Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

AvatarOn, Saklar Lampu untuk Ruangan Anda yang Indah & Memorable

Apa yang terbersit di benak anda ketika mendengar istilah "Avatar". Anda mungkin akan mengingat tentang sebuah film fiksi ilmiah petualangan karya James Cameron tahun 2009 yang sempat booming tahun itu khan? Sehingga dari hal ini saya bisa menyimpulkan bahwa istilah "avatar" dibenak kita adalah tentang sebuah objek pengganti yang mencerminkan representasi dari diri kita, baik itu dari sisi selera, hobi, sifat atau apapun yang mencerminkan bahwa objek tersebut itu ya kita banget.

Berdasarkan hal tersebut, bukan berarti saya akan membahas tentang film avatar ya, tetapi yang akan saya bahas pada artikel ini adalah sebuah produk listrik yang saya kira dari sisi nama, fungsi serta tujuan pembuatannya adalah mengadopsi pada istilah avatar yang saya uraikan sebelumnya. Nama produknya adalah AvatarOn Switch atau Saklar lampu AvatarOn produk inovatif dari Schneider Electric.

Anda tentunya tahu tentang apa itu saklar? Komponen ini merupakan komponen wajib yang ada disetiap rumah yang berfungsi sebagai media penyambung dan pemutus aliran listrik menuju lampu. Tapi apakah bisa selain fungsi kelistrikan saklar juga difungsikan untuk memperkaya unsur estetika sebuah desain interior ruangan? Bahkan bisa beradaptasi secara fleksibel mengikuti desain interior ruangan? Jawabannya saya bahas tuntas di artikel ini.

Saklar Lampu AvatarOn

Pada tahun 2017, AvatarOn memperoleh pengakuan internasional atas desain inovatif dan keunggulan kualitasnya dan dianugerahi iF Design Award yaitu salah satu penghargaan desain industri paling berwibawa dan terkemuka di dunia. Tak heran jika saklar ini sangat direkomendasikan bagi para desainer room interior atau bagi anda penghuni rumah yang sangat peduli dengan keindahan ruangan secara visual. Tidak hanya itu, saklar lampu AvatarOn ini juga mengakomodir keinginan anda secara fleksibel mengikuti perubahan desain interior yang dinamis dengan tampilan saklar yang tetap stylish dan fashionable. 

Anda bosan dengan interior ruangan yang ada saat ini dan ingin ganti suasana? saklar AvatarOn bisa menyesuaikan dengan keinginan anda tanpa harus repot - repot merubah instalasi kelistrikan saklar, tinggal klik tombol khusus dibawah cover saklar, cabut cover saklar dan ganti dengan cover saklar yang sesuai selera anda.

AvatarOn Switch
Saklar Lampu AvatarOn

Dari gambar diatas anda seharusnya sudah bisa menebak kenapa saklar lampu ini dinamakan AvatarOn. Yup, betul... tampilan cover depan saklar tersebut bisa anda buat sesuai keinginan atau selera anda. Display cover depan saklar seolah menjadi canvas yang siap menerima goresan - goresan cerita anda dan keluarga. Anda bisa mengabadikan momen berharga bersama lewat gambar dokumentasi keluarga yang tak ternilai harganya dan tentunya sangat memorable.

Dengan tren desain yang terus berkembang, dekorasi rumah pun menuntut berubah dari waktu ke waktu. Desain snap-on pada AvatarOn inilah yang memberikan kemudahan dan fleksibilitas pengguna untuk mempersonalisasi saklar mereka dimana cara untuk melepas dan mengganti penutup saklar cukup dengan satu tangan saja, semudah mengganti casing ponsel. Klik lepas - pasang klik, dan nikmati suasana baru ruangan anda.

Snap-On cover  AvatarOn
Snap-On cover  AvatarOn

Desain tak tertandingi dan permukaan mengkilap unik dari cover depan atau pelat muka AvatarOn berfungsi sebagai kanvas yang sempurna untuk kustomisasi gambar desain favorit atau foto dokumentasi berharga yang bisa anda lakukan desainnya sendiri dan mengintegrasikannya dengan mudah ke dalam dekorasi rumah Anda. Produk dan print out desain yang menempel pada cover depan AvatarOn ini dilakukan dengan teknologi canggih dan hasil memuaskan. Untuk mendapatkan hal ini anda bisa melakukan preorder di online shop Schneider Electric resmi Indonesia yang terdapat di Tokopedia. Untuk produk saklar AvatarOn ini terdapat berbagai jenis saklar yang variatif yaitu saklar tunggal, seri 2 gang / 3 gang, momentary dan jenis lainnya. Silahkan chat dengan customer service untuk bertanya-tanya. 

Tokopedia Schneider Electric

Desain AvatarOn yang inovatif ini adalah perpaduan sejati antara estetika dan kepraktisan, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk semua desain rumah atau kantor. Saklar ini halus seperti cermin dan dipasangkan dengan kotak dasar standar Tipe 86 agar pas dengan dinding. Selain itu, saklar revolusioner dapat dilengkapi dengan berbagai macam penutup yang dapat disesuaikan, memberikan AvatarOn fleksibilitas untuk diintegrasikan dengan mudah ke dalam gaya dekorasi apa pun, memenuhi semua kebutuhan estetika. Maka sudah sepantasnya jika AvatarOn ini dianggap sebagai kombinasi sempurna antara bentuk dan fungsi.

Terdapat  pula teknologi SS "Slim Rocker, Sure Click" dari schneider yang sudah dipatenkan pada desain saklar  ini yang tidak hanya memberikan AvatarOn bentuk slim yang optimal secara keseluruhan, tetapi juga jitter kontak mendekati nol yang mengurangi percikan api, sehingga memastikan penggunaan yang aman dan andal. 

SS Mechanism AvatarOn
SS Mechanism AvatarOn

Dari gambar diatas bisa terdeskripsikan bagaimana estetika dari teknologi SS Mechanism AvatarOn yang desainnya bisa mengoptimalisasi bentuk slim tonjolan kontak sampai 50% dibandingkan dengan saklar konvensional yang ada selama ini.

Satu lagi fitur dari AvatarOn yang sayang jika dilewatkan yaitu soft LED locators. Fitur ini berfungsi memberikan informasi letak saklar saat ruangan gelap dengan  memberikan tanda cahaya yang lembut pada LED di body saklar. Cahaya ini hanya terlihat ketika ruangan gelap saat saklar lampu kondisi Off serta cahaya LED yang dipancarkan cukup lembut dan tidak menyilaukan atau mengganggu mata sehingga menambah unsur fungsi dan estetika dari saklar. Fitur ini bisa anda pakai ataupun tidak menyesuaikan keinginan dan kondisi tarikan kabel pada saklar yang akan saya jelaskan berikut ini.

Soft LED locators AvatarOn
Soft LED locators AvatarOn

Rekomendasi tarikan kabel instalasi saklar yang visioner

Berkembangnya zaman yang begitu cepat apalagi di era industri 4.0 tentunya juga akan berdampak pada teknologi penerangan yang ada di rumah. Konsep smart home harus mulai anda persiapkan ketika anda membangun rumah dan memasang instalasi rumah.

Dahulu, di dunia perinstalasian penerangan, adalah sebuah hal yang tabu ketika melakukan penarikan kabel menuju instalasi saklar dengan mengikutsertakan kabel netral. Kenapa? karena potensi human error saat melakukan servis pada instalasi saklar dengan tarikan kabel mengikutsertakan kabel netral akan sangat mungkin terjadi yang namanya short circuit yaitu gangguan hubung singkat karena bertemunya polaritas phasa terhadap netral pada saklar. Ini sangat membahayakan!!!

Tetapi, saat ini dijaman modern dan teknologi makin maju, saya merekomendasikan penarikan kabel yang disebut tabu diatas justru harus dilakukan sejak awal. Saya sendiri saat ini mengalami kendala kesulitan dan butuh effort yang tinggi saat melakukan penarikan 1 jalur baru kabel netral menuju box saklar existing untuk keperluan tertentu. Anda mungkin bertanya untuk keperluan apa kabel netral tersebut ada di box saklar?

Inilah yang saya namakan tarikan kabel instalasi saklar yang visioner. Mau tidak mau dengan perkembangan zaman yang begitu cepat orang akan perlahan bermigrasi pada konsep smart home. Pada perangkat smart home sebuah saklar, keberadaan netral akan dibutuhkan terinstalasi bahkan sifatnya wajib ada pada saklar yang berguna sebagai tegangan kerja komponen wifi pada saklar tersebut sebagai syarat aktivasi konsep pengendalian jarak jauh dengan teknologi IoT (Internet of Things). Mudah-mudahan saya bisa membahas detail konsep-konsep smart home ini di artikel mendatang.

Nah, untuk konsep smart home yang paling sederhana seperti aplikasi saklar lampu AvatarOn yang smart dari sisi desain visual, ternyata membutuhkan juga kabel netral untuk akses terpenuhinya tegangan kerja soft LED Locators saklar tersebut.

Jadi, penarikan kabel instalasi saklar yang visioner versi blog ini adalah melibatkan kabel netral tetapi harus diingat bahwa pelaku instalasi pada aplikasi ini  wajib mengikuti standar SNI yang berlaku diantaranya adalah kabel netral harus berwarna biru. Pengendalian lainnya selain aspek warna adalah labeling dan tutup ujung kabel dengan isolasi saat kabel netral tersebut belum digunakan dan tetap nongkrong di box saklar. Inilah pengendalian resiko yang bisa mengurangi faktor human error yang disebutkan diatas.

Demikian artikel  tentang saklar AvatarOn dengan inovasi dan segala kelebihannya, semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda, saran dan masukan silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.

Wassalam.

Posting Komentar untuk "AvatarOn, Saklar Lampu untuk Ruangan Anda yang Indah & Memorable"