kabel ground yang berfungsi sebagai proteksi bahaya tegangan sentuh tak langsung dimana jika terjadi arus bocor pada peralatan listrik akan dialirkan ke tanah sehingga aman bagi user peralatan listrik tersebut saat terjadi sentuhan tak langsung.

cara pasang stop kontak 2 kabel
cara pasang stop kontak 2 kabel

3. Cara Pasang Stop Kontak 4 kabel

Loh... memang ada ya cara pasang stop kontak 4 kabel? jawabannya adalah tidak ada !!! Kenapa ada sub judul ini? Pada sub judul ini saya hanya akan menjelaskan kondisi aktual yang mungkin terjadi pada bobokan stop kontak dengan kabel dan jalur yang sudah tersedia, sangat memungkinkan terdapat 4 kabel pada bobokan stop kontak tersebut, jika stop kontak tersebut berdampingan dengan saklar tunggal atau saklar ganda.

Pada bab ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat jumper saklar ke stop kontak atau sebaliknya, sehingga cara memasang saklar untuk 2 lampu pun akan terulas sekilas pada bahasan ini.

instalasi stop kontak+saklar
instalasi stop kontak+saklar
Gambar diatas merupakan pemasangan gabungan antara stop kontak dan saklar. Untuk pemasangan yang lokasinya saklar dan stop kontaknya berdekatan atau berhimpitan pada umumnya akan menggunakan 1 pipa instalasi saja seperti gambar diatas.

Fasa input dari saklar bisa langsung dilakukan jumper dari stop kontak. Jangan sampai tertukar ya, jumper yang menuju saklar harus dipastikan penghantar fasa saja. Anda bisa melakukan pengetesan dengan tespen untuk hal ini. Output dari saklar ganda langsung menuju 2 lampu yang diinginkan sehingga kontrol on dan off dari 2 lampu tersebut dikendalikan lewat saklar ganda diatas.

Demikian artikel singkat yang menjelaskan tentang cara pasang stop kontak dinding (inbow) ataupun outbow yang sama saja teknik instalasinya, jika anda paham dengan instalasi dasar stop kontak ini anda juga akan dengan mudah bisa pengembangan instalasi lain yang berhubungan dengan stop kontak, misalnya membuat sendiri panjangan stop kontak listrik, mengganti stop kontak lama yang sudah fong, dan lain sebagainya.

Terimakasih atas perhatiannya, pertanyaan, masukan dan sara silahkan meninggalkan jejak pada kolom komentar.

Wassalam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Pasang Stop Kontak Mudah untuk Pemula"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel