#4 Jenis Saklar Pengendali Lampu dari Banyak Tempat

Pengontrolan satu lampu dari banyak tempat untuk situasi dan kondisi tertentu kadang sangat dibutuhkan dan hal ini sangat mudah sekali diaplikasikan jika kita mengetahui komponen apa saja yang bisa mengambil peran tersebut. Tanpa ada rangkaian elektronika dengan analisa yang rumit, saat ini atau sudah lama sekali tersedia jenis saklar pengendali lampu dari banyak tempat dengan instalasi langsung pada tegangan rendah tanpa konversi rangkaian elektronika arus lemah apapun.

Fungsi dari aplikasi saklar pengendali lampu dari banyak tempat ini pada intinya adalah untuk kemudahan akses dan penghematan energi karena penerangan yang tidak diperlukan. Apa saja kira-kira jenis saklar tersebut? Yuk...mari..:)

#1. Saklar Tukar


Saklar tukar atau lebih dikenal dengan saklar hotel adalah jenis saklar dengan 1 terminal input dan 2 terminal output atau dalam dunia elektronika arus lemah bisa dianalogikan sebagai saklar SPDT ( Single Pole Double Throw ). Terkenal dengan sebutan saklar hotel karena aplikasi dari saklar ini memang banyak digunakan dikamar hotel dimana dengan saklar ini bisa melakukan pengendalian lampu kamar hotel dari 2 tempat, biasanya 1 saklar terletak dekat tempat tidur, dan satu saklar lagi terletak didekat pintu keluar ruangan. Hal ini untuk memudahkan akses pengguna kamar hotel untuk mengontrol lampu penerangan dengan efisien.

Selain dihotel, saklar tukar ini juga banyak ditemukan pada aplikasi penerangan tangga dan lorong, dimana masing-masing saklar ditempatka pada 2 tempat yang disesuaikan untuk akses naik-turun tangga atau masuk-keluar lorong sehingga pengoperasian lampu penerangan bisa diakses dengan mudah dan penghematan energi dari penerangan yang tidak diperlukan bisa diminimalisasi.

Instalasi saklar tukar
Instalasi saklar tukar

Gambar diatas merupakan ilustrasi sederhana dari instalasi saklar tukar. Pada dasarnya saklar tukar bisa mengendalikan lampu hanya dari 2 tempat saja kecuali digabungkan dengan komponen saklar jenis lain.

Untuk lebih jelasnya tentang bentuk fisik, prinsip kerja, diagram lokasi dan diagram pengawatan dari saklar tukar bisa membaca artikel saya terdahulu tentang instalasi saklar hotel yang benar.

#2. Saklar Silang


Saklar silang merupakan jenis saklar yang memiliki 2 buah terminal input dan 4 buah terminal output dimana untuk keperluan pengendalian lampu dari banyak tempat, bagian terminal output dari saklar ini diinstalasi kembali didalamnya sehingga menjadi 2 buah terminal output. Secara konstruksi saklar silang ini seperti gabungan dari 2 buah saklar tukar dengan satu toogle pengendalian. Adapun jumlah pengendalian 1 lampu dari banyak tempat dengan menggunakan saklar silang adalah minimal untuk pengendalian dari 3 tempat. Adapun batas maksimal tidak dibatasi selama material pendukung instalasi memadai.

Untuk pengendalian lampu dari banyak tempat, saklar silang ini tidak bisa berdiri sendiri alias memerlukan 2 buah saklar tukar sebagai rangkaian instalasi awal dan penutup. Berapapun jumlah pengendalian yang dibutuhkan, rangkaian saklar silang tetap membutuhkan hanya 2 saklar tukar. Artinya kebutuhan jumlah saklar silang bisa ditentukan dengan rumus : ( Jumlah pengendalian - 2 ), angka 2 adalah jumlah saklar tukar.

Misalkan yang diinginkan adalah mengendalikan lampu dari lima tempat, maka saklar silang yang dibutuhkan adalah 5 - 2 = 3 buah saklar silang. Jadi pada pengendalian lampu pada 5 tempat akan ditemukan 3 buah saklar silang dikombinasikan dengan 2 buah saklar tukar. Demikian juga jika pengendalian yang diinginkan dengan jumlah pengendalian lain, selama material instalasi memadai, pengendalian bisa dilakukan tanpa batasan jumlah dengan bantuan 2 buah saklar tukar tentunya. Jadi Semakin banyak jumlah pengendalian yang diinginkan maka semakin banyak pula jumlah saklar silang yang harus disediakan,dan kebutuhan saklar tukar sebagai pendukung tetaplah berjumlah 2 buah.

