Instalasi Kontrol 1 Lampu dari Banyak Tempat Menggunakan Push Button - LISTRIK PRAKTIS BLOGS

Instalasi Kontrol 1 Lampu dari Banyak Tempat Menggunakan Push Button

...

Instalasi Kontrol 1 Lampu dari Banyak Tempat Menggunakan Push Button

Pada artikel sebelumnya saya pernah memposting tentang instalasi kontrol 1 lampu dari banyak tempat dengan memakai saklar tukar dan saklar seri. Pada artikel ini ada metode baru bagaimana cara instalasi kontrol 1 lampu dari banyak tempat menggunakan push button dimana pada rangkaian tersebut ada
penambahan komponen listrik baru yaitu saklar impuls. Mungkin untuk orang-orang tertentu saklar impuls sudah tidak asing lagi, bagi anda yang baru mendengar tentang saklar impuls saya akan coba untuk menjelaskannya.

Saklar Impuls


Saklar Impuls adalah peralatan listrik sejenis saklar atau kontak yang kondisi kontaknya bisa dikendalikan oleh impuls tegangan atau tegangan sesaat, baik untuk kondisi On ke Off atau sebaliknya. Sebenarnya tidak masalah juga sih jika tegangan yang diberikan tidak sesaat atau sedikit lama, saya khawatir persepsi anda terpatok di "tegangan sesaat" sehingga beranggapan jika tegangannya tidak sesaat saklar tidak bekerja. Yang saya maksudkan adalah saklar impuls ini akan berubah kondisi ketika mendapat tegangan meskipun tegangan tersebut berbentuk impuls atau sesaat. Instalasi saklar impuls ini sangat cocok dikombinasikan dengan push button normaly open (NO) dimana kontak dari push button akan close jika ditekan, sebaliknya kalau push button tersebut tidak ditekan maka posisi kontak tetap open. Anda jangan terkecoh, karena ada push button yang sifatnya normaly close (NC) juga, dimana prinsip kerjanya kebalikan dari push button NO. Untuk aplikasi push button NC mungkin pada kesempatan lain bisa saya jelaskan.

contoh saklar impuls merk schneider
contoh saklar impuls merk schneider

Dari gambar penampakan diatas, anda pasti beranggapan  : ini saklar atau MCB ?.. Bentuknya memang mirip MCB. Coba anda perhatikan kembali gambarnya, ada 3 pasang terminal instalasi, 2 pasang adalah terminal kontaknya (  1-2, 3-4 / posisi terminal di bawah ), dan satu pasang lagi adalah terminal coil nya ( A1-A2 / posisi terminal diatas ). Yang akan anda instalasi sebenarnya mengendalikan operasi coil dari saklar impuls dengan memberinya tegangan meskipun sifatnya sesaat. Jika coil tersebut mendapat tegangan maka posisi kontak dari saklar impuls akan berubah dari kondisi sebelumnya dan mengunci, bisa close menjadi open ataupun sebaliknya. Ketika coil dari saklar ini tidak mendapat tegangan maka posisi kontak saklar impuls akan berada pada posisi kondisi terakhir operasi. Untuk terminal 3 - 4 sama fungsinya dengan terminal 1 -2, bisa anda manfaatkan untuk spare atau pengembangan instalasi lebih luas.


Instalasi kontrol 1 lampu dari 2 tempat


Pada artikel sebelumnya untuk instalasi kontrol satu lampu dari 2 tempat saya menggunakan 2 saklar tukar. Berikut saya contohkan untuk instalasi kontrol lampu dari 2 tempat menggunakan metode baru yaitu dengan menggunakan saklar impuls dan 2 push button.


instalasi kontrol 1 lampu dari 2 tempat
instalasi kontrol 1 lampu dari 2 tempat

Dari gambar diatas terlihat posisi rangkaian loop terbuka di kontak saklar impuls terminal 1 dan 2 sehingga lampu kondisi tidak nyala. Cobalah anda imajinasikan bahwa push button 1 ( PB1 ) dan PB2 atau salah satu antara PB1 atau PB2 anda tekan, maka coil terminal A1 dan A2 akan mendapat tegangan sehingga kontak saklar impuls terminal 1 - 2 akan berubah kondisi dari open menjadi close sehingga lampu akan menyala dan posisi kontak 1 - 2 tersebut akan terkunci meskipun coil A1 - A2 sudah tidak bertegangan. Artinya cukup anda beri tegangan sesaat saja pada coil A1-A2 dengan menekan push button PB1 atau PB2 maka posisi kontak A1-A2 akan berubah dan mengunci. Untuk mematikan lampu prinsipnya sama juga, cukup menekan push button yang mana saja maka kontak 1 - 2 akan berubah kondisi menjadi open dan mengunci. Jika rangkaian ini anda aplikasikan untuk penerangan lampu tangga, maka anda bisa memasang masing-masing push button diatas tangga dan dibawah tangga sehingga anda tidak perlu kerepotan lagi dengan akses penerangan tangga sekaligus anda bisa meghemat listrik karena akses mematikan lampu bisa dilakukan dengan mudah saat lampu tidak diperlukan.


Instalasi kontrol 1 lampu dari 4 tempat


Untuk instalasi kontrol 1 lampu dari 4 tempat pada artikel sebelumnya pun saya sudah menyampaikan dengan menggunakan kombinasi dari 2 saklar tukar dan 2 saklar seri. Pada kesempatan ini saya paparkan instalasi kontrol 1 lampu dari 4 tempat menggunakan saklar impuls dan 4 push button.


instalasi kontrol 1 lampu dari 4 tempat
instalasi kontrol 1 lampu dari 4 tempat

Dari gambar diatas terlihat posisi rangkaian loop terbuka di kontak saklar impuls terminal 1 dan 2 sehingga lampu kondisi tidak nyala. Cobalah berimajinasi kembali seperti contoh sebelumnya, push button manapun yang anda tekan maka akan membuat coil terminal A1 - A2 mendapat impuls tegangan sehingga merubah kondisi kontak terminal 1 - 2 menjadi close dan lampu menyala. Untuk mematikan lampu cukup tekan push button mana saja dengan prinsip kerja yang sama maka lampu akan mati. Aplikasi ini bisa anda terapkan untuk gedung aula yang memiliki banyak pintu keluar,  sehingga akses keluar masuk aula tidak menjadi kendala karena sulitnya akses mengendalikan penerangan ruangan.


Instalasi kontrol 1 lampu dari banyak tempat


Untuk instalasi kontrol dari banyak tempat bisa dilakukan sama halnya dengan contoh instalasi diatas. Saya pakai bahasa "banyak" karena instalasi memakai push button dan saklar impuls ini memungkinkan kita mengendalikan lampu dari banyak tempat dengan wiring instalasi yang sama selama material instalasi dan pendukung memenuhi spesifikasi. Untuk wiring instalasinya persis sama dengan contoh diatas hanya cukup menambahkan push button tambahan sesuai keinginan mau dikendalikan dari berapa tempat lampu tersebut. Jadi, untuk menambahkan jumlah push button tersebut, pasang secara paralel dengan push button lain yang sudah terpasang. Mudah kan...? Untuk bab ini saya anggap anda sudah mengerti dan tidak perlu lagi saya sertakan contoh gambar instalasinya. Jika belum mengerti baca kembali dari atas..he..he..


Kesimpulan


- Dari metode instalasi kontrol 1 lampu dari banyak tempat, menggunakan push button + saklar impuls lebih mudah dalam hal wiring instalasinya dibandingkan menggunakan saklar tukar + saklar seri.

- Untuk kontrol 1 lampu dari 2 tempat seperti aplikasi untuk lampu tangga, saya lebih menyarankan memakai 2 saklar tukar dibandingkan dengan 2 push button + saklar impuls, karena biaya instalasinya lebih murah. Tapi tidak menutup kemungkinan jika anda lebih memilih menggunakan 2 push button + saklar impuls. Saya hanya meninjau dari sisi ekonomis, sedangkan dari fungsi kerja tidak ada bedanya.

- Untuk kontrol 1 lampu dari banyak tempat saya lebih menyarankan menggunakan push button + saklar impuls, dengan pertimbangan biaya instalasi akan lebih murah karena hanya melakukan penambahan push button saja. Disamping itu wiring instalasi pada metode ini juga sangat mudah dan sederhana sehingga faktor human error dalam instalasi lebih mudah dihindari, dan pengecekan troubleshooting pun lebih gampang.

Anda juga bisa membaca artikel instalasi pengendali lampu dari banyak tempat menggunakan saklar impuls dengan bahasan perspektif yang berbeda, lengkap disertai pembahasan diagram lokasi dan diagram pengawatan / wiring diagram pada artikel : Cara Instalasi Saklar Impuls.

Jangan lewatkan pula aplikasi pengendali lampu dari banyak tempat menggunakan push button memakai komponen yang lain yaitu saklar staircase ( bukan saklar tukar ) dengan keunggulan tertentu.

Demikianlah artikel tentang instalasi kontrol 1 lampu dari banyak tempat menggunakan push button, semoga bisa jadi alternatif lain. Saran, masukan ataupun koreksi silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.

sangat direkomendasikan agar dalam pekerjaan instalasi selalu memperhatikan 5 langkah keselamatan kerja kelistrikan serta didampingi oleh orang yang berkompeten.


Wassalam.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, atau ketikan email anda pada kotak yang disediakan kemudian klik tombol "Subscribe" Jangan lupa cek email untuk verifikasi. Nama email anda kami rahasiakan. GRATISSS!!!
loading...

4 Komentar untuk "Instalasi Kontrol 1 Lampu dari Banyak Tempat Menggunakan Push Button"

berapa hrg saklar tukar atau push ini gan ?
dimana ada jual utk jkt ya
thanks :)

maaf, harga saya kurang up date..he...
coba googling aja, kalau untuk pushbotton pake pushbutton yg biasa untuk bel rumah sudah bagus dan tdk mahal...

tempat jual di jkt saya kurang paham juga pak, biasanya tersedia di toko listrik yang besar / lengkap. alternatif cari di on line shop juga bisa..

harga impulse relay sekitar 170rb untuk merk schneider

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Back To Top