Instalasi Listrik Saklar Hotel yang Benar

Saya menganggap anda sebagai pembaca tentunya pernah punya pengalaman menginap di kamar hotel. Begitu masuk ruangan maka kamar hotel yang sudah standar pasti tidak akan membuat pelanggan / tamu nya kebingungan mencari saklar untuk menghidupkan lampu ruangan pertama kali. Anda akan cepat mendapatkan dimana letak saklar dan biasanya sangat dekat dengan pintu masuk / keluar. Tidak hanya itu, ketika anda akan tidur dan ingin mematikan lampu ruangan, anda pun tidak perlu repot-repot bangkit dari tempat tidur anda untuk mematikan lampu ruangan dengan saklar yang ada didekat pintu masuk / keluar tersebut. Cukup anda cari saklar terdekat dengan tempat tidur anda, dan saklar itulah yang bisa anda operasikan untuk mematikan lampu ruangan tersebut.

Sama juga halnya ketika anda bangun tidur dalam keadaan lampu ruangan yang gelap, anda bisa langsung menghidupkan lampu ruangan tanpa perlu beranjak dari tempat tidur, cukup dengan menggunakan saklar yang sama yang terletak dekat tempat tidur yang sebelumnya anda gunakan untuk mematikan lampu ruangan. Jadi kesimpulan dari ilustrasi ini adalah anda akan mendapatkan dua buah saklar yang terletak masing-masing satu buah di dekat pintu masuk/keluar serta satu buah lagi ada di dekat tempat tidur dimana kedua saklar tersebut mengendalikan satu lampu yang sama yaitu lampu ruangan kamar hotel. Tahukah anda aplilkasi komponen apa yang bisa membuat hal ini terjadi? Tak lain dan tak bukan, aplikasi tersebut menggunakan saklar yang sangat sederhana, tidak memerlukan rangkaian yang canggih dan tidak susah untuk dipahami yaitu saklar hotel. Artikel ini akan mengupas tentang apa itu saklar hotel dan bagaimana instalasi Listrik saklar hotel yang benar.

Saklar Hotel / Saklar Tukar


Saklar hotel adalah salah satu jenis saklar dalam dunia instalasi tegangan rendah yang memiliki satu input dan dua output dimana satu input tersebut adalah phasa yang tetap atau tidak berubah kondisi, sedangkan dua output saklar tersebut adalah output yang saling berlawanan kondisi satu dengan yang lainnya yang perubahan kondisinya dikendalikan dengan sekali perlakuan On / Off saklar tersebut.

Sebenarnya nama teknis dari saklar hotel ini adalah "saklar tukar", tetapi karena mungkin di lapangan penggunaan saklar ini banyak diperlukan untuk hotel maka istilah saklar hotel menjadi istilah yang lebih populer melebihi nama teknis aslinya. Aplikasi saklar ini juga cocok diterapkan untuk penerangan anak tangga, dimana satu buah saklar ditempatkan dibawah /  tangga dasar dan satu lainnya ditempatkan di tangga bagian atas, sangat efektif dan efisien.

Instalasi Saklar Hotel / Saklar tukar


Berikut ini adalah bentuk fisik serta simbol dari saklar hotel / saklar tukar :

bentuk fisik dan simbol saklar hotel
Bentuk fisik dan simbol saklar hotel


Saya akan membagi 2 bagian untuk memahami instalasi saklar hotel ini yaitu diagram lokasi dan wiring diagram atau diagram pengawatan.

A. Single Line Diagram Saklar Hotel / saklar tukar


Diagram lokasi merupakan diagram satu garis dimana kita bisa menganalogikan satu garis tersebut adalah pipa instalasi yang didalamnya terdapat beberapa penghantar kabel. Disebut diagram lokasi karena memang diagram ini bisa langsung digambarkan pada denah tempat/ruang dan memetakan posisi komponen berdasarkan lokasi ditempatkannya komponen tersebut.

single line diagram saklar hotel
single line diagram saklar hotel


Informasi  yang ingin diperoleh dari diagram lokasi ini tidak lain untuk memudahkan dan mendapatkan kesimpulan yang benar tentang perencanaan pekerjaan instalasi khususnya kebutuhan jumlah dan panjang penghantar kabel yang diperlukan.

B. Wiring Diagram Saklar Hotel / saklar tukar


Berbeda halnya dengan diagram lokasi, pada wiring diagram atau diagram pengawatan anda baru akan melihat secara aktual berapa kabel sebenarnya yang terhubung dalam pipa instalasi saklar tersebut sekaligus anda bisa menganalisa prinsip kerja dari instalasi setelah rangkaian instalasi tersebut selesai. Berikut adalah wiring diagram dari saklar hotel.

wiring diagram saklar hotel
wiring diagram saklar hotel

Dari diagram diatas seharusnya anda sudah bisa menyimpulkan kenapa kedua saklar hotel yang terpasang tersebut bisa mengendalikan satu lampu. silahkan analisa berdasarkan arus yang mengalir disesuaikan dengan kondisi saklar hotel yang ada. Gambar wiring diatas menunjukan bahwa lampu ruangan dalam keadaan mati karena arus terputus pada saklar hotel pintu masuk/keluar. Untuk menyalakan lampu tersebut bisa anda lakukan perubahan kondisi salah satu saklar hotel yang mana saja bebas sama saja.

Jika masih bingung dalam menganalisa aliran arus saklar hotel diatas saya bisa membantu analisa yang lebih lengkap di artikel ini : "Instalasi Kontrol Satu Lampu dari Banyak Tempat"

Baca juga artikel tentang instalasi saklar silang, instalasi saklar impuls, untuk mengendalikan lampu dari banyak tempat sebagai contoh untuk aplikasi penerangan di gedung aula yang mempunyai akses pintu masuk / keluar yang cukup banyak. Jangan lewatkan juga tentang instalasi saklar staircase ( bukan saklar tukar ) sebagai pengendali lampu dari banyak tempat dengan keunggulan tertentu.

Demikian artikel tentang instalasi listrik saklar tukar yang benar. Saran, masukan ataupun koreksi silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.


Wassalam.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Instalasi Listrik Saklar Hotel yang Benar"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel