Cara Instalasi Listrik Saklar Impuls

Sudah banyak aplikasi tentang pengendalian satu beban listrik misalnya lampu yang dikendalikan dari banyak tempat, diantaranya adalah aplikasi dengan menggunakan saklar hotel / saklar tukar untuk pengendalian satu lampu dari 2 tempat, saklar silang untuk pengendalian lampu dari banyak tempat, saklar staircase untuk
pengendalian lampu dari banyak tempat dengan operasi off secara otomatis, dan mungkin masih banyak lagi.
Pada artikel ini saya akan membahas aplikasi yang lain dengan fungsi yang sama yaitu mengendalikan lampu dari banyak tempat yaitu dengan menggunakan komponen listrik yang bernama "saklar impuls". Namanya mungkin tidak populer di dunia kelistrikan awam, tapi fungsinya luar biasa bisa menggantikan peran saklar hotel / saklar tukar ataupun saklar silang. Yuk... mari kita bahas bagaimana cara instalasi listrik saklar impuls.

Prinsip Kerja Saklar Impuls


Saklar impuls adalah saklar yang bekerja dengan menggunakan prinsip elektro magnetis. Saklar ini mempunya dua bagian komponen penting dimana kerja salah satu komponen dipengaruhi komponen lainnya. Bagian pertama dari komponen tersebut adalah coil dengan spesifikasi tegangan tertentu, dan bagian berikutnya adalah kontak dengan spesifikasi arus tertentu.

Bagian komponen kontak hanya akan berubah kondisi jika bagian komponen coil mendapatkan tegangan sesuai tegangan kerjanya. Saat coil mendapatkan tegangan maka kontak akan berubah kondisi dari On ke Off atau sebaliknya dan mengunci. Untuk merubah kondisi On/Off kontak ke posisi sebelumnya maka bagian coil harus diberi tegangan kembali. Jadi perubahan kontak pada saklar ini terjadi jika coil mendapatkan siklus satu kali menerima tegangan meskipun tegangan tersebut sifatnya sesaat atau sebatas tegangan "impuls" sudah cukup untuk merubah kondisi kontak dari posisi sebelumnya. Mungkin karena sebab inilah dinamakan saklar impuls. Untuk merubah kontak ke posisi semula, bisa dilakukan dengan hal yang sama yaitu memberikan kembali tegangan pada coil saklar impuls tersebut meskipun sesaat. Begitulah prinsip kerjanya...

Bentuk saklar impuls ini mirip dengan komponen MCB tetapi prinsip kerjanya jauh berbeda.  Bagian coil dari saklar impuls ini mempunyai 2 terminal yaitu Line / phasa dan netral. Sedangkan bagian kontak saklar impuls juga mempunyai 2 terminal input ( biasanya disimbulkan dengan angka 1) dan terminal output (biasanya disimbolkan dengan angka 2), pemasangan terbalik tidak masalah.

Push Button sebagai Penunjang Kerja Saklar Impuls


Dengan Memahami prinsip kerja saklar impuls diatas, maka dapat disimpulkan bahwa kerja saklar impuls tidak bisa berdiri sendiri. Butuh komponen lain sebagai perantara mengirimkan tegangan meskipun hanya tegangan sesaat. Komponen yang cocok melakukan tugas ini tidak lain adalah push button dengan spesifikasi normaly open. Push button normaly open artinya dalam keadaan tidak dioperasikan push button ini seperti switch terbuka, dan ketika dioperasikan atau ditekan maka push button ini berubah kondisi menjadi switch tertutup.

Bagi anda yang masih bingung dengan apa itu  push button, bagaimana bentuknya, dan lain-lain,  saya coba untuk berikan sedikit ilustrasi. Bentuk push button ini seperti saklar tunggal biasa tetapi ketika dioperasikan / ditekan dan dilepas akan kembali ke posisi semula. Beda halnya dengan saklar biasa ketika dioperasikan / ditekan dan dilepas maka saklar tersebut berubah kondisi dan tidak kembali ke posisi semula kecuali ditekan kembali. Jadi [pushbutton ini hanya berubah kondisi sesaat selama kontaknya ditekan dari luar tanpa dilepas. Bentuk push button ini juga ada yang berbentuk hanya sebatas tombol tekan saja. Jika masih bingung dengan ilustrasi tersebut maka anda mungkin bisa membayangkan rumah yang memasang tombol untuk bel di pintu rumahnya. Tombol itulah yang namanya push button. Dipasaran push button ini mempunyai beragam bentuk tetapi prinsip kerjanya tetap sama.