Instalasi saklar silang + saklar tukar kendali 3 tempat
Instalasi saklar silang + saklar tukar kendali 3 tempat

Gambar diatas merupakan ilustrasi sederhana dari instalasi saklar silang kombinasi dengan 2 saklar tukar untuk pengendalian lampu dari 3 tempat. Pengendalian  1 lampu dari 3 tempat membutuhkan 1 saklar silang dan 2 saklar tukar.


Instalasi saklar silang + saklar tukar kendali 4 tempat
Instalasi saklar silang + saklar tukar kendali 4 tempat

Gambar diatas merupakan ilustrasi sederhana dari instalasi saklar silang kombinasi dengan 2 saklar tukar untuk pengendalian lampu dari 4 tempat. Pengendalian  1 lampu dari 4 tempat akan membutuhkan 2 saklar silang dan 2 saklar tukar. Begitulah seterusnya, untuk menambah jumlah pengendalian anda tinggal menyisipkan tambahan saklar silang diantara kedua saklar tukar tersebut.

Untuk lebih jelasnya tentang bentuk fisik, prinsip kerja, diagram lokasi dan diagram pengawatan dari saklar silang kombinasi dengan 2 saklar tukar bisa membaca artikel saya terdahulu tentang instalasi saklar silang.


#3. Saklar Impuls


Saklar Impuls adalah adalah jenis saklar yang bekerja dengan prinsip elektromagnetis. Pada saklar ini terdapat 2 terminal coil magnet yang bekerja jika mendapatkan tegangan kerjanya, dan terdapat pula kontak / saklar yang kinerjanya dikendalikan oleh coil magnet tersebut. Jika coil magnet dari saklar impuls ini mendapatkan tegangan walaupun sesaat / berupa impuls, maka kontak dari saklar impuls ini akan berubah kondisi dari kondisi awalnya dan mengunci pada perubahan terakhir. Untuk merubah kembali posisi kontak dari saklar impuls tersebut maka coil magnet dari saklar impuls tersebut harus diberikan tegangan kembali walaupun tegangan yang diberikan sifatnya hanya sesaat / impuls. Mungkin karena sebab itulah perangkat ini disebut saklar impuls.

Instalasi saklar impuls tidak bisa berdiri sendiri seperti halnya saklar silang yang membutuhkan komponen penunjang lain berupa 2 buah saklar tukar, maka saklar impuls ini membutuhkan komponen penunjang lain yaitu saklar tekan atau push button sebagai media untuk mengeksekusi pengendalian 1 lampu dari banyak tempat. Kebutuhan push button tersebut jumlahnya sama dengan jumlah pengendalian yang diinginkan. Adapun untuk saklar impuls yang dibutuhkan tetap 1 buah atau tidak dipengaruhi dari jumlah pengendalian yang diinginkan.

Instalasi saklar impuls kendali 2 tempat
Instalasi saklar impuls kendali 2 tempat

Gambar diatas merupakan ilustrasi sederhana dari instalasi saklar impuls dibantu dengan 2 buah push button untuk pengendalian lampu dari 2 tempat.

Instalasi saklar impuls kendali 4 tempat
Instalasi saklar impuls kendali 4 tempat

Gambar diatas merupakan ilustrasi sederhana dari instalasi saklar impuls dibantu dengan 4 buah push button untuk pengendalian lampu dari 4 tempat. Jadi pengendalian  1 lampu dari 4 tempat akan membutuhkan 4 push button pula, sedangkan untuk perangkat saklar impulsnya tetaplah satu buah. Begitulah seterusnya, untuk menambah jumlah pengendalian anda tinggal memasang push button tambahan paralel dengan push button lainnya.

Untuk lebih jelasnya tentang bentuk fisik, prinsip kerja, diagram lokasi dan diagram pengawatan dari saklar silang kombinasi dengan 2 saklar tukar bisa membaca artikel saya terdahulu tentang cara instalasi saklar impuls.

#4. Saklar Staircase


Saklar staircase adalah perangkat saklar yang bekerja secara elektromagnetis dilengkapi dengan motor timer yang berfungsi memutus kontak saklar staircase secara otomatis berdasarkan waktu yang telah diseting sebelumnya. Secara bahasa saklar staircase bisa diartikan sebagai saklar tangga. Mungkin nama itu melekat pada komponen ini karena aplikasinya sangat cocok diterapkan untuk pengendali lampu tangga.

