Stop kontak dan Cara Instalasinya - LISTRIK PRAKTIS BLOGS

Stop kontak dan Cara Instalasinya

...

Stop kontak dan Cara Instalasinya

Stop kontak adalah komponen peralatan listrik yang menjadi media tempat mengambil sumber listrik dengan perantara stecker atau istilah stecker untuk orang awam lebih populer sebagai colokan listrik. Untuk memasang instalasi stop kontak tidak sesulit yang anda bayangkan, sangat mudah sekali bahkananda sendiri mungkin bisa melakukannya sendiri tanpa kesulitan. Lihat gambar dibawah terdapat 2 lubang dalam stop kontak, menandakan 1 lubang untuk fasa / setrum, dan 1 lubang lagi untuk netral. Adapun 1 pasang kuningan yang nongol di sisi lingkaran stop kontak nanti akan disambungkan dengan kabel ground. Maksud pemasangan kabel ground adalah sebagai pelindung jika stop kontak tersebut disambungkan dengan beban yang memiliki body logam, saat terjadi arus bocor ke body beban tersebut, maka yang memegang body beban tersebut akan aman tidak kesetrum karena arus bocor ke body tersebut akan dialirkan langsung ke tanah melalui kabel ground.
stop kontak
stop kontak

Mungkin dirumah anda pernah terjadi stop kontak yang terpasang sudah tidak bisa dipakai karena mati atau tidak bertegangan lagi, atau stop kontak dirumah anda lubangnya sudah longgar dan melebar karena gosong, dan hal ini bisa mengancam keselamatan anda atau peralatan elektronik anda bahkan bisa menyebabkan kebakaran karena pada stop kontak yang longgar akan terjadi panas yang berasal dari loncatan arus yang kontinyu. Artikel ini diharapkan bagi pembaca bisa melakukan penggantian stop kontak atau memperbaiki stop kontak yang tidak bertegangan. Jika pembaca ingin melakukan penambahan instalasi stop kontak yang baru sebaiknya baca artikel " memasang instalasi tambahan di rumah tinggal "

Langsung saja berikut saya sampaikan tutorial tentang Cara Memasang Sendiri Instalasi Listrik Stop kontak, agar pembaca tidak bingung, saya andaikan kasus yang dibahas adalah penggantian stop kontak yang sudah rusak


Peralatan dan bahan yang diperlukan :


- Stop kontak baru

- Obeng plus dan Tespen

 

Cara memasang instalasi :


1. Pastikan instalasi sumber tempat pemasangan instalasi stop kontak sudah aman tidak bertegangan, bisa dilakukan dengan cara meng off kan MCB utama di kwh meter, serta pastikan bahwa instalasi tersebut sudah aman dengan menggunakan tespen

2. Bongkar stop kontak yang sudah rusak dengan cara membuka body luar stop kontak memakai obeng plus kemudian membuka body dalam dan mencabut kabel yang sebelumnya terpasang di stop kontak tersebut. Jika stop kontak itu berdiri sendiri / tidak berdampingan dengan saklar, anda akan menemukan 3 kabel yang menandakan 1 kabel adalah ground dan 2 lainnya adalah fasa dan netral. Jika yang anda temukan 2 buah kabel berarti itu adalah kabel fasa dan netral saja tanpa ground.


3. Persiapkan stop kontak baru dan pasanglah, lihat gambar dibawah ini :


bagian dalam stop kontak
bagian dalam stop kontak

Ket : a = skrup untuk memasang kabel fasa / setrum
        b = skrup untuk memasang kabel netral
        c = skrup untuk memasang kabel ground
        d = 2 skrup untuk mengencangkan body dalam saklar dengan tembok

pasang dan kencangkan skrup - skrup tersebut memakai obeng plus. Secara umum untuk pewarnaan kabel, kabel biru untuk netral, kabel hitam / merah untuk fasa, kabel hijau atau kuning atau hijau setrip kuning untuk grounding. untuk pemasangan kabel fasa dan netral tiap lubang masing - masing boleh terbalik karena listrik yang kita instalasi adalah listrik arus bolak - balik ( Alternating Current / AC ), artinya tidak akan menyebabkan kesalahan apapun ketika terhubung dengan beban listrik selama instalasinya sudah benar, tapi jika anda ingin menstandarkan posisi fase terhadap netral, alangkah baiknya buat standar umum bahwa letak lubang fase selalu disebelah kiri.

4. Pastikan anda sudah memasang semua instalasi kabel dengan benar, jangan sampai ada kabel yang terpasang disekrup masih longgar, harus kencang untuk menghindari loncatan arus yang menyebabkan over heating atau panas yang bisa membakar body luar stop kontak dan isolasi kabelnya.

5. Jika poin 4 sudah Ok, pasang kembali tutup body stop kontak luar

6. hidupkan kembali MCB utama di KWH meter, tes lubang stop kontak memakai tespen,pastikan hanya satu lubang yang bertegangan dengan indikasi lampu tespen menyala, lubang lainnya netral tidak bertegangan.

7. Selesai, anda sudah bisa mengerjakan instalasi stop kontak sendiri.


sangat direkomendasikan agar dalam pekerjaan instalasi selalu memperhatikan 5 langkah keselamatan kerja kelistrikan serta didampingi oleh orang yang berkompeten.


Demikianlah artikel yang membahas tentang stop kontak dan cara instalasinya, semoga bermanfaat, baca juga tentang cara memasang sendiri instalasi saklar.

Saran, masukan ataupun koreksi silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar. 

Wassalam.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, atau ketikan email anda pada kotak yang disediakan kemudian klik tombol "Subscribe" Jangan lupa cek email untuk verifikasi. Nama email anda kami rahasiakan. GRATISSS!!!
loading...

0 Komentar untuk "Stop kontak dan Cara Instalasinya"

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Back To Top