Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instalasi Listrik Saklar Silang (saklar intermediate)

Pernahkah anda berada pada ruangan pertemuan yang besar seperti aula dengan banyak akses pintu masuk? Jika tidak pernah cukup bayangkan saja, he..he.. Pada ruangan yang besar dengan pintu akses masuk yang banyak seperti aula tersebut, akses penerangan ruangan seharusnya tidak menjadikan masalah. Penerangan harus bisa diakses dari semua saklar yang terpasang berdekatan dengan pintu dan semua saklar tersebut sama-sama mengendalikan satu sistem lampu penerangan. Apakah itu mungkin dilakukan? Jawabanya sangat mungkin sekali dan mudah dilakukan yaitu dengan memasang komponen listrik yang bernama saklar silang (saklar intermediate). Dalam artikel ini saya akan coba menjelaskan bagaimana instalasi listrik saklar silang (saklar intermediate).

Saklar Silang (saklar intermediate)


Istilah saklar silang (saklar intermediate) ini memang kurang poopuler dalam dunia kelistrikan awam dibanding saklar lain yang biasa diaplikasikan dalam kelistrikan rumah tangga. Saklar silang (saklar intermediate) secara konstruksi merupakan gabungan dari 2 saklar tukar yang perubahan kedua kontak saklar tukar tersebut dikendalikan bersamaan dengan sekali perlakuan On / Off. Masing-masing output dari ke dua saklar tukar tersebut dihubungkan saling menyilang sehingga keluaran saklar silang (saklar intermediate) yang seharusnya 4 output menjadi 2 output. Mungkin karena sebab itulah saklar ini diberi nama saklar silang (saklar intermediate).

Bentuk dan simbol diagram saklar silang
Bentuk dan simbol diagram saklar silang
(saklar intermediate)

Gambar diatas merupakan bentuk fisik dan simbol diagram dari saklar silang (saklar intermediate). Untuk lebih mudah membayangkan konstruksi serta jumlah input dan outputnya bisa anda perhatikan pada simbol diagram pengawatan diatas. Jumlah 4 output saklar akan diinstalasi saling menyilang sehingga akan menjadi 2 output. Untuk lebih jelasnya akan dibahas di sub bab diagram penjgawatan saklar silang (saklar intermediate) di artikel ini.

Instalasi Saklar Silang (saklar intermediate)


Instalasi saklar silang (saklar intermediate) untuk memenuhi fungsinya sebagai pengendali lampu dari banyak tempat tidak bisa berdiri sendiri. Saklar silang ini membutuhkan dua buah saklar tukar untuk diinstalasi diawal instalasi dan diujung instalasi menuju lampu yang dikendalikan. Berapapun banyaknya tempat untuk saklar pengendali, instalasi saklar silang (saklar intermediate) ini tetap membutuhkan hanya 2 saklar tukar.

Pada instalasi saklar silang (saklar intermediate) ini saya akan membaginya menjadi dua diagram instalasi yaitu, diagram lokasi dan diagram pengawatan.

A. Diagram Lokasi


Diagram lokasi merupakan diagram satu garis dimana kita bisa menganalogikan satu garis tersebut adalah pipa instalasi yang didalamnya terdapat beberapa penghantar kabel. Disebut diagram lokasi karena memang diagram ini bisa langsung digambarkan pada denah tempat/ruang dan memetakan posisi komponen berdasarkan lokasi ditempatkannya komponen tersebut. Fungsi dari diagram ini tidak lain untuk memudahkan perencanaan proses instalasi tersebut dengan penyesuaian dan pemetaan  terhadap lokasi komponen yang akan diinstalasi.


Diagram Lokasi Saklar Silang dan Tukar kendali 4 tempat
Diagram Lokasi Saklar Silang (saklar intermediate) dan Tukar kendali 4 tempat

Diagram diatas merupakan diagram lokasi dari 2 buah saklar silang (saklar intermediate) dikombinasikan dengan 2 buah saklar tukar untuk mengendalikan satu lampu dari banyak 4 tempat. Jika anda ingin menambah jumlah pengendalian saklar menjadi 5, 6, 7 dan seterusnya, maka komponen yang ditambahkan adalah saklar silang (saklar intermediate) dengan total keseluruhan saklar pengendali berdasarkan jumlah pengendali yang ingin direncanakan. Artinya berapapun jumlah pengendalian saklar maka komponen tambahannya adalah saklar silang (saklar intermediate) tanpa ada tambahan saklar tukar. Untuk saklar tukar tidak terpengaruhi dengan jumlah pengendalian saklar, saklar tukar ini hanya dipasang diawal instalasi dan diujung instalasi sebagai pelengkap instalasi saklar silang (saklar intermediate) tersebut seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Dibawah ini adalah contoh diagram lokasi jika dari gambar pertama yaitu mengendalikan satu lampu dari 4 tempat, anda melakukan pengembangan dengan menambah satu saklar pengendalian lagi sehingga jumlah pengendalian menggunakan saklar menjadi 5 tempat.
 

Diagram Lokasi Saklar Silang dan Tukar kendali 5 tempat
Diagram Lokasi Saklar Silang (saklar intermediate) dan Tukar kendali 5 tempat

Dari diagram lokasi diatas terlihat bahwa pengembangan dengan menambah jumlah saklar pengendalian dilakukan dengan menambah saklar tambahan yaitu saklar silang (saklar intermediate) sebagai saklar ke 5 ( lihat digambar tulisan berwarna merah ), jika anda ingin menambah kembali menjadi misalnya 7 tempat, maka anda harus menambahkan saklar ke 6 dan ke 7 berupa saklar silang (saklar intermediate). Adapun pemasangannya harus diantara saklar tukar awal dan saklar tukar akhir. Posisi lampu tidak berpengaruh.

B. Wiring Diagram


Berbeda halnya dengan diagram lokasi diatas, pada wiring diagram atau diagram pengawatan ini anda baru akan melihat secara aktual berapa kabel sebenarnya dalam pipa instalasi tersebut dan bagaimana instalasi kabel kabel tersebut terhadap komponen yang digunakan. Dengan diagram pengawatan ini anda juga bisa menganalisa prinsip kerja dari instalasi setelah rangkaian instalasi tersebut selesai. Berikut adalah wiring diagram dari saklar silang (saklar intermediate) + saklar tukar dengan mengacu pada diagram lokasi pertama diatas yaitu mengendalikan satu lampu dari 4 tempat.

wiring diagram saklar silang dan tukar kendali 4 tempat
wiring diagram saklar silang (saklar intermediate) dan tukar kendali 4 tempat

Dari diagram diatas semoga anda sudah bisa menyimpulkan bagaimana aliran arus listrik menuju ke lampu dan bagaimana ke empat saklar tersebut bisa mengendalikan satu lampu. silahkan analisa aliran arus menuju lampu tersebut disesuaikan dengan kondisi saklar silang (saklar intermediate) dan saklar tukar yang ada seperti pada gambar. Bagaimana menurut anda kondisi lampu pada gambar wiring diatas, nyala atau mati? Yup… yang jawab mati sependapat dengan saya..he..he..Gambar wiring diatas menunjukan bahwa lampu ruangan dalam keadaan mati karena arus terputus pada saklar tukar pintu 4 ( saklar ujung instalasi ). Untuk menyalakan lampu tersebut bisa anda lakukan perubahan kondisi salah satu dari ke empat saklar yang mana saja bebas sama saja.

Dengan rangkaian instalasi saklar silang  (saklar intermediate) yang dikombinasikan dengan 2 buah saklar tukar, anda memungkinkan mengendalikan satu lampu dari banyak tempat sampai jumlah tak terhingga selama komponen instalasi mendukung, dengan hanya menembah jumlah saklar silang  (saklar intermediate) sesuai dengan keinginan, dan tentunya aspek tepat guna harus juga diperhatikan.

Jika masih bingung dalam menganalisa aliran arus saklar silang (saklar intermediate) dan saklar tukar diatas saya bisa membantu analisa yang lebih lengkap di artikel ini : "Instalasi Kontrol Satu Lampu dari Banyak Tempat"

Baca juga tentang instalasi saklar tukar / saklar hotel sebagai pengendali satu lampu dari 2 tempat untuk contoh aplikasi selain untuk ruangan kamar hotel, bisa juga diaplikasikan untuk lampu penerangan tangga. Jangan lewatkan juga artikel tentang metode lain pengendali lampu dari banyak tempat menggunakan saklar impuls yang fungsinya bisa menggantikan sakla tukar dan saklar silang (saklar intermediate) dengan menggunakan push button, atau menggunakan saklar staircase ( bukan saklar tukar ) yang mempunyai keunggulan tersendiri.

Demikian artikel tentang instalasi listrik saklar silang (saklar intermediate), Saran, masukan ataupun koreksi silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.


Wassalam.

5 komentar untuk "Instalasi Listrik Saklar Silang (saklar intermediate)"

  1. gambarnya kekecilan mas bro... susah dipahami

    BalasHapus
  2. Bang, kalau pakai saklar silang apa harus pakai saklar tukar juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau peruntukannya untuk kendali satu lampu dari banyak tempat, saklar silang memang harus dipasangkan dengan 2 saklar tukar.
      demikian.

      Hapus
  3. Bos punya saklar intermedite yg panasonic gak?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!