Penamaan saklar staircase dilapangan memang kurang populer, kadang kala penamaan saklar tangga ini lebih populer untuk aplikasi dari saklar tukar atau saklar hotel. Saya pun termasuk seperti itu, ketika ada orang yang memerlukan saklar tangga maka otomatis pikiran saya akan langsung mengarah pada saklar tukar, dan memang tidak ada salahnya juga sih. Tapi dengan artikel ini mudah-mudahan jadi tambahan informasi baru bahwa ternyata ada loh nama saklar staircase atau saklar tangga ini dan bukan nama alias dari nama komponen sebenarnya. Ya.... namanya memang saklar staircase.

Saklar staircase ini juga tidak bisa berdiri sendiri tetapi membutuhkan komponen pendukung berupa saklar tekan atau push button sebagai media eksekutor pengendalian. Sama halnya dengan saklar impuls diatas, kebutuhan push button tersebut jumlahnya sama dengan jumlah pengendalian yang diinginkan. Adapun untuk saklar staircase yang dibutuhkan tetap 1 buah atau tidak dipengaruhi dari jumlah pengendalian yang diinginkan.

Meskipun namanya saklar staircase, tetapi aplikasi dari perangkat ini bisa juga diterapkan ditempat lain selain tangga berdasarkan situasi dan kondisi yang ada, seperti salah satu contohnya untuk penerangan garasi. Adapun prinsip kerja sederhana dari perangkat ini adalah mengendalikan 1 lampu dari banyak tempat dengan sekali tekan push button mana saja yang terinstalasi, maka lampu penerangan akan hidup dan saklar staircase akan mulai menghitung waktu untuk mematikan lampu penerangan tersebut berdasarkan waktu yang telah diseting pada saklar staircase yang sudah ditentukan sebelumnya.


Instalasi saklar staircase kendali 2 tempat metode 3 kawat
Instalasi saklar staircase kendali 2 tempat metode 3 kawat

Gambar diatas merupakan ilustrasi sederhana dari instalasi saklar staircase kendali 1 lampu dari 2 tempat dengan metode instalasi 3 kawat.

Instalasi saklar staircase kendali 2 tempat metode 4 kawat
Instalasi saklar staircase kendali 2 tempat metode 4 kawat

Gambar diatas merupakan ilustrasi sederhana dari instalasi saklar staircase kendali 1 lampu dari 2 tempat dengan metode instalasi 4 kawat.

Kedua gambar diatas pada dasarnya  mempunyai prinsip kerja yang sama yaitu untuk pengendalian 1 lampu dari 2 tempat dengan proses off lampu bergantung pada motor timer didalam staircase dengan setingan waktu tertentu. Penambahan jumlah pengendalian bisa dilakukan dengan menambahkan push button tambahan yang dipasang paralel dengan push button yang sudah terpasang.

Untuk lebih jelasnya tentang bentuk fisik, prinsip kerja, diagram lokasi dan diagram pengawatan dari saklar staircase ini, anda bisa membaca artikel saya terdahulu tentang cara instalasi saklar staircase, bukan saklar tukar.

Demikianlah artikel singkat tentang #4 jenis saklar pengendali lampu dari banyak tempat. Saran, masukan ataupun koreksi silahkan meninggalkan jejak di kolom komentar.


Wassalam.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "#4 Jenis Saklar Pengendali Lampu dari Banyak Tempat"

  1. Gan, bisa tolong bikinin skema pengkabelan untuk 2saklar tukar+1saklar silang dgn 3lampu? Untuk rumah 3lantai,jadi masing" lantai lampu bisa on of

    ReplyDelete
    Replies
    1. deskripsinya kurang jelas gan, idealnya aplikasi 2 saklar tukar+ 1 saklar silang adalah mengendalikan lampu dari 3 tempat. Kalau ingin 3 lampu yang dipasang tanpa tambahan saklar tukar atau saklar silang berarti 3 lampu tersebut dipasang saling paralel dengan lampu lainnya tetapi resikonya 3 lampu tersebut akan operasi bersamaan nyala dan matinya yang dikendalikan dari 3 saklar tersebut. Ini jelas sangat tidak praktis.

      Perjelas deskripsinya mungkin saya bisa bantu solusi dengan aplikasi saklar pengendali dari banyak tempat tersebut.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel