Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

1 KVA Berapa Watt? Banyak yang Keliru!!!

1 KVA berapa Watt? Pertanyaan yang sering ditanyakan orang yang tentunya masih awam dengan dunia kelistrikan atau baru belajar tentang kelistrikan. Pertanyaan ini juga sering terlontar ketika membandingkan spesifikasi sebuah genset (dalam KVA) dibandingkan dengan beban yang akan disupply (dalam watt). Pertanyaan yang sama juga terlontar bagi seorang kosumen listrik yang akan membeli peralatan listrik sehingga membandingkan apakah spesifikasi daya listrik terpasang dirumah sesuai tidak dengan peralatan listrik yang dibeli. Seperti kita ketahui, semua spesifikasi daya peralatan listrik adalah dalam bentuk Watt, sedangkan ketersediaan listrik dirumah berdasarkan kontrak dengan PLN memiliki spesifikasi dalam bentuk KVA atau VA (900VA, 1300VA, dsb). Lantas apakah VA sama dengan Watt? mari kita bahas...

1KVA adalah 1000 VA tetapi tidak bisa dikatakan sama dengan 1000 Watt !!! Ini adalah sebuah kekeliruan yang harus kita luruskan. Bicara listrik arus searah (DC) atau beban resistif murni,  jawaban 1KVA = 1000 Watt bisa dikatakan tepat, tetapi pertanyaan tersebut muncul pada umumnya adalah mempertanyakan kondisi berdasarkan aplikasi listrik di instalasi pemanfaatan yang menggunakan arus bolak-balik (AC) seperti mengarah pada perbandingan sumber listrik dalam KVA terhadap pembebanan di konsumen listrik dalam Watt yang pada dasarnya bersifat listrik arus bolak-balik (AC), sehingga berdasarkan kondisi ini pernyataan 1KVA = 1000 Watt atau 1VA = 1 Watt adalah TIDAK relevan.

1KVA berapa Watt?


Mari kita terjemahkan arti K dalam unsur KVA. K adalah singkatan dari Kilo yang berarti kali seribu, sehingga 1 KVA bisa diartikan juga 1000 VA. Dalam ilmu kelistrikan terdapat 3 macam daya listrik yang sering digambarkan hubungannya dalam segitiga daya listrik. Baca artikel saya yang lain tentang "Cara memahami segitiga daya". Dalam segitiga daya tersebut tampak jelas bagaimana hubungan VA dengan Watt dan faktor apa saja yang mempengaruhi nilainya.

Segitiga daya listrik
Segitiga daya listrik
Pahami gambar segitika daya tersebut melalui pendekatan matematis. S atau daya semu dengan satuan VA merupakan sisi miring dari sebuah segitiga siku-siku sudut 90 deg. P atau daya nyata dengan satuan Watt adalah sisi horizontal sedangkan Q atau daya reaktif dengan satuan Var adalah sisi vertikal dari segitiga daya tersebut.

Rumus phitagoras mengatakan bahwa besarnya sisi miring pada sebuah segitiga siku-siku adalah jumlah kuadrat dari sisi yang lainnya.


Anda mungkin akan bertanya hubungan VA dengan Watt saja belum beres, ada satuan baru lagi bernama Var. Apa itu??? Pada kondisi tertentu nilai Var ini akan menjadi suatu acuan, semoga saya bisa membahasnya di artikel lain ya..:)

Mari kita lihat kembali fokus pada 2 buah satuan daya listrik saja yaitu Watt dan VA. Sekarang gunakan rumus pendekatan matematis yang lain yaitu rumus trigonometri. Rumus trigonometri tersebut akan membahas persamaan sinus, cosinus dan tangen pada sebuah segitiga siku-siku, kita ambil persamaan sudut yang langsung berhubungan terhadap 2 satuan daya listrik pada segitiga daya diatas yaitu VA dan Watt, dimana sudut tersebut pada sebuah segitiga daya dilambangkan dengan simbol yang dibaca sebagai "phi". Dari rumus trigonometri tersebut persamaan matematis yang akan muncul adalah cosinus phi atau cos phi yang nantinya dikenal dalam istilah kelistrikan sebagai "faktor daya" atau pf.
Persamaan trigonometri yang akan muncul dari segitiga daya diatas adalah:

VA = Watt / cos phi

Jadi Watt itu adalah VA dikalikan faktor daya atau cos phi. Apa itu cos phi? berapa nilainya?

Apa itu Cos phi?

Cos phi adalah faktor daya listrik dimana nilai phi adalah sudut antara daya semu VA terhadap daya nyata Watt pada segitiga daya listrik. Cosh phi menunjukan sifat beban listrik dengan nilai dibawah 1 dengan tanda positif untuk beban yang bersifat induktif, nilai dibawah 1 dengan tanda negatif untuk beban yang bersifat capasitif dan bernilai sama dengan 1 untuk beban yang bersifat resistif.

Pada beban sisi pemanfaatan seperti pabrik dan rumah tinggal, pada umumnya atau hampir 100% beban peralatan listrik bersifat induktif, sehingga akan didapatkan nilai cos phi dibawah 1. Dari pernyataan ini maka pernyataan 1VA = 1Watt adalah sebuah kekeliruan.

Lihat kembali segitiga daya diatas, maka nilai VA pasti lebih besar dari nilai Watt bukan "sama dengan". Jika anda mengetahu nilai cosphi dari sebuah sumber atau beban maka anda bisa langsung menarik kesimpulan 1VA berapa Watt dengan langsung mengalikan nilai watt tersebut terhadap nilai cos phi.

Nilai cos phi bisa didapat dengan melakukan pengukuran menggunakan cos phi meter pada sumber atau beban atau bisa juga didapat melalui data yaitu biasanya terdapat pada nameplate peralatan listrik anda dengan kode "pf". Saya berikan contoh sederhana, ketika anda membeli sebuah mesin cuci 300 Watt dan tertera di name plate faktor daya pf= 0.8 maka bisa disimpulkan bahwa nilai VA pada alat mesin cuci tersebut adalah :

VA = 300 Watt / 0.8 = 375VA

Lantas kesimpulan apa yang bisa anda dapatkan setelah bisa mengkonversi nilai Watt mesin cuci diatas kedalam nilai VA?

Jawabannya adalah anda akan mengetahui konsumsi arus listrik (ampere) dari mesin cuci tersebut yang akan dibandingkan terhadap ampere pembatas dari KWH Meter berdasarkan kontrak dengan PLN. Jika tegangan mesin cuci tersebut adalah 220V maka konsumsi arus listrik (ampere) dari mesin cuci tersebut adalah: I = 375VA / 220V =  1,7 Ampere. Sehingga dari kondisi ini anda bisa menyimpulkan bahwa mesin cuci yang anda beli bisa dipakai dirumah anda jika MCB pembatas arus dari PLN sesuai kontrak pada KWH meter adalah diatas 1,7 Ampere.

Pun demikian jika kita bicara tentang genset, anda akan mengetahui kapasitas genset sebenarnya terhadap beban listrik yang akan disupply dengan 1 parameter pembanding yaitu KVA genset terhadap KVA beban, atau Watt genset terhadap Watt beban dengan persamaan rumus yang sudah dijelaskan diatas. Dari hal inilah sebenarnya philosofi dari munculnya pertanyaan 1KVA berapa Watt?

Kesimpulan

Jadi apakah jawaban dari 1KVA berapa Watt? Jawabannya adalah relatif, tidak akan ada pada satuan konversi yang konstan atau tetap.

1KVA adalah 1000 Watt dibagi nilai faktor daya cos phi

Sebagai faktor koreksi bahwa nilai watt tidak mungkin melebihi nilai VA atau nilai VA tidak mungkin lebih kecil dari nilai watt. 1 KVA = 1000 Watt adalah nilai paling maksimum yang akan didapatkan pada sistem kelistrikan arus searah (DC) atau sistem kelistrikan arus bolak balik (AC) dengan beban resistif murni.

Pada kenyataannya nilai faktor daya cos phi sama dengan 1 untuk beban di sisi pemanfaatan seperti pabrik dan perumahan, adalah sesuatu hal yang jarang terjadi bahkan tidak mungkin terjadi kecuali dipasang kompensator atau capasitor bank khusus.

Jadi sekali lagi untuk menjawab pertanyaan 1KVA berapa Watt? Ketahuailah terlebih dulu nilai dari faktor daya cos phi dari komponen listrik yang dipakai. Pada sebuah genset untuk mengetahui kapasitas genset dalam bentuk watt maka konversikan nilai KVA pada nameplate genset dengan data pf atau cosphi yang tertera di name plate genset tersebut. Gunakanlah formula diatas.

Demikianlah artikel singkat tentang 1 KVA berapa Watt, semoga menambah pengetahuan bagi anda. Saran, masukan ataupun koreksi silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.

Wassalam...

41 komentar untuk "1 KVA Berapa Watt? Banyak yang Keliru!!!"

  1. VA = WATT * Cos phi ?

    Bukannya Watt = VA * Cos phi?

    Jadi VA = Watt / Cos phi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, tks koreksinya Pak / Mas Abe, sudah saya koreksi. Semoga kontribusi anda dicatat jadi amal sholeh dan kebaikan buat anda, he..he..

      Hapus
  2. Kalau 7,5kva berarti berapa 7500watt?
    Atau 6000watt? *jika 1kva = 800watt

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika 1kva=800 watt, berarti cos phi=0,8 --> sehingga 7,5kva dengan cosphi 0,8 adalah = 6000 watt

      Hapus
  3. Bisakah daya listrik 450 kVA.digunakan untuk belender 600watt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 450kVA = 450.000 VA, untuk menanggung beban 600 watt BISA BANGET.
      tapi saya curiga maksud anda 450VA mungkin ya... Jika 450VA jelas tidak bisa, over load.

      Hapus
  4. kalau 450VA untuk konsumsi 400 watt bisa gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa selama anda bisa mengkondisikan faktor beban atau cosphi di atas angka 0.8888888888888889

      Hapus
  5. Bang, kan saya ni mau daya listriknya... Dari 900VA ke 1300VA, nah itu untuk nampung 750Watt listrik komputer (belum termasuk monitor, dan elektronik rumah lainnya), pertanyaannya 1300VA berapa Watt??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya asumsikan faktor daya beban rumah adalah 0,8 maka 1300VA = 1040 Watt.
      kondisi actual bisa lebih dari 1040watt atau kurang dari 1040watt tergantung dari faktor daya (cosphi) beban listrik rumah anda. maximum 1300 Watt jika ada perbaikan faktor daya sampai =1

      Hapus
  6. Mau tanya om, saya kan mau genti mesin dissel 40Hp dengan mesin listrik 40 hp kata yg jual, daya nya 30.000 watt masalahnya saya harus masukin daya PLN brapa ? Mohon pencerahan om

    BalasHapus
    Balasan
    1. 40HP = 40 x 745.7 Watt = 29.828 Watt, pendekatan bisa dibilang sama dengan 30.000 Watt.
      jadi daya PLN yang harus mensupply mesin tersebut harus diatas 30.000 Watt.
      Jadi anda harus siapkan daya PLN 3 phasa , kontrak daya 41.500 VA atau diatasnya. Arus starting mesin listrik 40HP harus jadi pertimbangan juga menentukan kontrak daya yang disiapkan.
      terimakasih.

      Hapus
  7. Ijin tanya gan..
    Listrik kami 33.000va
    Bisa keluar berapa Watt(dayanya)bantu hitung ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. S = 33.000 VA
      P = S Cos phi --> pendekatan cosphi saya asumsikan nilai paling umum = 0,8, nilai actual harus dilakukan pengukuran.

      Jadi P = 33.000 x 0,8 = 26.400 Watt atau 26,4 kW

      Hapus
  8. ijin tnya kalo daya rumah sekisar 900VA apa bisa menampung PC yg 750watt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak. Pemakaian dengan beban listrik lain yang memungkinkan MCB trip kelebihan beban saat PC sedang operasi agar dikondisikan. Saran saya untuk kondisi seperti ini PC anda dilengkapi UPS.

      Hapus
  9. Ijin tanya klo daya listrik PLN 414.000 brapa watt pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika saya asumsikan faktor daya atau cosphi beban rumah anda adalah 0,8 maka 414.000 VA = 331.200 Watt. Aktualnya bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung aktual cosphi nya.

      Hapus
  10. Bang mau tanya kalau diesel 28pk dinamo keluar listrik 30.000 Watt jadi berapa KVA??

    BalasHapus
    Balasan
    1. P = 30.000 Watt = 30KW
      Jika asumsi faktor daya (cosphi)= 0,8
      Maka S = P/Cosphi = 30/0,8 = 37.5 KVA

      Hapus
  11. Travo saya 5200va itu brapa watt pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapasitas watt trafo tsb tergantung dari faktor daya (cosphi) beban. Semakin baik faktor daya maka rating watt dari trafo semakin mendekati nilai VA nya. yang jelas nilai watt kapasitas trafo tidak mungkin melebihi nilai VA trafo

      Hapus
  12. Pak kalo beban 1250kw, harus memakai travo berapa kva??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembebanan trafo yang baik biasanya kisaran 80% kapasitas trafo. Jadi jika 1250kw adalah 80% beban trafo, maka kapasitas trafonya yg diperlukan 1500kw. jika asumsi cosphi beban 0,8 maka daya trafo yang diperlukan sekitar 1875 kVA

      Hapus
  13. Om mau tanya, awal daya 15000w ( estimasi buat 5 mesin dgn daya konsumsi 3.2 KVA 1,4 up to 1,6kW @per mesin ) ini saya mau menurunkan daya karena cuma jalan 3 mesin. Kira2 saya turunkan jadi berapa ya ? Supaya gak terlalu banyak biaya beban listrik. Makasih om sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. daya total 3 mesin 1,6kW x 3 = 4800W; bisa turun daya kontrak ke 5500VA (1x25A) jika kontrak dayanya kontrak 1 phasa.
      tetapi jika kontrak 3 phase, bisa turun daya ke 6600VA(3x10A)

      Hapus
  14. Pak mau tanya untuk genset, 10rb Watt itu apakah betul 20KVa ya??? Dan bisakah fungsi genset menambah supply listrik atau hanya backup saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10kW bisa saja sama dengan 20kVA jika faktor daya cosphi beban= 0.5.
      genset bisa difungsikan menambah supply listrik dengan cara : (1) membagi rangkaian listrik terpisah antara genset dan PLN; atau (2) Rangkaian listrik gabungan dengan genset paralel atau sinkron dengan PLN (syarat dan ketentuan berlaku!!!)

      Hapus
  15. Pak, mau tanya 450KVA itu berapa watt ya? dan jika saya menggunakan komputer dengan konsumsi daya dari 550 watt hingga 700 watt apakah cukup 450KVA untuk menampung konsumsi dari komputer tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika asumsi faktor daya beban anda adalah 0,8 maka 450KVA = 360 Watt. Tentu saja tidak akan cukup jika kebutuhan beban anda 550watt atau 700 watt, MCB akan trip kelebihan beban. Solusi ya tambah daya.

      Hapus
  16. Kak mau tanya, 450VA 900VA 1300VA itu VA atau kVA ya??
    Listrik di rumah saya daya 450 yang subsidi pemerintah...tapi sering dibilang 450watt
    Saya liat pertanyaan ketiga diatas gabisa pake listrik yang 600watt
    Saya mau beli pemanggang roti kebanyakan 750watt berarti gabisa ya di rumah saya yang listriknya 450
    Jadi pertanyaannya kenapa gabisa hee soalnya pertanyaan ketiga itu gadijelaskan cuman dikatakan overload. Terimakasih sebelumnya semoga dijawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjelasan dengan analogi sederhananya gini deh: Anda punya ruangan yang muat hanya 450 orang, tidak bisa lebih. Kemudian anda mengundang orang sebanyak 750 orang untuk masuk ke ruangan dengan kapasitas 450 orang tersebut pada saat bersamaan. Pertanyaannya apakah bisa??? nah itulah yg dinamakan over load. Sama halnya dengan listrik yang dibatasi 450Watt anda bebani 750Watt.

      Hapus
  17. Pak, saya mau tanya..
    Saya bekerja disalah satu pabrik, pabrik tersebut sering terjadi gangguan yaitu putusnya sikring cubicle.
    Menurut informasi yg sya dapat bahwa dipabrik tersebut dipasang travo 630kva 3phase, pemakaian harian nya yaitu 3150kwh, bagaimana cara menghitungnya?
    Apakah pemakaian tersebut wajar atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tegangan 3 phase trafo 380V??? jika ya,
      I nominal trafo 630kVA = 630.000VA / (akar 3 * 380V) = 957 A.
      Nominal spec sikring bisa mengacu salah satu hal ini : beban, KHA kabel atau trafo. Silahkan periksa, seting sikring tdk boleh melebihi nilai spesifikasi hal diatas.

      Trip nya sikring adalah fungsi proteksi. Silahkan periksa dan analisa root cause nya.

      Untuk kapasitas trafo 630kVA pemakaian harian 3150kwH (= rata-rata 131.25 kW jika beban oprrasi 24 jam) sangatlah wajar, bahkan masih punya spare luas untuk tambah beban lagi.

      Hapus
  18. Kalo 197 kva PLN 3 phase (380 V), cara hitung ya gmna ini bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngitung arus :

      S 3 phasa = Akar 3 * I * VLL
      I = S/(akar 3 * VLL)
      I = 197.000VA / (akar 3 * 380V) = 300A

      Ngitung Watt : Cos phi beban harus diketahui dahulu. Jika asumsi cosphi 0,8
      maka: Watt = S * cos phi = 197kVA * 0,8 = 157,6 kW

      Hapus
  19. Bos mau nanya . Arus motor 3 phase
    1kva ada berapa wat

    BalasHapus
  20. Bos listrek saya 3 phase 35A itu ada brp wat.
    Klo saya pakai mesin gilingan bumbu
    3 phase 1 kva kira kira kuat gk

    BalasHapus
    Balasan
    1. I = VA/(akar3*V)
      I=1000VA/(akar3*380) = 1,5Ampere
      konsumsi mesin gilingan bumbu 3 phase 1kva = 1,5Ampere. untuk daya tersedia 35A tentu saja sangat mampu untuk supply mesin gilingan tersebut

      Hapus
  21. Maaf mau tanya kalau 1,6Kva apakah sama dengan 1,600 000 watt betul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah. 1,6 kVA = 1600 VA sama dengan 1600 Watt pada kondisi faktor beban (cosphi) = 1 (resistif murni)

      Hapus

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!