Instalasi Saklar Impuls


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa saklar impuls bekerja dengan komponen penunjang push button, maka saya akan menjelaskan tentang instalasi saklar impuls dan push button tersebut dalam 2 diagram instalasi yaitu diagram lokasi dan wiring diagram atau diagram pengawatan.

Bentuk dan simbol saklar impuls dan push button
Bentuk dan simbol saklar impuls dan push button


A. Diagram Lokasi Saklar Impuls


Penjelasan tentang diagram lokasi mungkin anda bisa baca di artikel saya sebelumnya, berikut langsung saya akan menjelaskan diagram lokasi saklar impuls dengan contoh pengendalian 1 lampu dari 4 tempat. Jika anda menghendaki pengendalian ditempat yang lebih banyak lagi anda tinggal menambah komponen push button saja yang bisa ditempatkan sesuai dengan lokasi baru yang anda inginkan.

diagram lokasi saklar impuls & push button
Diagram lokasi saklar impuls & push button

Pada diagram lokasi diatas terlihat ada 4 buah push button dan satu buah lampu serta satu buah saklar impuls. Jika diagram lokasi diatas diaplikasikan pada lampu penerangan aula yang dikendalika dari 4 tempat, maka letak push button diletakan di masing masing pintu masuk/keluar aula tersebut sehingga akses penerangan aula tersebut menjadi mudah. Adapun letak dari saklar impuls diatas tidak perlu terlihat, biasanya diletakkan pada panel tertentu.
 
Angka 2 dan 4 pada diagram satu garis dari diagram lokasi hanya menjelaskan tentang jumlah kabel dalam pipa instalasi jika garis pada diagram lokasi tersebut adalah representasi dari sebuah pipa instalasi.

B. Wiring Diagram Saklar Impuls


Penjelasan tentang apa itu wiring diagram saya juga sudah menjelaskan diartikel sebelumnya, berikut langsung saya akan menjelaskan wiring diagram atau diagram pengawatan dari saklar impuls dengan contoh pengendalian 1 lampu dari 4 tempat. Jika anda menghendaki pengendalian ditempat yang lebih banyak lagi anda tinggal menambah komponen push button saja diinstalasi paralel dengan push button lainnya dan push button tambahan tersebut bisa ditempatkan sesuai dengan lokasi baru yang anda inginkan.


wiring diagram saklar impuls
wiring diagram saklar impuls

Dari wiring diagram diatas anda bisa mencoba menganalisa jalur pengawatannya, sehingga bisa diambil kesimpulan bagaimana satu lampu tersebut bisa dikendalikan dari 4 push button di tempat yang berbeda-beda. Warna jalur sengaja saya beri warna berbeda untuk phasa agar mudah menganalisa, sedangkan untuk jalur netral adalah garis putus-putus berwarna biru.

Lihat kembali wiring diagram diatas, pada dasarnya keempat push button tersebut hanyalah bertugas sebagai kontak penyambung tegangan ke coil dari saklar impuls. Jika coil saklar tersebut sudah mendapat tegangan dari perantara push button mana saja, maka kontak dari saklar impuls tersebut akan berubah kondisi. Kontak inilah yang mempengaruhi kerja dari lampu yang dikendalikan. Jika kontak pada saklar impuls terbuka maka lampu mati, dan lampu akan menyala jika salah satu push button ditekan / dioperasikan. Sebaliknya jik aposisi kontak saklar impuls dalam keadaan tertutup maka lampu akan menyala, dan lampu bisa dimatikan dengan menekan / mengoperasikan salah satu push button. Begitulah seterusnya.

Anda juga bisa membaca tentang instalasi dari saklar impuls ini dari perspektif lain di artikel : "Instalasi Kontrol 1 lampu dari banyak tempat menggunakan push button" sebagai tambahan wawasan untuk anda. Jangan lewatkan juga untuk membaca instalasi pengendali lampu dari banyak tempat memakai komponen lain dengan keunggulan tersendiri seperti menggunakan saklar staircase ( bukan saklar tukar )

Demikianlah artikel tentang cara instalasi listrik saklar impuls, Saran, masukan ataupun koreksi silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.


Wassalam.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "Cara Instalasi Listrik Saklar Impuls"

  1. saklar impuls yg ada di pasaran merk dan tipe apa sekarang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang branded sih schneider, ABB, pembaca lain mungkin lebih banyak tahu, silahkan meninggalkan jejak jika berkenan, he..he..

      Delete
  2. Replies
    1. Maaf, di protect mba, jika dibutuhkan silahkan di bookmark...:)
      harap maklum.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel