Modifikasi Instalasi Kontrol Level Tandon Air Agar Kontak Tidak Cepat Rusak - LISTRIK PRAKTIS BLOGS

Modifikasi Instalasi Kontrol Level Tandon Air Agar Kontak Tidak Cepat Rusak

...

Modifikasi Instalasi Kontrol Level Tandon Air Agar Kontak Tidak Cepat Rusak

Pada kesempatan yang lalu saya pernah posting artikel  tentang Instalasi Kontrol Level Tangki Air di Rumah, dengan instalasi yang sangat sederhana dan umum digunakan, bahkan sangat relevan dengan tutorial dimanual alatnya. Ternyata didalam prakteknya saya banyak menemukan keluhan bahwa kontrol level air tangki yang
mereka pasang switch kontrolnya sering rusak karena meleleh. Dalam artikel kali ini saya mencoba menganalisa penyebab dan solusinya sehingga perlu diadakan modifikasi instalasi level air tangki agar tidak cepat rusak / meleleh

Switch control level tangki air
Switch control level tangki air

Gambar diatas adalah gambar switch control level air yang kontak dalamnya sering rusak atau meleleh.


Penyebab Switch Control rusak / meleleh


Lihat kembali gambar dibawah ini :

Ilustrasi On/Off switch control mengikuti pemberat / sinker
Ilustrasi On/Off switch control mengikuti pemberat / sinker

Ada aktifitas Switch kontrol ( no.1 ) saat On mengalirkan arus ke motor dan saat Off memutus arus dari motor. Besarnya arus ke motor sebenarnya tidak terlalu bermasalah karena masih dalam kemampuan spesifikasi dari alat switch control tersebut, tetapi yang menjadi masalah nantinya adalah kecepatan kontak switch control tersebut dalam melepas atau menghubungkan arus listrik ke motor. saat sekian mili meter proses kontak menghubungkan arus atau melepas arus, akan ada ruang kecil sepersekian detik yang menyebabkan loncatan arus yang bisa disamakan dengan loncatan bunga api yang berdampak panas terhadap material kontak. Dalam jangka waktu yang panjang dan kontak sering bekerja karena On/Off pompa maka kejadian Switch control kontaknya rusak atau lumer sangatlah masuk akal. Hal ini sangat mudah untuk dihindari jika pengguna melakukan modifikasi instalasi level air tangki.

Modifikasi instalasi kontrol level tandon air



Berikut ini saya coba paparkan bagaimana modofikasi instalasi yang harus dilakukan untuk menghindari control switch kontaknya tidak cepat rusak atau meleleh. Untuk langkah urutan lengkap langkah instalasi saya anggap pembaca sudah mengerti.

Pada modifikasi instalasi ini anda harus menyiapkan komponen tambahan yaitu kontaktor 220 V, pemilihan untuk kapasitas arus bisa anda sesuaikan dengan nameplate pompa anda. Harga kontaktor sekitar 170 s/d 200 ribu, kurang lebih. Dan harga itu menurut saya cukup murah untuk kelangsungan instalasi anda tetap awet dalam jangka waktu yang lama dibandingkan anda harus gonta ganti switch kontrol karena meleleh.

Modifikasi instalasi switch control level air tangki
Modifikasi instalasi switch control level air tangki

Gambar diatas adalah ilustrasi dari modifikasi instalasi yang harus anda lakukan. Mari kita bahas sekilas tentang modifikasi instalasi tersebut. Disini saya lebih memilih kontaktor daripada relay, karena menurut saya kecepatan memutus dan menghubungkan beban di kontaktor lebih cepat sehingga kehandalannya terjamin, sedangkan penggunaan relay saya khawatir kecepatan responnya tidak jauh beda dengan control switch level di tangki yang nantinya bukan jadi solusi hanya terkesan memindahkan dampak saja untuk kerusakan kontak di switch level berpindah ke relai yang dipasang. Tetapi jika anda mau mencoba memilih relay silahkan saja.

Kontaktor yang anda siapkan memiliki 3 pasang terminal kontak yaitu 1-2; 3-4; 5-6 yang merupakan terminal kontak normaly open (NO) dan terminal A1-A2 yang merupakan terminal coil kontaktor. Terminal kontak yang kita perlukan hanya sepasang saja yaitu terminal 1-2 yang lain bisa anda jadikan spare dikemudian hari. Terminal kontak NO tersebut pada posisi coil tidak mendapat tegangan maka kontak tersebut posisi open, sedangkan jika coil kontaktor mendapat tegangan maka kontak tersebut akan berubah kondisi dari open menjadi close dan mengalirkan arus ke motor pompa sehingga pompa bekerja. Yang kita kendalikan sekarang adalah kontrol coil kontaktor, kapan dia harus mendapat tegangan dan kapan tidak mendapat tegangan sehingga secara tidak langsung kita mengendalikan operasi pompa. Coil kontaktor mendapat tegangan dari switch control yang kita pasang di tangki dan daya dari coil kontaktor ini sangat kecil sekali dengan konsumsi arus skala mili amper sehingga switch control yang menjadi media mengalirnya arus proses on/off tidak terkendala lagi dengan loncatan arus imbas dari operasi motor. Karena inilah switch control anda yang terpasang di tangki terjamin keawetannya selama instalasi yang anda lakukan sesuai dengan petunjuk yang saya berikan.

Lalu bagaimana dengan kontak NO dari kontaktor yang jadi media mengalirnya arus ke motor? apakah akan cepat meleleh juga? pertanyaan ini bisa muncul dibenak anda sehingga modifikasi yang anda lakukan akan terlihat percuma jika ini terjadi, bahkan harga kontaktor jika rusak atau meleleh untuk menggantinya lebih mahal dari switch control level. Dalam kasus ini anda tak perlu khawatir. Proses kontak on/off dari kontaktor ini tidak bisa disamakan dengan switch control level. Salah satu perbedaannya adalah kecepatan kontak merubah posisi On menjadi Off atau sebaliknya. Pada kontaktor perubahan posisi kontak tersebut lebih cepat dibandingkan swith control level karena menggunakan sistem magnetik. Kecepatan ini tentu saja berpengaruh terhadap delay loncatan bunga api yang dihasilkan yang mempengaruhi material sehingga kontak dari kontaktor akan lebih bertahan lama dari pengaruh loncatan arus tersebut.

Demikian artikel tentang modifikasi instalasi kontrol level tandon air agar kontak tidak cepat rusak, semoga menjadi solusi bagi anda yang mempunyai masalah ini. Saran, masukan ataupun koreksi silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.

sangat direkomendasikan agar dalam pekerjaan instalasi selalu memperhatikan 5 langkah keselamatan kerja kelistrikan serta didampingi oleh orang yang berkompeten.


Wassalam.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, atau ketikan email anda pada kotak yang disediakan kemudian klik tombol "Subscribe" Jangan lupa cek email untuk verifikasi. Nama email anda kami rahasiakan. GRATISSS!!!
loading...

0 Komentar untuk "Modifikasi Instalasi Kontrol Level Tandon Air Agar Kontak Tidak Cepat Rusak"

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Back To Top